Mengenal Beragam Jenis Mesin Jahit Industri Pakaian

Mesin jahit Industri atau yang disebut mesin jahit high speed adalah mesin jahit yang dijalankan oleh dinamo dengan kecepatan tinggi. Pada umumnya mesin jahit ini dipakai di industri garmen atau industri pakaian jadi. Awalnya industri pakaian jadi atau garmen hanya menggunakan mesin jahit biasa (mesin jahit rumahan). Namun saat ini sudah banyak jenis-jenis mesin jahit dengan fungsi yang berbeda-beda, seperti menjahit pada lubang kancing, menjahit lurus, menjahit obras dan lain sebagainya. Beberapa jenis mesin jahit yang digunakan dalam industri pakaian jadi antara lain sebagai berikut :

Beragam Jenis Mesin Jahit Industri Pakaian

  • Mesin Jahit 1 Jarum

Mesin ini menggunakan satu buah jarum pada bagian atas yang dihubungkan ke benang bagian bawah dengan pengait yang berotasi di area bawah bidang jahitan. Mesin ini biasa digunakan pada industri garmen atau pakaian jadi dan sangat cocok dipakai untuk menjahit bahan yang stretch seperti kaos.

  • Mesin Jahit 2 Jarum

Mesin ini menggunakan 2 buah jarum yang ada di atas dan di bawah bidang jahitan yang menghasilkan jahitan berupa dua jalur.Mesin ini digunakan untuk menjahit semua jenis kain dengan kecepatan 2000 rpm atau di atas 3500 rpm.

  • Mesin Obras

Jenis mesin ini berfungsi untuk menjahit pinggiran(tepian) kain, serta merapikan pinggiran kain dari serabut benang yang tidak terkunci.Mesin ini memiliki kecepatan kurang lebih 7000 rpm.

  • Mesin Zig-Zag

Mesin ini berfungsi untuk membuat jahitan berbentuk zig-zag.Mesin ini adalah mesin yang wajib ada dalam industri garmen yang dimana fokus pada memproduksi pakaian dalam.

  • Mesin Interlock/Overdeck

Mesin ini sekilas memiliki fungsi yang mirip dengan mesin obras namun berbeda, jika mesin obras menjahit pinggiran kain maka mesin ini digunakan untuk jahitan melipat kain.

  • Mesin Pasang Kancing

Mesin yang digunakan untuk memasang kancing secara otomatis. Dan Mesin ini bisa diatur untuk kancing lubang dua maupun empat.

  • Mesin Lubang Kancing

Mesin ini digunakan untuk membuat tepian jahitan lubang kancing untuk melubanginya tetap dengan cara manual.