Cara Membuat Keripik Singkong Balado Yang Renyah

Hallo kakak-kakaku, pada artikel kali ini saya akan membagikan beberapa resep dan juga cara membuat keripik singkong balado yang rasanya sangat nikmat dan juga bikin kalian ketagihan karena rasanya yang renyah nan gurih ini.

Jadi kalian tidak perlu ragu lagi nih untuk membuat keripik yang satu ini, karena keripik ini sangat cook untuk disajikan dan dihidangkan untuk keluarga kalian.

Kalian pasti sudah tahu bukan dengan makanan yang nikmat satu ini, makanan yang memiliki cita rasa yang sangat khas dan juga cara pengolahannya yang sangat simpel, sangat cocok untuk kamu yang kaum mager mencoba membuatnya.

Saya pastikan, kalian akan sangat suka dengan resep yang saya bagikan kali ini, terlebih lagi jika kalian sangat suka singkong, klaian wajib mencobain makanan nikmat ini.

Oleh karena itu, saya akan memebagikan beberapa resep dan juga cara membuat keripik singkong balado yang rasanya tidak akan kalah dengan keripik-keripik terkenal yang lainnya, jika kalian tidak mencobanya maka kalian akan menyesal nantinya.

 

Sejarah Keripik Singkong Di Indonesia

1. Awal Mula Terciptanya Karupuak

Karupuak atau keripik singkong adalah makanan tradisional yang sudah ada sejak zaman dahulu hingga zaman sekarang, makanan ini terbuat dari beberapa bahan utama berupa singkong. Pada awalnya keripik singkong ditemukan dikota yang bernama kota bukittinggi.

Berkunjung ke bukit tinggi sangat tidak lengkap rasanya jika tidak berfoto-foto disekitar jam gadang yang telah menjadi simbol dari kota ini. Kuliner yang terdapat di bukittinggi ini salah satunya adalah makanan tradisionalnya yaitu berupa cemilan kerupuk atau karupuak.

Karupuak adalah jenis olahan makanan yang sering kita sebut sebagai keripik yang memiliki bahan baku berupa singkong, keripik singkong biasanya terbagi menjadi 3 jenis yaitu tanpa bumbu, asin yang warnanya kuning dan bumbu pedas atau biasa disebut sebagai bumbu balado.

Warga setempat memang memiliki profesi sebagai pembuat atau pencipta berbagai macam keripik, diantaranya keripik singkong. Tidak hanya itu saja, di kota bukittinggi didesa sanjai sendiri adalah desa yang pertama kali menciptakan keripik singkong atau asal mulanya.

2. Sejarah Terciptanya Makanan Nusantara

Menurut sejarah, warga sanjai memang tempat daerah yang pertama kali memproduksi berbagai macam jenis keripik singkong disekitaran kota bukittinggi. Usaha dari memproduksi keripik ini dimulai sejak tahun 1970-an.

Menurut Ibu Rosnita yang profesinya sebagai pengrajin keripik, awalnya hanya terdapat 3 orang saja yang menjadi pengrajin keripik singkong ini, namanya adalah Amai Seram dan Amai Terimalah dan juga Amai malan. Mereka adalah seorang nenek yang menjual keripik singkong.

Sehingga ketiganya telah sukses menjual makanan cemilan ini dipenjuru kota sehingga menjadi inspirasi oleh para warga dikawasan desa tersebut. Kemudian keripik ini menjadi terkenal dengan sebutan sebagai kerupuak sanjai.

Seiring dengan perkembangan zaman, makanan ini sudah sangat terkenal dikota bukittinggi sehingga para warga berencana agar keripik singkong adalah salah satu makanan yang menjadi oleh-oleh utama dari desa/kota tersebut

Nah jika kalian penasaran, kalian tidak perlu jauh-jauh ke kota bukittinggi karena saya akan membagikan resep dan juga cara pengolahannya. Saya jamin rasa dari keripik ini tidak akan jauh dengan rasa keripik yang berasal dari kota yang indah tersebut.

 

Cara Membuat Keripik Singkong Balado Yang Istimewa

1. Keripik Balado Varian Original

cara membuat keripik singkong balado varian origiinal

Bahan-Bahan :

  • 3 kg keripik singkong yang sudah dibersihkan (kemudian olah terlebih dahulu)
  • 1 Liter minyak sayur atau minyak goreng

Bahan Balado :

  • 250 gram gula merah (yang warnanya kuning)
  • 100 gram gula pasir
  • 7 siung bawang putih
  • 45 gram asam jawa larutkan dengan 50ml air panas, saringkan
  • 50 mil air mineral yang bersih
  • 450 gram cabe merah
  • 7 buah cabe rawit besar
  • 2 sendok makan minyak untuk menumis bumbu
  • 1 sendok teh garam (sesuai selera)

Cara Membuat Keripik Balado Varian Original :

  1. Siapkan semua bahan yang akan digunakan, tuangkan minyak goreng kedalam wajan. Jika sudah nyalakan api kompor dengan ukuran sedang, gorengkan singkong hingga warnanya sedikit kecoklatan.
  2. Ambil bahan balado yang akan kalian gunakan, kemudian potong-potong cabai menjadi 2 bagian saja agar tidak terlalu panjang. jika sudah, panaskan air dan rebuslah cabenya terlebih dahulu.
  3. Masukkan cabai jika irnya sudah mendidih, tunggu hingga teksturnya menjadi lembek. Jika sudah lembek maka angkat dan juga tiriskan, gunakan saringan agar lebih mudah.
  4. Siapkan alat penghalus (blender/ulegan) saya menggunakan blender ya, kemudian masukkan cabe didalamnya. Haluskan hingga teksturnya benar-benar halus, jika tidak halus juga boleh saja.
  5. Kemudian panaskan minyak goreng, masukkan bawang putih yang dihaluskan , tumis hingga tercium harum, lalu masukkan cabe giling kedalam wajan dan tambahkan garam 1 sendok teh.
  6. Tuangkan air sebanyak 50 mil, air asam jawa yang sudah disaring dan masukkan gula pasir, gula merah kedalamnya. Aduk-aduk hingga semuanya tercampur menjadi rata. Lalu kecilkan api kompor.
  7. Aduk-aduk hingga airnya menyusuk, pada tahap ini harus sering diaduk bumbunya ya agar tidak gosong dan matangnya merata.
  8. Jika bumbunya sudah mengental, masukkan daun jeruk kedalam bumbu. aduk-aduk hingga rata lalu matikan api kompor. Masukkan keripik singkong yang sudah kalian goreng ditahap awal.
  9. Kalau sudah, aduk-aduk lagi ya guys. Lakukan pengadukkan dengan cepat dan harus hati-hati. Untuk pencampuran keripik dengan bumbu, bumbu harus dalam keadaan yang panas agar tidak menggumpal.
  10. Jika sudah matang, dinginkan terlebih dahulu. Kemudian siapkan toples yang bersih, masukkan keripik kedalam topes, jika masih terasa panas jangan ditutup terlebih dahulu. Diamkan saja
  11. Setelah itu jika sudah dingin bisa ditutup atau langsung dimakan bersama keluarga kalian atau bersama teman-teman kalian.

Nah jadi seperti itu guys resep dan juga cara membuat keripik singkong balado varian original yang bisa saya bagikan kepada kalian, saya jamin rasanya sangat menggugah selera banget. Kalian juga bisa menggunakan alat hand sealer untuk mempermudah memasaknya.

Untuk resep yang selanjutnya saya akan membagikan kepada kalian, resep dan cara membuat keripik balado yang rasanya jauh lebih nikmat dibandingkan dengan resep yang lainnya. Jadi jangan ragu untuk mencobanya dirumah kalian ya guys.

2. Keripik Singkong Balado Varian Pedas

cara membuat 2. Keripik Singkong Balado Varian Hot

Bahan-Bahan :

  • 2 kg singkong yang sudah dikupas
  • 3 sendok makan gula pasir untuk bumbu
  • 5 sendok makan garam sesuai selera
  • 7  siung bawang putih, rendamkan dan haluskan
  • 1 sendok makan kapur sirih
  • 300 ml air mineral matang
  • Minyak secukupnya saja untuk menggoreng

Bahan Halus :

  • 6 butir bawang merah
  • 200 gram cabai merah keriting
  • Garam, secukupnya

Cara Membuat Keripik Singkong Balado Varian Pedas :

  1. Siapkan semua bahan yang akan digunakan, lalu kalian bersihkan singkong yang sudah kalian kupas tadi. Lalu potong-potong secara tipis dengan ukuran 2 mm, sisihkan.
  2. Masukkan singkong yang sudah dipotong tadi kedalam wadah bersih, kemudian taburkan air dengan campuran air kapur sirih yang sudah dibuat.
  3. Masukkan bawang putih kedalamnya, tambahkan garam. Aduk-aduk hingga semaunya tercampur rata. Lalu rendamkan selama 25 menit saja.
  4. Jika sudah angkat dan keringkan singkong yang sudah kalian rendam tadi dan jangan sampai terkena sinar matahari secara langsung ya.
  5. Siapkan wajan yang akan digunakan, tuangkan minyak goreng secara penuh. Masukkan singkong lalu goreng hingga matang dan terksturnya menjadi kering.
  6. Jika sudah matang angkat dan tiriskan terlebih dahulu, diamkan keripik hingga dingin dan minyaknya tidak ada yang menempel dilapisan singkong.
  7. Untuk bumbunya kalian siapkan alat penggorengan, panaskan minyak dan tumis bahan halus yang sudaah diblender sebelumnya. Aduk-aduk dulu, masukkan gula pasir kedalamnya aduk lagi hingga merata.
  8. Jika bumbunya sudah mengering, kecilkan api kompor lalu masukkan keripik singkong kedalam bumbu tersebut, aduk-aduk lagi hingga semua bumbu tercampur rata dan meresap.
  9. Kalau keripik balado sudah matang angkat lalu tiriskan, diamkan hingga keripik menjadi dingin.
  10. Kemudian kalian siapkan wadah bersih, letakan keripik singkong didalamnya. Keripik singkong balado siap disajikan dan dihidangkan bersama keluarga tercinta.

Nah jadi seperti itu guys resep dan cara pengolahan dari keripik balado varian Pedas yang bisa kalian coba dan kalian sajikan bersama keluarga kalian. Jangan ragu dengan rasanya karena dijamin mantap. Jika kalian membutuhkan beberapa mesin, bisa membelinya diweb Rumah Mesin.

 

Manfaat Singkong Untuk Tubuh Manusia

1. Mengatasi Penyakit Diare

Kandungan yang terdapat pada singkong adalah kandungan serat yang bisa membantu kamu untuk menyembuhkan penyakit diare kamu sehingga sangat bagus untuk dikonsumsi sesuai dengan  kebutuhan yang diinginkan oleh tubuh kamu. Jadi jangan ragu mengkonsumsinya.

2. Membantu Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh Manusia

Selain membantu menyembuhkan diare, singkong juga dapat membantu kamu untuk memperkuat sitem kekebalan tubuh sehingga tubuh kamu tidak akan mudah terjangkit penyakit, karena terdapat kandungan berupa vitamin C yang sangat dibutuhkan tubuh manusia.

3. Dapat Membantu Kamu Dalam Program Diet

Kandungan yang terdapat pada singkong adalah kandungan serat dan juga memiliki kandungan karbohidrat yang cukup untuk menahan rasa lapar, sehingga sangat cocok untuk kamu yang seedang diet engkonsumsi singkong secara teratur dan meminum air putih juga ya.

4. Bisa Menurunkan Tekanan Darah Yang Ada Pada Tubuh

Kandungan yang terdapat pada singkong untuk membantu kamu menurunkan tekanan darah adalah kandungan potasium yang memiliki manfaat untuk menurunkan tekanan dara yang sering menjadi permasalahan anak remaja hingga orang tua yang menderitanya.

5. Memiliki Banyak Sekali Nutrisi Didalamnya

Kandungan nutrisi yang berada pada singkong ini dapat membantu kamu untuk memenuhi kebutuhan gizi yang harus terpenuhi oleh manusia, karena singkong mengandung banyak sekali gizi sehingga sangat bagus untuk dikonsumsi ibu-ibu yang sedang mengandung.

 

Tips Dan Trik

Untuk membuat keripik singkong yang berkualitas kamu harus memilih singkong yang masih segar seperti baru saja dipanen oleh petani singkong sehingga ras ayang dihasilkan jauh lebih nikmat dibandingkan jika kamu menggunakan singkong yang kualitasnya rendah.

Selain singkongnya, kamu harus menggunakan bahan-bahan yang masih baaru sehingga kualitas rasa dari singkong tersebut bisa menjadi lebih lezat dan mantap, selain itu kamu juga harus mengolahnya dengan cara benar dan juga harus bersih agar tidak terdapat kuman.

Maka dari itu kamu wajib memperhatikan setiap bahan utama dan juga bahan bumbunya agar rasa dari keripik singkongnya jauh lebih lezat dibandingkan dengan keripik skingkong yang biasa kamu beli di pasaran.

Nah jadi cuma itu saja guys beberapa resep dan juga cara membuat keripik singkong balado yang wajib kalian coba dan juga kalian membikinnya dirumah, saya pastikan resep ini akan jauh lebih lezat dibandingkan dnegan resep-resep yang lainnya, sekian  dan terimakasih,