Rumah Duka di Jakarta Selatan dan Segala Fasilitasnya

rumah duka di jakarta selatan

Jasa rumah duka di Jakarta Selatan banyak digunakan untuk mengurus berbagai keperluan jenazah yang tidak dapat dilakukan sendiri oleh keluarga almarhum. Terutama sekali untuk keluarga yang berasal dari etnis Tionghoa di mana proses mengurus jenazah membutuhkan rangkaian ritual yang panjang serta terbilang rumit.

Dengan memanfaatkan rumah duka, walaupun jenazah ditaruh di rumah sekalipun, rangkaian proses dalam mengurus jenazah akan tetap dilakukan di rumah duka oleh kru professional yang sudah disewa. Semua perlengkapan serta peralatan yang dibutuhkan dalam mengurus jenazah juga telah disediakan oleh pihak rumah duka. Keluarga cukup menghubungi pihak rumah duka dan pembayaran dilakukan setelah proses pengurusan jenazah selesai dilakukan. Jasa ini banyak digunakan terutama karena mengurus dan menunggui jenazah bukan hal yang mudah. Tak jarang anggota keluarga yang menunggui jenazah justru dapat jatuh sakit.

Fasilitas yang disediakan rumah duka yang ada di Jakarta Selatan juga terbilang lengkap. Termasuk di antaranya adalah peti mati, perlengkapan sembahyang yang lengkap, ruangan khusus yang digunakan untuk menaruh peti mati, kru yang akan menjaga peti mati selama 24 jam serta berbagai upacara dan doa yang dipanjatkan untuk orang yang sudah meninggal. Pihak rumah duka juga akan menyediakan makanan serta minuman bagi para pelayat.

Keuntungan Menggunakan Jasa Rumah Duka

Menggunakan jasa rumah duka ini akan mendatangkan berbagai keuntungan. Terutama adalah pelayat nantinya akan datang ke rumah duka, bukan ke rumah pribadi. Hal ini akan membuat keluarga almarhum dapat beristirahat dengan lebih nyaman dan tidak akan repot mengurus berbagai keperluan seorang diri. Keluarga almarhum akan dapat menghemat waktu dan juga tenaga. Inilah mengapa jasa rumah duka banyak dimanfaatkan sekarang ini.

Selama dalam proses menunggu sampai jalannya pemakaman, peti mati akan disembahyangi serta dibarengi dengan berbagai ritual sesuai dengan agama almarhum. Pihak rumah duka di Jakarta Selatan juga akan turut menyediakan jasa seorang rohaniawan yang bertugas membacakan doa. Dalam proses mengurus jenazah nantinya, keluarga almarhum bisa memilih apakah peti mati akan ditaruh di rumah duka atau di rumah sendiri.

Pengurusan jenazah akan dilakukan oleh pihak rumah duka, pemulai dari memandikan, merias, meletakkan dalam peti mati hingga pembacaan doa. Apabila keluarga menginginkan jenazah disemayamkan di rumah sendiri, maka pihak dari rumah duka yang akan mengirim tim yang telah lengkap dengan peti mati serta kru profesional untuk mengurus jenazah. Sementara apabila keluarga menginginkan jenazah disemayamkan di rumah duka, maka pihak dari rumah duka akan menjemput jenazah dan mengurus segala keperluannya di rumah duka.

Kisaran Biaya Rumah Duka

Keluarga dapat memilih sendiri tergantung kebutuhan dan keinginan masing-masing. Untuk biaya pengurusan jenazah ini tidak termasuk murah. Untuk satu kalinya dapat berkisar antara 8 juta hingga 30 juta rupiah.

Harga ini bahkan bisa semakin tinggi lagi. Komponen termahal dari pengurusan jenazah ialah harga peti mati. Peti mati dapat berkisar antara 1 juta rupiah sampai dengan puluhan juta rupiah tergantung dari bahan yang digunakan sampai dengan kerumitan dalam proses pembuatannya. Pihak rumah duka biasanya sudah mempersiapkan peti mati dan berbagai keperluan lainnya. bahkan harga tersebut belum termasuk biaya tanah makam, jika di makamkan di Tempat Pemakaman Umum melalui calo biasanya kena sekitar 1 sampai 2 juta rupiah, tapi jika urus sendiri dan resmi biayanya hanya 300 ribu saja, lebih parah lagi biayanya klau di makamkan di pemakaman swasta seperti sandiego hill , quiling, taman kenanga lestari, al azhar , dll

Khusus untuk pemakaman Buddha serta Konghucu akan menggunakan perlengkapan lain berupa peralatan rumah tangga yang dibuat dari kertas. Peluang usaha rumah duka di Jakarta Selatan ini nyatanya memang cukup menggiurkan. Terutama apabila kita tinggal di daerah sekitar masyarakat Tionghoa atau di sekitar Pecinan.