Kenali Perbedaan Pipa PVC Dan HDPE

Apa sih perbedaan pipa PVC dan HDPE yang dijual oleh distributor pipa HDPE? Mungkin bagi sebagian besar orang menganggapnya sama padahal sebenarnya berbeda. Dimana ya letak perbedaan tersebut?

Keduanya sama-sama berbahan plastik hanya saja ada material dasar pembuatnya yang berbeda dan juga proses pembuatannya sedikit berbeda.

Perbedaan Pipa PVC dan HDPE

  1. Dari bahan PVC dan HDPE

PVC dibuat polivinil sedangkan HDPE dibuat dari polietilen yang memiliki tingkat kerapatan pori lebih tinggi. Bahan PVC dianggap lebih bagus dan tidak menimbulkan korosi tetapi untuk HDPE cenderung lebih bandel terhadap bahan kimia.

  1. Sifat elastisitas PVC dan HDPE 

PVC sifatnya statis yakni kaku, kurang lentur tidak seperti bahan HDPE. HDPE mempunyai tingkat kelenturan baik sehingga untuk sambungan ringan dan cepat. Bisa dikatakan bahwa HDPE lebih enteng ditekan ke dalam jika ingin disambungkan.

  1. Kekuatan PVC dan HDPE 

Pipa PVC mempunyai kekuatan tahanan sangat baik, saat terpapar sinar matahari lama. Berbeda dengan pipa HDPE mempunyai ketahanan kekuatan sangat baik terhadap lumut dan juga sinar matahari, maka seringkali digunakan instalasi saluran air.

  1. Pemakaian air dingin dan panas 

Pipa PVC lebih bagus dan kuat untuk aliran air dingin. Namun saat dipakai aliran air panas akan lekas rusak, kaku getas, kemudian bocor.  Sedangkan, pipa HDPE lebih baik ketahanan pada suhu dingin atau panas. Pipa HDPE jauh lebih baik dipakai dibandingkan pipa PVC.

  1. Harga PVC dan HDPE

Pipa HDPE dibandrol harga lebih tinggi dibandingkan dengan pipa PVC. Untuk itu, setiap rumah memiliki penempatan tersendiri untuk jenis pipanya. Mungkin untuk pipa yang baik aliran air dalam memakai bahan PVC sedangkan untuk pipa luar memakai bahan HDPE.

Itulah perbedaan pipa PVC dan HDPE distributor pipa HDPE yang bisa Anda amati dengan baik. Jika Anda salah menempatkan pipanya untuk kebutuhan yang cukup krusial maka resiko kerusakan dini bisa terjadi dan pengulangan konstruksinya memakan biaya yang tidak sedikit. Konsultasikan sekali lagi jika Anda ingin membuat sebuah bangunan yang memakai pipa sebagai media aliran fluida.