Apakah Semua Jenis Karpet Dapat Dicuci? Simak Penjelasannya

Karpet adalah salah satu dekorasi rumah yang dapat mempercantik ruangan dan membuat suasana menjadi lebih hangat. Namun, jika kebersihannya tidak terjaga, karpet bisa membuat ruangan terasa tidak nyaman. Oleh karena itu, sudah pasti karpet harus dicuci secara rutin.

Pertanyaannya, apakah semua jenis karpet dapat dicuci?

Sebenarnya, cara terbaik untuk mencuci karpet adalah dengan mempercayakannya pada layanan jasa cuci karpet, seperti SembilanKita yang menawarkan jasa cuci karpet Bandung.

Mencuci karpet artinya membuat karpet terhindar dari kotoran dan kembali bersih. Mencuci identik dengan air. Akan tetapi, tidak semua jenis atau bahan karpet dapat dicuci dan dibersihkan dengan air.

Untuk memahaminya, mari simak penjelasan berikut ini.

Membersihkan Karpet Berbahan Wol

Serat-serat pada karpet berbahan wol membuatnya mudah kotor dan menimbun debu. Untuk membersihkannya Anda bisa menggunakan vacuum cleaner satu atau dua bulan sekali. Lalu, apakah jenis ini karpet harus dicuci secara rutin? Nyatanya, jika terdapat noda, Anda bisa membersihkannya dengan membasahi area tersebut menggunakan campuran air dan detergen lalu usap atau kucek menggunakan tangan. Setelah itu, Anda bisa menjemurnya di bawah sinar matahari dalam beberapa jam.

Membersihkan Karpet Berbahan Bulu Sintetis

Karpet bulu sintetis harus dibersihkan secara benar. Anda bisa membersihkannya menggunakan vacuum cleaner atau mengibaskannya untuk menghilangkan debu, dan akan lebih baik jika Anda tidak membersihkan karpet jenis ini dengan menggunakan sapu. Jika ada noda yang cukup sulit dihilangkan, Anda bisa menggunakan campuran cuka, baking soda, dan air lalu bersihkan secara perlahan. Anda juga dianjurkan untuk menjemurnya setidaknya satu kali seminggu untuk menghilangkan kuman dan bakteri.

Membersihkan Karpet Berbahan Kulit

Karpet kulit bukanlah jenis karpet dapat dicuci secara sembarangan. Anda harus menggunakan detergen khusus untuk bahan kulit. Lebih baik jika Anda tidak menggunakan jenis pelembut kain ataupun air panas untuk membersihkan karpet kulit. Hindari juga pengeringan dengan paparan sinar matahari langsung karena dapat membuat karpet rusak.

Membersihkan Karpet Berbahan Sutra

Karpet sutra adalah jenis karpet dapat dicuci hanya oleh yang mengetahuinya. Jika Anda sendiri, Anda bisa membersihkannya hanya dengan rutin menggunakan vacuum cleaner tiap minggunya. Untuk menghilangkan debu dan kotoran, Anda juga bisa menepuk-nepuknya dengan sapu atau rotan, dan menjemurnya di tempat yang teduh.

Setelah mengetahui hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan untuk mencuci serta membersihkan karpet dengan bahan yang berbeda-beda, Anda bisa lebih baik dalam menjaga karpet kesayangan Anda. Jika Anda merasa kesulitan, solusi terbaik bagi Anda masyarakat Bandung adalah dengan menghubungi Sembilan Kita untuk menikmati layanan cuci karpet Bandung yang mereka tawarkan. Dengan tenaga yang profesional dan selalu mematuhi protokol, karpet Anda akan selalu bersih dan membuat rumah Anda menjadi lebih indah.