Cara Mengurus Perizinan Bisnis Depo Container

Depo container menjadi usaha yang kian mulai banyak dilirik oleh para pebisnis yang melihat peluang potensial pada bisnis ini. Selayaknya sebuah badan usaha yang harus memiliki perizinan, bisnis depo ini juga melalui mekanisme yang sama. Berikut beberapa hal yang perlu diketahui tentang cara mengurus perizinan usaha di bidang depo peti kemas (container) ini.

Mekanisme Bagi Pemohon

Tentu hal yang utama adalah dari segi pemohon yang mengajukan permohonan kepada dinas terkait. Berikut cara yang bisa pemohon lakukan untuk bisa mendapat izin usaha.

1. Memenuhi Persyaratan

Untuk bisa mendapatkan surat izin, ada persyaratan yang harus ada. Beberapa persyaratan yang harus dipenuhi adalah sebagai berikut.

  • Surat Permohonan kepada Dinas Perhubungan di daerah tempat usaha Anda didirikan.
  • Akte pendirian usaha.
  • Modal dasar minimal 20 M.
  • Rekomendasi kesesuaian rencana dan tata kelola daerah setempat.
  • Memiliki izin gangguan masyarakat.
  • Adanya tenaga ahli.
  • Peralatan yang memadai.

2. Mengisi Formulir

Pemohon harus mengisi formulir yang disediakan oleh Dinas Perhubungan. Formulir ini bisa didapatkan di website dinas terkait.

3. Mengajukan Surat Permohonan

Surat Permohonan tentang izin usaha depo container harus diajukan kepada Kepala Dinas Perhubungan daerah masing-masing. Mengingat hal ini sangat penting, maka wajib bagi pemohon untuk melakukannya.

4. Menunggu Dinas Perhubungan Memberikan Izin Usaha

Pemohon pemohon menunggu terkait diterima atau tidaknya permohonan tersebut. Jika diterima maka akan terbit surat izin usaha dari Dinas Perhubungan yang akan disampaikan ke pemohon.

Mekanisme pada Dinas Perhubungan

Selain mengajukan permohonan, ada mekanisme dari Dinas Perhubungan sebelum menerbitkan surat izin usaha. Berikut cara Dinas Perhubungan meninjau surat permohonan yang Anda ajukan.

1. Menerima Dokumen Pemohon

Dinas tersebut akan menerima dokumen yang dikirim oleh pemohon. Kelengkapan dan kesesuaian menjadi pertimbangan dalam proses ini

2. Peninjauan Lapangan

Setelah semua dokumen lengkap, maka akan ditinjau ke Lapangan untuk memastikan data yang terkirim benar adanya. Proses ini dilakukan oleh Dinas Perhubungan setempat.

3. Menerbitkan Surat Izin Usaha Depo Peti Kemas (Container)

Ketika semuanya telah lengkap dan memang layak untuk diberikan surat izin, maka pihak dinas akan menerbitkan surat izin tersebut. Tentu hal ini dilakukan setelah kedua proses di atas telah memenuhi peraturan.

4. Menyampaikan Surat Kepada Pemohon

Surat izin yang sudah terbit akan disampaikan kepada pemohon. Ini menjadi tahap terakhir dari cara mengurus perizinan usaha depo container.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui jika ingin mengurus izin usaha untuk bisnis depo container yang Anda kelola. Jika syarat di atas belum terpenuhi karena lahan yang belum memadai, Anda bisa bergabung bersama Kawasan Industri BUMN pada website https://www.iiie.co.id.