Cara Membuat Kopi Tubruk Arabika Yang Mudah Di Buat

Anda penggemar kopi? pada kali ini kita akan membahas cara membuat kopi tubruk arabika yang mudah di buat untuk anda pencinta kopi.

 

Cara Membuat Kopi Tubruk Arabika

Cara Membuat Kopi Tubruk Arabika

Bahan-Bahan Kopi Tubruk Arabika :

  • 250 ml air panas mendidih
  • 2 sdt kopi bubuk / biji kopi (yang suda di olah dengan mesin grinder kopi)
  • 1 sdt gula pasir

1. Perhatikan Takaran Kopi Dan Air

  • Kopi tubruk yang enak sebaiknya dibuat dari 10 gram kopi murni dan 150 gram air panas.

2. Jangan Pakai Air Mendidih 100 Derajat Celsius

  • Air panas yang digunakan untuk membuat kopi tubruk bukan air bersuhu 100 derajat celsius.
  • Untuk memastikan suhu air yang digunakan untuk membuat kopi tubruk sudah tepat, sebaiknya matikan gunakan alat pemanas kopi.

3. Bisa Diberi Susu Atau Gula

  • Jika ingin menyantap kopi tubruk yang manis, kamu bisa menambahkan kopi tubruk dengan gula.
  • Gula bisa ditambahkan di awal proses pembuatan kopi tubruk.
  • Tepatnya, setelah kopi sudah mulai larut dalam air panas, lalu tambahkan gula, kopi tubruk juga bisa ditambahkan dengan susu, seperti kental manis atau susu cair.
  • Kamu bisa menambahkan kental manis di awal atau susu cair di akhir proses pembuatan kopi tubruk.

4. Tutup Dan Diamkan Selama Tiga Menit

  • Salah satu hal yang membuat kopi tubruk memiliki aroma sedap dan enak diminum adalah dengan menutup gelas kopi tubruk saat masih panas.

 

Jenis – Jenis Biji Kopi Tubruk Arabika

Mengenal Kopi Arabica

Arabica merupakan salah satu jenis kopi yang populer di dunia. Produksi dari kopi jenis arabica ini di seluruh dunia bahkan mencapai 75% dibandingkan dengan jenis biji kopi lainnya seperti Robusta. Kopi arabica ini merupakan kopi yang rasanya dianggap enak dan disukai oleh para penikmat kopi.

Adapun beberapa ciri atau karakteristik khas dari kopi arabica adalah sebagai berikut:

1. Rasa

Salah satu faktor atau ciri khas utama adalah dari segi rasa. Kopi arabica memiliki rasa lebih manis dan memiliki kandungan atau tingkat keasaman lebih tinggi dibanding kopi lainnya. Karena varietas biji kopi ini lebih aromatik, maka terkadang pada kemasan coffee bean atau biji kopi terdapat label yang menunjukkan tasting notes dari biji kopi arabica yang dijual.

2. Kadar Kafein

Kandungan kadar kafein pada kopi arabica lebih rendah 2x lipat dibandingkan dengan biji kopi jenis robusta. Kandungan kafein yang lebih rendah ini jugalah yang membuat kopi arabica lebih tidak terasa pahit dibandingkan kopi robusta

3. Harga

Dari segi harga, kopi arabica jauh lebih mahal dibandingkan kopi robusta. Salah satu faktor penyebab mahalnya biji kopi jenis ini adalah karena lebih sulit merawat tanaman kopi arabica dibandingkan dengan robusta.

4. Kopi Robusta

Salah satu jenis kopi yang juga populer selain arabica adalah robusta. Produksi dari kopi jenis robusta ini di seluruh dunia mencapai 25%. Jenis kopi robusta biasanya ditanam dan hidup di daerah dengan ketinggian 400 – 700 mdpl dan suhu yang sejuk antara 21 – 24 derajat celcius.

5. Bentuk Biji Kopi

Kopi robusta memiliki bentuk biji kopi lebih membulat dan lebih kecil dibandingkan dengan biji kopi arabica. Warna dari biji kopinya juga lebih pucat dibandingkan dengan arabica.

Kopi arabica umumnya dijual di kedai – kedai kopi dengan harga yang cukup tinggi karena rasa nya yang lebih nikmat dan populer serta lebih berkualitas dibandingkan robusta. Sebaliknya biji kopi robusta banyak diolah menjadi kopi instan karena harganya lebih murah dan juga kandungan kafeinnya yang lebih tinggi.

 

Manfaat kopi

Cara Membuat Kopi Tubruk Arabika

  1. peningkatan stamina

Kopi memiliki kandungan zat kafein yang tinggi. Adenosin dalam tubuh bekerja sebagai sel yang menyebabkan rasa ingin tidur terhadap otak. Kafein dalam kopi mempengaruhi kinerja sel dan menjadikan pergerakannya lebih lambat.

  1. mencegah kanker

Antioksidan pada kopi membantu menekan gejala kanker pada tubuh. Penelitian di Jepang pada sejumlah wanita yang mengkonsumsi kopi 2 kali sehari, resiko terjadinya kanker usus besar menurun sebesar 25%.

  1. Kopi menjaga kesehatan mulut

Kopi memiliki sifat anti bakteri yang baik bagi kebersihan mulut. Hal ini dapat membantu penyembuhan gigi berlubang, plak dan infeksi gusi. Tentu saja besar untuk menekan resiko kanker mulut.

Baca Juga : Macam-Macam Grinder Kopi dan Spesifikasi Grinder Kopi

  1. Mengurangi resiko diabetes

Penghambatan penyerapan gula dapat dilakukan dengan mengkonsumsi kopi. Kandungan zat asam klorogenat mambantu kinerja pada peningkatan pembentukan insulin. Para ahli telah membuktikan penyakit diabetes yang terjadi pada seseorang, dapat diturunkan sebesar 50% berkat manfaat kopi.

  1. Mengurangi resiko penyakit Alzheimer dan Demensia

Alzheimer merupakan salah satu penyakit yang paling sering menyerang orang yang telah berusia 65 tahun ke atas. Kopi telah teruji dapat meningkatkan perlindungan terhadap penyakit yang berhubungan dengan degradasi fungsi saraf.

  1. Meghan parkinson

Selain alzheimer, parkinson merupakan salah satu penyakit yang paling populer yang menyebabkan degradasi fungsi saraf dalam tubuh manusia. Konsumsi kopi secara rutin dapat meningkatkan perlindungan terhadap penyakit parkinson.

  1. peningkatan suasana hati

Banyak orang yang secara tidak sadar lebih bersemangat dan ceria saat meminum kopi. Kopi memang merupakan salah satu minuman yang dapat meningkatkan mood seseorang, tidak hanya itu juga dapat memberikan efek korelasi pada kebahagiaan