Aneka Cemilan Kering Dari Tepung Terigu

Halo kakak-kakak, pada artikel kali ini saya akan membagikan beberapa resep dan juga Aneka Cemilan Kering Dari Tepung Terigu yang rasanya sangat enak dan juga membuat anda ketagihan karena rasanya yang renyah dan gurih ini.

Jadi anda tidak perlu ragu lagi untuk membuat keripik yang satu ini, karena keripik ini sangat cocok untuk dihidangkan dan bisa juga anda sajikan untuk keluarga anda yang menyukainya.

Anda pasti sudah tahu bukan dengan makanan yang enak ini, makanan yang memiliki cita rasa yang sangat khas dan juga cara pembuatannya yang sangat sederhana, cocok untuk anda yang malas mencoba membuatnya.

Saya yakin, Anda akan sangat menyukai resep yang saya bagikan kali ini, terutama jika Anda sangat menyukai makanan tepung, Anda harus mencoba makanan enak yang satu ini.

Oleh karena itu, saya akan membagikan beberapa resep dan juga cara membuat Aneka Cemilan Kering Dari Tepung Terigu yang rasanya tidak kalah dengan makanan terkenal lainnya, jadi wajib dicoba agar tidak menyesal nantinya.

 

Sejarah Cemilan Kering Dari tepung Terigu

Penemuan Makanan Kering Atau Kue Kering Yang Tidak Disengaja

Makanan kering adalah makanan yang memiliki tekstur sangat kering atau kue yang memiliki tekstur kering. Sebelum orang Eropa memakan makanan kering atau kue, menurut catatan sejarah, penemuan pertama makanan kering ini berasal dari Persia.

Beberapa daerah di Persia sendiri sudah kita kenal dengan sebutan Iran di kawasan Timur Tengah. Penemuan paling awal dari kue-kue ini telah ditemukan sejak abad ke-7 ketika makanan atau kue-kue diciptakan, banyak sekali fakta unik yang terjadi pada saat itu.

Fakta paling unik adalah makanan kering ini tidak sengaja ditemukan oleh masyarakat setempat. Saat itu, tukang roti sedang mengolah makanan atau kue biasa. Namun, saat itu proses pembuatan kue masih sangat sulit, salah satunya dalam hal pengaturan suhu di dalam oven.

Untuk pengukuran suhu yang tepat, pembuat roti sering kali memasukkan sedikit adonan ke dalam oven untuk memeriksa suhu agar sesuai dengan yang Anda inginkan. Tak disangka, adonan yang dijatuhkan justru berubah menjadi makanan atau kue yang kita sebut cookies.

Dijadikan Sebagai Menu  Cemilan Para Bangsawan

Pada zaman dahulu, makanan, jajanan atau kue kering ini sering diolah dan disajikan sebagai hidangan makanan yang hanya dipersembahkan untuk kaum bangsawan dan kelas atas. Selama bertahun-tahun, kue Persia ini menyebar ke berbagai tempat melalui pedagang Muslim.

Salah satu daerah yang mempopulerkan kue kering adalah orang Eropa. Di Eropa sendiri, kue-kue mulai dikenal di wilayah Spanyol, ketika negara tersebut ditaklukkan oleh umat Islam. Pada abad ke-14, barulah kue-kue dapat dinikmati oleh semua masyarakat di Eropa.

Dari kalangan bangsawan hingga masyarakat biasa dapat menikmatinya. Kemudian pada tahun 1956, kue kering menjadi makanan yang disajikan untuk kalangan menengah di wilayah Inggris. Kue kering yang populer saat itu berbentuk persegi berisi campuran kuning telur dan bumbu.

Kue kering semakin populer karena dapat disimpan dalam waktu yang lama, sehingga dapat dibawa kemana-mana jika ingin dikonsumsi. Dari Eropa, kue-kue dibawa ke Amerika Serikat pada abad ke-17.

Oleh karena itu, saya akan membagikan kepada kalian semua resep dan cara membuat aneka cemilang kering dari tepung terigu agar kalian dapat merasakan dan juga menikmati makanan yang sangat nikmat dan juga sangat lezat ini. Jadi jangan ragu utnuk mencobanya.

 

Cemilan Kering Dari Tepung Terigu Yang Populer

1. Chicken Ayam Pok-Pok Original

Cemilan Kering Dari Tepung Terigu Yang Populer

Bahan-Bahan :

  • 450 gram dada ayam fillet
  • 2 butir telur ayam
  • 2 sendok makan tepung maizena
  • 1 sendok makan tepung serbaguna

Bahan Halus :

  • 5 siung bawang putih haluslkan terlebih dahulu
  • 1/2 sendok teh lada bubuk, bisa menggunakan merak apa saja
  • 1 sendok teh garam, sesuai selera masing-masing
  • 1/2 sendok teh penyedap jamur, bisa tidak menggunakannya (lebih baik menggunakan)
  • 3 sendok makan air jeruk, peras-peras untuk mengambil airnya

Bahan Tambahan :

  • 250 gram tepung serbaguna
  • 55 gram maizena

Cara Membuat Chicken Ayam Pok-Pok Original :

  1. Siapkan semua bahan yang akan kalian gunakan sebelumnya, siapkan ayam yang ingin diolah, bersihkan ayam hingga benar-benar bersih. Kemudian kalian potong secara dadu daging ayam (potongan dapat disesuaikan dengan selera).
  2. Kemudian kalian bumbu kan ayam dengan menggunakan bumbu yang sudah dihaluskan dan ditaburkan rempah-rempah sebelumnya, lalu sisihkan ayam yang sudah dibalurkan oleh bumbu rempah-rempah.
  3. Campurkan dengan menggunakan tepung maizena dan tepung terigu serbaguna, jika sudah kalian balurkan kebagian permukaan daging ayam hingga benar-benar tercampur secara rata.
  4. Jika sudah kalian lakukan pengocokan pada telur ayam, masukkan kedalam ayam yang sudah dibalurkan dengan tepung sebelumnya. Aduk-aduk hingga semuanya tercampur secara rata.
  5. Kemudian kalian masukkan adonan ayam kedalam tepung balurannya yang sudah disiapkan, gulung-gulung ayam kedalam tepung baluran hingga permukaan daging tertutup, lakukan peremasan sambil dibalurkan.
  6. Siapkan wajan yang akan digunakan, tuangkan minyak goreng secukupnya, jika sudah kalian masukkan adonan ayam kedalamnya. Goreng hingga ayamnya matang dan berubah warna menjadi sedikit kecoklatan.
  7. Jika sudah matang, ayam dapat diangkat lalu tiriskan terlebih dahulu agar minyaknya benar-benar menghilang dibagian permukaannya.
  8. Kalau sudah kering dan reesnyah, chicken ayam pok-pok original dapat disajikan dan juga dihidangkan ebrasama keluarga kalian yang menyukai cemilan ayam.

Nah jadi seperti itu guys cara membuat chicken ayam pok pok original yang bisa saya sampaikan dan juga saya bagikan kepada kalian semua, saya jamin rasanya akan sangat nikmat dan bikin ketagihan bagi kalian yang suka. Kalian dapat menggunakan mesin penepung untuk memudahkan.

Untuk selanjutnya saya akan membagikan makanan atau cemilan kering dari tepung terigu yang dapat kalian makan dan kalian coba dirumah agar bisa merasakan makanan yang  memiliki cita rasa yang sangat nikmat dan juga bikin ketagihan, jadi jangan ragu ya.

2. Brownies Cheesecake Kering Original

2. Brownies Cheesecake Kering Original

Bahan-Bahan :

  • 500 gram dark choccolate, merek bebass
  • 250 gram terigu serbaguna
  • 6 butir telur ayam
  • 400 gram castor sugar
  • 50 gram cokelat bubuk
  • 1/2 sendok teh garam
  • 150 gram minyak goreng
  • 250 gram butter (pada suhu ruangan)

Bahan Cheesecake :

  • 450 gram cream cheese
  • 2 butir telur ayam
  • 150 castor sugar
  • 130 ml whipped cream
  • 4 sendok makan terigu serbaguna
  • 2 sendok teh perasan air jeruk lemon
  • 1 sendok makan parutan kulit lemon, sesuai selera

Cara Membuat Brownies Cheesecake Kering Original :

  1. Untuk membuat brownies, sipkan semua bahan yang akan kalian gunnakan, potong batang coklat lalu kalian lelehkan terlebih dahulu hingga teksturnya benar-benar mencair, matikan api kompor jika sudaah meleleh.
  2. Kemudian masukkan butter kedalam adonannya, aduk-aduk hingga semuannya tercampur secara rata. Tambahkan minyak goreng dan garam kedalam adonan yang sedang dibuat. Jika sudah kalian dapat Sisihkan terlebih dahulu.
  3. Setelah itu, kalian lakukan pengayakan pada tepung terigu dan  campurkan dengan cokelat bubuk ketika mengayaknya, tuangkan gula pasir, telur ayam dan campuran cokelat cair, aduk-aduk hingga semua adonan tercampur rata.
  4. Untuk membuat Cheesecake pada adonan, kalian Kocok cream cheese dan gula halus hingga semuanya tercampur rata. Masukkan bahan yang lainnya, aduk-aduk dengan menggunakan alat mixer, tunggu hingga teksturnya mengental.
  5. Tuangkan brownies ke cup sebanyak 3 hingga 4 cm tingginya. Kemudian kalian tuangkan cheese cake sebanyak dua sendok makan adonan cheese cake kedalam adonann brownies yang sedang kalian olah sebelumnya.
  6. Jika memungkinkan, kalian dapat menghiasinya dengan menggunakan parutan keju dibagian atas adonan, tuangkan sesuai dengan seleera kalian masing-masing.
  7. Kemudian atur oven hingga suhunya berkisaran 170 derajat celcius selama kurang lebih 40 menit saja, oven hingga adonnya mengembang deengan testur yang kering bagian luar dan sangat lembut di bagian dalamnya.
  8. Jika sudah matang, kalian dapat mengangkatnya lalu dinginkan terlebih dahulu. Kalau sudah dingin, kalian bisa menikmatinya bersama keluarga kalian yang tercinta dan bisa dijadikan seebagai makanan  ulang tahun sahabat.

Nah jadi seperti itu guys cara membuat brownies cheesecake kering original yang bisa kalian coba dan juga kalian praktekkan dirumah kalian masing-masing, saya pastikan kalian akan suka dengan rasanya. Jika membutuhkan sebuah mesin kalian bisa mengeceknya diweb Rumah Mesin.

 

Manfaat Cemilan Kering Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

1. Mengandung Protein Yang Sangat Tinggi

Tahukah Anda bahwa kue kering kaya akan protein? Saat mengkonsumsinya, tubuh akan memetabolisme protein dari kue kering untuk dijadikan energi. Selain itu, protein juga baik untuk mengembangkan jaringan dan membangun otot. Makan kue kering bisa menjadi sehat dan juga kuat.

Oleh karena itu, jika kalian memakan cemilan atau kue kering maka kalian akan memiliki kandungan protein yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia sehingga sangat bagus untuk dikonsumsi sesuai dengan kebutuhan tubuh manusia sesuai dengan anjuran pemakanannya.

2. Menjadi Makanan Atau Cemilan Yang Sehat

Makanan atau Kue kering yang dibuat tanpa bahan pewarna, pengawet, dan pemanis buatan, bisa menjadi camilan sehat untuk Anda konsumsi setiap hari. Beberapa kandungan nutrisi di dalamnya juga baik untuk kesehatan Anda. terutama kue kering yang rendah gula.

Makanan ini bisa menjadi pilihan camilan sehat bagi penderita diabetes. Hanya ingat, jangan makan dalam porsi berlebihan karena sesuatu yang berlebihan akan sangat tidak bagu bagi kesehatan manusia dan dapat menimbulkan berbagai macam penyakit berbahaya.

3. Dapat Menurunkan Berat Badan Manusia

Memakan Makanan camilan kering bisa menurunkan berat badan. Ketika tubuh mendapatkan jumlah kalori yang dibutuhkan untuk aktivitas metabolisme sehari-hari dalam tubuh, hal itu dapat mencegah Anda untuk makan berlebihan. Anda juga tidak mudah merasa lelah.

karena kebutuhan tubuh akan kandungan kalori selalu terpenuhi dengan tepat. Sehingga tubuh kamu akan tetap memiliki tenaga yang sangat cukupp jika mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan kalori yang sangat cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh.

4. Makanan Kering Bebas Dari Gluten

Beberapa kue kering juga telah terbukti bebas gluten. Gluten adalah zat yang biasa ditemukan dalam gandum atau oat. Jadi, bagi Anda yang memiliki alergi atau intoleransi terhadap gandum atau gluten, Anda bisa makan kue kering dengan aman dan nyaman.

Periksa terlebih dahulu kandungan dan komposisi kue-kue yang akan Anda makan, untuk memastikannya sehat dan aman agar anda bisa memakannya tanpa khawatir akan kanddungan yang dapat membahayakan diri anda ketika memakan sesuatu yang nikmat dan lezat.

 

Tips Dan Trik

Agar kamu dapat membuat makanan dengan tekstur yang kering, maka kamu wajib nih memperhatikan tingkat kematangan dan juga suhu pada oven, suhu harus disesuaikan dengan makanan yang akan kamu olah sebelum kamu mengolahnya terlebih dahulu.

Maka dari itu, pemilihan makanan yang akan kamu pilih sangat berpengaruh bagi oven, karna setiap makanan memiliki tingkat suhunya masing-masing. Selain itu jika ingin terasa sedikit lebih kering, maka kamu mengovenya sedikit lebih lama kurang lebih 1 menit.

Nah jadi seperti itu saja ya kakak-kakak resep dan aneka cemilan kering dari  tepung terigu yang bisa saya sampaikan dan juga saya bagikan kepada kalian semua, saya harap kalian dapat memahami segala sesuatu hal yang dapat menguntungkan bagi anda, terimakasih.