11 Manfaat Tomat bagi Kesehatan

Tomat adalah salah satu jenis buah sekaligus sayuran yang kaya kandungan air dan sederet gizi yang baik untuk tubuh. Yuk simak informasi mengenai manfaat tomat bagi kesehatan berikut ini!

Kadar air yang ada di dalam buah tomat bisa mencapai 95%, sedangkan sisanya terdiri atas karbohidrat dan serat tidak larut air. Buah tomat merupakan sumber utama antioksidan likopen, yang memiliki segudang manfaat bagi kesehatan.

Selain itu, kandungan senyawa antioksidan lain pada buah tomat diantaranya yaitu likopen, beta karoten, naringenin, asam klorogenat, klorofil, dan karotenoid. Tomat juga mengandung banyak nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Diantaranya yaitu kalori, protein, karbohidrat, gula, serat, lemak, kalium, vitamin C, folat, dan vitamin K1.

Manfaat Tomat bagi Kesehatan

Manfaat Tomat bagi Kesehatan

Dilihat dari banyaknya nutrisi dan vitamin yang dikandungnya, tak heran jika buah tomat diyakini sebagai salah satu buah yang menyehatkan. Berikut ini beberapa manfaat mengkonsumsi buah tomat bagi kesehatan:

1. Ampuh Menangkal Kanker

Buah tomat kaya akan kandungan vitamin C dan antioksidan. Tak heran jika kandungan tersebut, menjadikan buah tomat ampuh untuk melindungi tubuh dari radikal bebas yang bisa menyebabkan kanker.

Dalam beberapa penelitian disebutkan bahwa kandungan beta karoten dalam buah tomat bersifat sebagai antioksidan yang mampu mencegah pertumbuhan sel kanker prostat.

Warna merah pada buah tomat juga menunjukkan bahwa buah yang satu ini mengandung senyawa likopen. Senyawa ini juga berperan aktif dalam mencegah sel-sel kanker.

2. Menurunkan Tekanan Darah

Dengan mengonsumsi buah tomat diyakini cukup ampuh dalam menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi). Kandungan natrium yang rendah berkhasiat untuk menjaga tekanan darah tetap normal.

Di samping itu, kandungan kalium pada buah tomat juga sangat penting untuk melancarkan pembuluh darah. Dalam sebuah penelitian menunjukkan asupan kadar kalium yang tinggi dan natrium yang rendah dapat menurunkan risiko penyakit hingga 20 persen.

3. Menjaga Kesehatan Jantung | Manfaat Tomat bagi Kesehatan

Serat, kalium, vitamin C, dan kolin yang terkandung dalam buah tomat adalah komponen penting untuk mendukung kesehatan jantung.

Penurunan asupan natrium yang dibarengi oleh peningkatan asupan kalium merupakan suatu perubahan pola makan yang bisa dilakukan untuk mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Buah tomat juga dikenal dengan kandungan folatnya yang dapat membantu menyeimbangkan level homosistein, asam amino dari pemecahan protein yang dapat meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke. Oleh karena itu, dengan pengelolaan kadar homosistein oleh folat ini tentu mampu mengurangi salah satu risiko terkena penyakit jantung.

4. Mengontrol Gula Darah

Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa penderita penyakit diabetes tipe 1 dapat menurunkan kadar glukosa dalam darahnya dengan mengonsumsi tomat sebagai menu diet tinggi serat. Para peneliti merekomensasikan untuk mengonsumsi 25 gram serat per hari bagi wanita dan 38 gram serat per hari bagi priaa.

5. Melancarkan Pencernaan

Dengan mengonsumsi makanan yang mengandung banyak air dan serat, seperti halnya buah tomat, diyakini dapat membantu melancarkan serta mendukung pergerakan usus menjadi normal. Buah tomat sendiri dianggap sebagai salah satu buah pencahar yang cukup efektif.

Serat yang terkandung dalam buah tomat cukup efektif dalam mengatasi sembelit, sehingga pencernaan pun menjadi lebih lancar.

6. Memelihara Kesehatan Mata

Buah tomat merupakan sumber likopen, lutein, dan beta karoten. Senyawa antioksidan ini tergolong dalam antioksidan kuat yang terbukti bisa melindungi mata dari kerusakan, persebaran katarak, serta degenerasi makula.

Dalam studi penelitian terkait penyakit mata tua telah menunjukkan bahwa orang-orang dengan asupan makanan yang tinggi kandungan karotenoid lutein dan zeaxanthin, dapat menurunkan 35 persen risiko gangguan mata. Manfaat yang satu ini bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi buah tomat.

7. Memperbaiki Kerusakan karena Rokok

Asam kumarat dan asam klorogenat yang terkandung dalam tomat diketahui efektif membantu melindungi tubuh dari efek buruk asap rokok. Tidak hanya bermanfaat bagi perokok aktif, tetapi juga bermanfaat bagi perokok pasif.

8. Mendukung Imunitas Tubuh | Manfaat Tomat bagi Kesehatan

Buah tomat juga bermanfaat untuk meningkatkan daya imun tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit. Pasalnya, buah tomat kaya akan kandungan vitamin C. Vitamin C ini mampu mengendalikan peningkatan hormon stres, serta membantu tubuh agar tetap fit dan berenergi setiap hari.

9. Membantu Membakar Lemak

Manfaat buah tomat yang selanjutnya yaitu dapat membakar lemak. Tak heran, jika buah tomat banyak disajikan sebagai makanan sehat yang bisa menjadi menu andalan Anda saat menjalani program diet. Misalnya yaitu salad dan jus tomat.

Buah tomat mendorong produksi asam amino carnitine, yang dapat meningkatkan kemampuan pembakaran lemak tubuh kurang lebih sebanyak 30 persen.

10. Mempercantik Kulit

Tak hanya bermanfaat untuk kesehatan, buah tomat juga dapat bermanfaat bagi kecantikan. Buah yang satu ini diyakini mampu mencerahkan kulit, mengatasi pori-pori besar, jerawat, serta menenangkan kulit terbakar.

Selain itu, kandungan antioksidan dalam buah tomat, terutama likopen terbukti efektif dalam melawan kerusakan sel serta peradangan pada kulit.

Buah tomat juga mampu mengurangi minyak berlebih pada kulit wajah serta membuatnya tampak segar lebih lama. Untuk mendapatkan khasiat tomat yang satu ini, Anda bisa mencoba mengonsumsi jus tomat yang dicampur dengan mentimun.

Tak hanya itu, buah tomat juga dapat melindungi kulit dari efek buruk paparan sinar matahari dan sebagai tabir surya alami.

11. Mendukung Masa Kehamilan | Manfaat Tomat bagi Kesehatan

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, buah tomat kaya akan kandungan Vitamin C dan baik untuk ibu hamil. Kandungan Vitamin C bisa membantu pembentukan tulang, gigi, dan gusi yang sehat.

Selain itu, kandungan vitamin dalam buah tomat juga membantu proses penyerapan zat besi dalam tubuh, yang dibutuhkan selama kehamilan. Selain dengan mengonsumsi suplemen zat besi, Anda juga dapat mengonsumsi bauh tomat selama kehamilan agar bisa memberikan manfaat lebih.

Risiko Mengonsumsi Tomat Secara Berlebihan

Meskipun memiliki segudang manfaat yang baik bagi tubuh, namun buah tomat tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan. Pasalnya, hal ini justru dapat menimbulkan efek samping yang buruk bagi kesehatan.

Buah tomat adalah salah satu buah yang tumbuh dengan pengendalian hama penyakit menggunakan zat pestisida berbahaya. Oleh karena itu, disarankan sebelum buah tomat dikonsumsi, sebaiknya dicuci hingga bersih terlebih dahulu.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan tomat organik yang tidak menggunakan bahan kimia berbahaya seperti pestisida. Sayangnya, buah tomat yang dijual di pasaran saat ini banyak yang menggunakan pestisida.

Untuk mengatasinya, Anda bisa membudidayakan tanaman tomat sendiri di rumah. Agar tanaman tomat bisa tumbuh subur dan berbuah lebat, Anda harus memastikan benih tomat yang dipilih adalah benih yang berkualitas.

Intip juga : Cara Memilih Biji Cabai yang Baik untuk Ditanam

Buah tomat tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan penderita penyakit jantung, karena diharuskan mengonsumsi obat dengan kadar kalium yang tinggi. Selain itu, kandungan kalium dan potasium yang tinggi pada tomat juga bisa membahayakan penderita gangguan ginjal.

Demikian beberapa manfaat tomat bagi kesehatan. Untuk mendapatkan manfaat dari buah tomat, Anda bisa mengonsumsinya dalam sajian salad, jus atau dengan dikonsumsi langsung. Dapatkan juga informasi dan update menarik lainnya seputar tomat dengan mengunjungi halaman utama website kami.