Cara Menyembuhkan Luka Karena Jerawat

Jerawat membuat pemiliknya gemas untuk memencetnya, namun bukannya hilang, justru malah menimbulkan luka pada wajah yang sangat mengganggu penampilan. Sebelum kita membahas cara menyembuhkan luka jerawat di wajah, Adalakanya anda mengerti sebab dari luka bekas jerawat tersebut. Memencet jerawat bukan merupakan solusi malah menjadi masalah yang lebih besar. Namun apabila anda sudah terlanjur memencet jerawat dan menimbulkan luka karenanya, penanganannya jadi sangat penting. Penanganan jerawat dan penanganan luka karena jerawat sangatlah berbeda. Kali ini .

cara menghilangkan luka jerawatJika salah dalam penanganan, nantinya akan menibulkan infeksi yang pada akirnya dapat menimbulkan bopeng yang tidak hilang meski sudah bertahun-tahun lamanya. Tips mencegah jerawat makin parah salah satunya adalah anda gunakan obat jerawat paling ampuh atau bisa konsultasikan terlebih dahulu ke dokter kulit kesayangan anda.

Oleh sebab itu, apabila anda mempunyai luka karena jerawat, segeralah untuk mengatasinya dengan cara yang tepat.

Namun apabila anda saat ini tidak tahu bagaimana cara menyembuhkan luka karena jerawat, berikut ini akan kami bagikan caranya, silahkan simak:

1. Penanganan saat luka baru saja terjadi

Penanganan yang harus dilakukan jika luka baru saja muncul adalah dengan cara membersihkannya dari darah yang keluar atau cairan bening yang keluar dari kulit. Keringkanlah dengan kain kasa atau tisu, jangan menggunakan kapas karena dikhawatirkan serabut atau benang kapas akan tertinggal dan menumpuk di kulit.

Selanjutnya bersihkanlah luka dengan air atau akan lebih baik dengan alkohol 70% yang dikhususkan untuk menangani luka. Berikan salap khusus luka jika perlu. Namun perlu diingat salap khusus luka seringkali tidak cocok untuk luka, jadi pertimbangkan juga untuk tida menggunakannya sama sekali.

2. Perawatan luka karena jerawat

Gunakan sabun wajah dengan PH rendah. Sabun wajah dengan PH tinggi tidak baik untuk wajah dengan luka jerawat. Anda bisa menggunakan sabun bayi. Jagalah kondisi luka jerawat dalam kondisi kering. Kondisi basah membuat bakteri mudah berkembang yang menyebabkan infeksi nantinya.

3. Tangani juga bekasinya

Luka bekas jerawat seringkali menimbulkan bekas saat sembuh. Anda harus bisa untuk merawatnya dengan baik agar supaya tidak menimbulkan bopeng pada wajah nantinya. Hindari memegang wajah terlalu sering dan jangan pernah mengelupas koreng yang ada. Biarkan ia mengelupas dengan sendirinya.