Jago Copywriting bersama Arduino Blitar

Arduino Blitar

Tahukah kamu, jika copywriting sangat penting untuk membuat daganganmu itu laris? Hah, kok bisa kak kan cuma tulisan kenapa bisa bikin jualan laris? Ya bisa dong. Dengan copywriting, seolah-seolah kamu bisa membujuk atau secara persuasive mengajak pembaca untuk membeli produkmu.

Copywriting dinilai sangat penting pada zaman sekarang. Dikarenakan banyak penjual yang beralih untuk berjualan secara online dimana tidak adanya tatap muka antara penjual dan pembeli. Maka dari itu perlu adanya tulisan persuasive untuk mempromosikan produk agar pembeli tertarik membeli produk tersebut. 

Di dalam copywriting kita mengenal rumus AIDA yaitu Attention, Interest, Desire, Action. Attention maksutnya adalah tulisan ini diharapkan mampu mengambil perhatian dari si pembaca. Agar pembaca tertarik untuk membaca tulisanmu lebih lanjut kamu perlu sesuatu tulisan yang menarik. Kita ambil contoh pada copywriting yang dilakukan Toko Arduino Blitar, Cv Lumbung “INILAH SAAT PALING TEPAT UNTUK TRANSFORMASI DIGITAL!!” orang akan penasaran mengapa transformasi digital. Selanjutnya adalah Interest yaitu buat tulisan yang membuat orang tertarik seperti menyajikan fakta-fakta,studi kasus atau statistic

Arduino Blitar

Selanjutnya adalah Desire yaitu buat pembaca menginginkan produk tersebut. Berikan manfaat yang ada dalam produkmu dan kenapa kamu harus membeli produk ini sehingga pembaca merasa aku harus membeli produk ini. Yang terakhir adalah Action yaitu merupakan goal atau terjadinya pembelian. Setelah yakin bahwa produk ini dapat memberikan solusi atas masalah si pembaca kamu harus menyediakan cara membeli produk ini. Misalnya dengan hubungi admin atau melalui aplikasi marketplace. 

Copywriting kerap kali digunakan pada landing page, dimana penjual harus menyakinkan pembaca dengan satu halaman melalui tulisan. Didalam copywriting landing page ada hal-hal yang perlu diperhatikan yaitu :

Berikan emosi dan penekanan

Kita lihat contoh emosi dan penekanan yang ada pada landing page milik Toko Arduino Blitar, CV Lumbung disitu disebutkan “Solusi mudah dan murah cari barang Arduino pilihanmu!” Nah emosi disini maksutnya adalah kamu harus memposisikan penjual dan pembeli sedang mempromosikan 4 mata sehingga gunakan Bahasa yang mudah dipahami selain itu beri penakanan contohnya bisa di headline atau di bold.

Berikan psikologi harga

Orang akan lebih tertarik dengan harga Rp 499.000 daripada Rp 500.000 padahal selisihnya hanya 1000 perak. Mengapa demikian? Dikarenakan harga Rp 499.000 masih berkisar di harga 400rb an 

 

Nah, bagaimana apakah kamu tertarik untuk mempelajari copywriting lebih lanjut?