Pengertian Mutu Beton Ready Mix

Pengertian Mutu Beton Ready Mix

Campuran bahan dalam sebuah pembangun yang paling umum adalah beton. Material ini sendiri juga berasal dari berbagai komponen, seperti semen, agregat kasar dan halus, air, serta aditif. Temukan informasi Pengertian Mutu Beton Ready Mix beserta harga ready mix terbaru.

Mempelajari Pengertian Mutu Beton Ready Mix dan Klasifikasinya

Dalam kegiatan pembangunan suatu proyek tertentu, beton ready mix memiliki beragam jenis untuk kemudian disesuaikan berdasarkan klasifikasi kebutuhan. Terdapat tiga kategori kelas kualitas dari beton ini. Simak penjelasan lengkap berikut.

  1. Kelas I

Kategori pertama dari beton ready mix adalah kelas I. ini merupakan bagian dengan kegunaan sebagai material pekerjaan konstruksi non-struktural. Dalam pembuatan serta pengaplikasiannya membutuhkan tenaga ahli atau profesional.

Proses pencampuran semua material beton harus melalui tahapan perencanaan yang meliputi menghitung takaran dengan skala tepat. Selain itu, agar hasilnya berkualitas terdapat pengawasan dari tim ahli.

  1. Kelas II

Bagian kedua merupakan beton khusus pada pekerjaan structural. Dalam proses penakaran material, para pengawas akan mengawasi jalannya pembuatan beton ini. Dengan begitu, mutu terbaik menjadi hasil akhir serta memberikan keunggulan dalam pembangunan.

Fungsi beton sangat penting dalam membuat struktur bangunan. Oleh karena itu, dalam pembuatannya menggunakan hitungan-hitungan detail. Golongan yang masuk ke dalam kelas II ini antara lain, K 125, K 175, dan K 225. Semuanya memiliki harga ready mix beragam.

  1. Kelas III

Terakhir ada kelas III dengan kualitas yang lebih kuat dan bagus. Tentu saja, mutunya di atas dari kelas-kelas sebelumnya. Pelaksanaan pembuatan beton juga mendapatkan pengawasan dari tim ahli dengan melihat takaran tepat pada setiap komponen materialnya.

Mengingat fungsinya yang sangat besar dalam kegiatan pembangunan, khususnya structural, maka akan dilakukan uji laboratorium. Kegiatan pengujian lab tersebut bertujuan untuk memastikan kualitas beton benar-benar kokoh serta tahan terhadap berbagai kondisi.

Itulah informasi mengenai pengertian mutu beton dan klasifikasinya. Semua golongan kelas memiliki perbedaan kualitas serta kegunaan masing-masing. Anda bisa dapatkan dengan harga ready mix terbaik di kota terdekat.