Inilah Cara Membuat Briket Arang Kualitas Terbaik

Hallo teman-teman, pada artikel kali ini saya akan membagikan beberapa cara membuat briket arang yang tekniknya juh lebih mudah dibandingkan dengan teknik-teknik pengolahaan yang lainnya. Jadi kaliaan jangan ragu untuk mencobanya ya guys.

Kalian pasti sudah tahu bukan dengan briket ini kan, ya briket arang adalah alat yang biasa digunakan sebagai alat untuk memasak ataupun yang lainnya, banyak sekali yang sudah menggunakanalat yang satu ini sebagai alat untuk memasak kebutuhan makanan.

Oleh karena itu, saya akan membagikan kepada kalian semua, bagaimana sih caranya agar pengolahan briket ini jauh lebih gampang dan juga simpel, jadi kalian bisa mengikuti cara pengolahannya melalui cara yang saya bagikan ini, yuk kita praktikkan.

 

Pengertian Briket Arang

Briket adalah salah satu alat yang berbentuk balok dengan menggunakan bahan yang dapat dibakar, digunakan sebagai salah satu bahan bakar untuk menyalakan dan mempertahankan nyalanya api. Briket yang sering digunakan yaitu briket batu bara, briket biomassa, briket gambut, dan briket arang.

Sekitar tahun 2008-2012, briket ini menjadi salah satu alat agenda riset energi Institut Pertanian dikota Bogor. Bahan utama dari alat briket ini sudah diketahui dan sangat dekat dengan beberapa masyarakat pertanian, biomassa limbah hasil pertanian bisa dijadikan sebagai alat briket.

Penggunaan beberapa mesin ini, yaitu berupa briket yang berasal dari biomassa, bisa menjadi penggunaan bahan bakar berupa bahan bakar fosil. Briket ini dibuat dengan menekan-nekankan dan mengeringkan sebuah campuran bahan menjadi blok yang Alot.

Metode ini sangat sering dipakaikan untuk membuat batu bara yang memiliki nilai kalori rendah ataupun serpihan dari batu bara untuk memiliki tambahan nilai jual dan juga manfaatnya. Briket ini sudah sangat sering digunakan di berbagai industri dan rumah tangga.

Bahan yang sudah sangat sering digunakan untuk pengolahan briket ini sebagusnya memiliki beberapa kandungan air yang rendah agar mencapai nilai kalor yang tinggi. Menggunakan bahan volatil juga sangat memengaruhi seberapa cepatnya laju pembakaran dari briket ini.

Oleh karena itu, saya akan membagikan kepada kalian semua tentang cara membuat briket arang yang bisa kalian coba dan kalian praktikkan dirumah kalian masing-masing. Jadi jangan pernah ragu untuk mencobanya ya guys.

 

Cara Membuat Briket Arang Kualitas Tinggi

cara membuat briket arang kualitas tinggi

Bahan-Bahan :

  • Arang tempurung kelapa, kualitas terbaik
  • Tepung kanji, secukupnya
  • Air (sesuai kebutuhan saja)

Alat-Alat :

  • Mesin pencampur adonan
  • Mesin briket arang
  • Oven briket
  • Alat pencetak briket

Cara Membuat Briket Arang Kualitas Tinggi :

  1. Untuk yang pertama adalah proses pengarangan, pada proses ini kalian masukkan beberapa batok kelapa yang sudah disediakan ke dalam tangki pirolisis dengan keadaan yang sudah tertutup.
  2. Selanjutnya kalian kepulan asap di kondensasikan hingga mendapatkan beberapa asap yang memiliki tekstur cair.
  3. Langkah pengepungannya, arang yang sudah melalui pembakaran menggunakan proses pirolisis untuk selanjutnya dapat diberi tepung menggunakan bantuan mesin diskmill yang sudah disiapkan.
  4. Pada pross pengayakan, jika sudah melalui proses penghancuran arang untuk selanjutnya dapat dilakukan pengayakan agar bisa mendapatkan arang batok kelapa dengan ukuran yang lebih halus dan lembut. Dengan cara di ayak menggunakan saringan ukuran kelolosan sebesar 50 mesh.
  5. Untuk proses pencampuran medianya, tepung dari batok kelapa yang sudah kalian haluskan dapat dicampur dengan memkai air dan lem kanji dengan takaran lem kanji sebanyak 2,5 % dari beberapa tepung batok kelapa tadi.
  6. Pada proses pencetakkan,  Jika semua bahan yang sudah disiapkan tadi tercampur dengan merata, untuk selanjutnya lakukanlah proses pencetakan dengan cara menggunakan cetakan.
  7. Selanjutnya adalah pengeringan, yang terakhir ini kalian keringkan briket yang sudah dicetak dengan memakai oven bersuhu 650  derajat Celcius selama 2 jam, pengeringan ini dapat dilakukan menggunakan bantuan alami dari sinar matahari.

Nah jadi seperti itu guys cara membuat briket arang kualitas tinggi yang bisa saya sampaikan dan juga saya bagikan kepada kalian semua, saya jamin resep dan teknik yang saya bagikan ini jauh lebih bagus, Kalian dapat menggunakan alat pembuat briket untuk mempermudah.

 

Keunggulan Briket Arang Yang Wajib Diketahui

salah satu Briket yang terbuat dari bahan batok kelapa ini memiliki banyak sekali keunggulannya, yaitu :

  • Lebih ekonomis karena relatif sangat murah dari -bahan-bahan yang lain.
  • Tidak mendapatkan resiko ledakan seperti pada kompor minyak tanah dan kompor gas elpiji.
  • Dapat menghasilkan kadar panas yang tinggi dan konsisten sehingga sangat bagus untuk pembakaran yang membutuhkan waktu yang cukup lama.
  • Tidak dapat mengeluarkan suara-suara yang bising serta dapat berjelaga yang membuat peralatan memasak kamu menjadi tidak cepat rusak.
  • Ramah terhadap lingkungan dan hasil pembakaran nya juga aman bagi kesehatan.
  • Batok kelapa ini menjadi bahan utamanya yang sangat berlimpah dan mudah ditemukan.

 

Cara Menggunakan Briket Arang Batok Kelapa

  1. Untuk yang Pertama, masukkan beberapa kertas atau tisu kamar ke dalam cerobong arang sebagai bahan dasar yang digunakan.
  2. Kemudian kalian masukkan arang briket di atas gumpalan dari kertas koran atau bisa juga tissue sebagai dasar yang digunakan tadi.
  3. Selanjutnya, kalian nyala-kan api dan juga bakar kertas koran atau tisu tadi dari beberapa celah di bagian bawah cerobong arang tersebut.
  4. Tunggulah sekitar 5 menit atau hingga apinya menyentuh bagian atas arang dari briket.
  5. Jika kalian sudah bisa melihat abu dari atas briket ini, tuangkan beberapa arang briket ke pemanggang yang sudah disediakan.
  6. Untuk yang Terakhir, kalian wajib menjaga apinya agar tetap stabil dan briket arang siap untuk dijadikan alat memasak kamu dirumah.

Nah jadi seperti itulah cara memakainya guys, gampang bukan, jadi kalian wajib nih mempunyai alat ini agar kalian bisa merasakan sensasinya yang sangat seru. Jika membutuhkan beberapa alat tambahan, kalian bisa cek diwebnya Rumah Mesin saja guys.

 

Manfaat Briket Arang Bagi Kehidupan

1. Dapat Memperlezat Makanan

Jika kamu menggunakan alat berupa briket arang ini maka makanan yang kalian masak akan jauh lebih nikmat dan juga lezat, pasalnya bahan yang sering digunakan sebagai pembuatan briket arang ini tergolong alami sehingga dapat mempengaruhi makanannya menjadi lezat.

2. Praktis Dan Ramah Bagi Lingkungan

Walaupun terlihatv sangat tidak ramah lingkungan, jika kalian tahu kalian akan terkejut bahwa briket ini sangatlah ramah linngkungan sehingga dapat membuat kamu menjadi lebih sehat jika menggunakan briket arang ini jika kamu sedang memasak.

3. Memiliki Bahan Yang Sangat Aman Untuk Digunakan

Selain itu, briket arang juga sangatlah aman untuk digunakan karena tidak akan meledak jika sering sekali digunakan, berbeda sekali dengan kompor gar elpiji yang sewaktu-waktu bisa saja terjadinya ledakan dan hal tersebut sangatlah berbahaya bagi keluarga kamu.

Jadi kalian kalau mementingkan keselamatan, alangkah baiknya menggunakan briket arang saja ya guys agar dapat lebih aman dari resiko terjadinya ledakan dari alat memasak yang sering kalian gunakan. Selain itu juga harganya yang jauh lebih bersahabat pastinya.

Nah Jadi seperti itu saja ya guys beberapa informasi mengenai briket arang yang sering orang-orang gunakan sebagai alat pemasakan dirumah agar jauh lebih praktis, aman dan yang pasti sangatlah murah harganya sehingga sangat bagus untuk digunakan setiap hari.

Tetapi kalian tidak perlu membelinya ya guys, cukup buat sendiri aja sih dirumah kalian, saya jamin cara ini jauh lebih mudah dibandingkan dengan cara-cara yang lainnya. Jadi jangan ragu untuk mengolah bahan-bahan menjadi briket arang ini ya, selamat mencoba dan terimakasih.