Jenis Kopi Di Indonesia Yang Terkenal

Halo teman-teman, pada artikel kali ini saya akan berbagi informasi tentang jenis kopi di Indonesia yang sangat cocok untuk dihidangkan saat mengantuk. Jadi jika Anda sangat mengantuk, Anda harus benar-benar mengkonsumsinya.

Mengkonsumsi kopi sangatlah penting bagi anda yang sedang melakukan pekerjaan yang membuat anda mengantuk, apalagi jika anda seorang pecinta kopi akan sangat pas banget untuk anda nikmati disiang hari yang sedang gabut.

Anda pasti sudah tahu kalau ini bukan minuman, melainkan minuman yang memiliki rasa dan aroma yang sangat kuat yang disukai banyak orang.

Apalagi jika Anda mencoba kopi yang sesuai dengan selera Anda, Anda pasti akan ketagihan dengan kopinya yang enak dan harum.

Oleh karena itu, saya akan membagikan berbagai macam kopi yang perlu Anda ketahui agar Anda dapat menentukan kopi apa yang sangat cocok dan sangat cocok untuk mulut Anda.

Jadi jangan ragu untuk mencari tahu tentang jenis kopi di Indonesia yang tepat untuk dinikmati bersama keluarga, saudara, atau bersama teman saat berkumpul.

 

Jenis Kopi di Indonesia

Kopi berasal dari kata “KOPEN” dalam kamus bahasa Jawa yang artinya merawat, memelihara dan menjaganya dengan hati-hati. Kopi memiliki satu tujuan, yaitu menumbuhkan kopi yang memiliki kualitas terbaik dan aroma yang harum.

Tidak hanya harum, kopi juga memiliki aroma yang sangat khas seperti keharuman surga yang diinginkan oleh umat manusia, kopi juga merupakan salah satu kekayaan nusantara ini.

Sejarah Awal Kopi Ditemukan

Awalnya, kopi ditemukan di beberapa bagian wilayah Ethiopia pada abad ke-9. Namun, pada abad ke-15, para pedagang dari negara-negara Arab membudidayakan kopi di sebuah kota bernama Mocha, dan juga di Yaman.

Namun sangat disayangkan, kopi tidak bisa tumbuh di negara-negara Eropa, orang Eropa berusaha sangat keras mencari lahan yang bisa ditanami tanaman kopi. Inilah awal dari penjajahan yang terjadi.

Kemudian Belanda menjajah negara Indonesia dan memaksa warga negara Indonesia menanam tanaman kopi yang ditanam paksa oleh Belanda untuk ditanam di tanah Indonesia tercinta ini.

Masuknya Berbagai Jenis Kopi di Indonesia

Sekitar tahun 1696, Belanda menggunakan kapal VOC (Vereenigde Oostindische Compagnie) untuk melakukan perdagangan di Jawa dengan membawa kopi.

Kopi yang dibawa oleh Belanda adalah kopi arabika yang akan diuji budidayanya di Batavia, yang kita sebut Jakarta untuk saat ini.

Namun budidaya kopi ini gagal karena faktor alam yang tidak mendukung sehingga tanaman kopi tidak bisa tumbuh dengan baik.

Biasanya kopi diproses menggunakan Mesin Kopi sehingga kopi yang dihasilkan jauh lebih baik dibandingkan jika tidak menggunakan alat mesin.

Nah, begitulah berbagai sejarah berbagai jenis kopi yang masuk ke Indonesia, maka tidak heran jika Indonesia memiliki banyak sekali jenis kopi di dalamnya.

 

Jenis Kopi Di Indonesia Yang Populer

Jenis Kopi Di Indonesia

1. Kopi Arabika

Kopi arabika merupakan jenis kopi yang cukup terkenal di Indonesia dan memiliki banyak varietas. Minuman jenis ini merupakan salah satu kopi tradisional yang memiliki cita rasa paling enak oleh para pecinta kopi dan sering dijualkan diberbagai tempat.

Biji dari kopi ini juga memiliki ciri-ciri dengan ukuran biji yang sangat kecil dibandingkan dengan jenis biji kopi yang lainnya. Selain itu, kandungan dari kafeinnya juga dikatakan sangatlah rendah.

Sehingga kopi ini sangat cocok sekali untuk disajikan dan juga dinikmati bagi anda yang ingin meminum kopi dengan kandungan kafein yang sangat rendah. Kandungan kafein bisa dibilang berbahaya jika dikonsumsi secara berlebihan.

2. Kopi Robusta

Berikutnya adalah kopi Robusta, minuman ini memiliki tekstur yang lebih kasar di lidah manusia, dan rasanya jauh lebih manis seperti cokelat dibandingkan jenis kopi lainnya, jenis kopi ini sering dibeli oleh anak-anak muda yang sangat menyukai minuman kopi.

Kopi ini juga sering tumbuh di dataran ketinggian 400 hingga 700 meter di atas permukaan laut dengan keadaan suhu 21-24 derajat Celcius. Biji dari kopi juga tidak mudah rusak jika diserang hama sehingga sangat cocok untuk dipasarkan dan ditanam.

Oleh karena itu, produksi dari kopi robusta per hektar sangatlah tinggi dari pada biaya produksi yang jauh lebih rendah. Kemudian jenis kopi ini juga sering dijadikan sebagai kopi instan karena memang rasanya yang sangat cocok untuk diminum.

3. Kopi Liberika

Kopi ini berasal dari daerah Liberia, dibagian Afrika barat. Minuman jenis ini bisa tumbuh hingga 9 meter dari kedalaman tanah dan juga sering ditanam oleh masyarakat setempat karena mudah untuk ditanam dan sangat sering digunakan sebagai minuman instan.

Minuman ini memiliki bunga, daun, buah, dahan dan pohon yang lebih besar dari kopi Arabica atau Robusta. Memiliki kualitas yang rendah, kopi ini mampu berbuah setiap tahun dan tumbuh sangat baik di dataran rendah. Ukurannya jauh lebih besar dibandingkan jenis kopi lainnya.

Untuk membudidaya kopi ini bisa dengan menggunakan alat yang sering digunakan dalam menanam biji kopi, jika tidak punya bisa membelinya di website Rumah Mesin dengan kualitas mesin yang terbaik karena kualitasnya yang bagus dan juga awet.

4. Kopi Excelsa

Jenis kopi selanjutnya adalah kopi excelsa yang berasal dari negara Afrika Barat, kopi ini pertama kali ditemukan di dekat Danau Chad. Tanaman ini juga sangat cocok ditanam di tanah rendah dan basah karena bisa ditanam oleh kedua tempat sehingga sangat cocok.

Kopi jenis ini juga sangat mudah dibudidayakan karena tanaman ini sangat jarang terserang penyakit yang dapat mengganggu pertumbuhan tanaman sehingga banyak sekali yang memproduksi kopi excelsa didaerahnya dan sering ditemukan dimana-mana.

Kopi ini sudah banyak ditemukan di Indonesia bahkan di kabupaten Tanjung Barat provinsi Jambi, karena topografi tanah di daerah tersebut sangat mendukung untuk jenis kopi ini dan juga sangat bagus untuk ditanam setiap tahunnya.

5. Kopi Toraja

Kopi jenis ini memiliki dua rasa yaitu Arabica dan Robusta. Sesuai dengan namanya, kopi ini berasal dari daerah Sulawesi Selatan. Minuman kopi ini sangat terkenal di luar negeri bahkan sudah tersebar luas diberbagai wilayah dan juga sudah sering ditemukan.

Negara-negara yang mengkonsumsi kopi Toraja antara lain Jepang, dan Amerika Serikat. Kopi jenis ini sering dianggap sebagai kopi premium, bahkan sudah dipatenkan oleh perusahaan Jepang. Perusahaan ini memproduksi jenis kopi toraja diberbagai negara.

Perusahaan yang bernama Key Coffee ini telah menggunakan jenis kopi nikmat ini sejak tahun 2005. Sehingga banyak sekli yang menyukai kopi jenis satu ini kaarena cita rasanya yang sangatlah khas dan juga kopi ini memang kopi paling Lezat.

6. Kopi Wamena Papua

Kopi ini memiliki cita rasa yang sangat unik dengan aroma yang seperti coklat dan floral. Rasa kopi ini cukup asam dan menyegarkan. Jenis kopi ini adalah kopi arabika yang ditanam di Lembah Balijem dan banyak dijumpai diberbagai tempat.

Ketinggian yang digunakan untuk menanam kopi adalah 2.000 meter di atas permukaan laut. Budidaya kopi ini menggunakan alat tradisional dan sangat bagus sehingga biji yang didapat akan memiliki kualitas yang sangat bagus dan tinggi.

7. Kopi Kintamani Wangi

Kopi jenis ini berasal dari Bali, ciri khasnya memiliki rasa pahit dan juga memiliki sedikit rasa jeruk. Rasa jeruknya karena kopi ditanam di pinggir tanaman jeruk dan rasanya bisa dibilang sangatlah unik karena rasa dari jeruknya yang benar-benar terasa.

Sehingga rasa kopinya memiliki rasa jeruk, jika mencoba kopi ini akan sangat segar untuk diminum dan sangat cocok untuk kamu yang menyukai jeruk-jerukan, memang kopi ini sangat unik dari segi biji-bijinya, rasanya dan lain sebagainya.

8. Kopi Gayo Unik

Minuman dari gayo merupakan kopi jeans arabika yang sangat terkenal di berbagai daerah dan juga di berbagai negara. Kopi jenis ini dihasilkan dari negara Aceh Tengah, tepatnya di dataran yang sangat tinggi dan sering digunakan sebagai kopi untuk para pekerja.

Proses penggarapannya sangat lama sehingga memakan waktu yang cukup lama. Kopi ini harus di oven selama 4 jam hingga mencapai kematangan 80% setelah disangrai, jadi jangan heran jika rasanya jauh lebih enak dibandingkan kopi yang lainnya.

Kemudian Anda bisa menambahkan gula secukupnya agbar rasanya bisa sedikit manis dan juga bisa dinikmati semua orang-orang, dan kopi siap disajikan.

 

Manfaat kopi jenis ini di Indonesia

1. Menjaga Kesehatan Jantung Manusia

Kandungan yang terdapat pada kopi merupakan kandungan yang dapat membantu anda untuk memiliki jantung yang sehat sehingga cocok untuk diminum sesuai takaran yang dibutuhkan, jadi kamu bisa mengkonsumsi kopi sebanyak 2 kali dalam seminggu.

Jadi konsumsilah kopi sesuai dengan kebutuhan yang akan diterima oleh tubuh anda, minumlah kopi minimal 2 kali dalam seminggu agar anda memiliki kesehatan jantung yang anda inginkan dan jantung anda tidak akan terkena resiko penyakit jantung.

2. Dapat Menjaga Berat Badan Manusia

Selain untuk menjaga kesehatan jantung, kopi juga dapat membantu Anda untuk menjaga kesehatan tubuh sehingga dapat membantu Anda untuk menjaga berat badan yang ideal.

Kandungan di dalamnya adalah kafein yang dapat menurunkan dan juga menjaga berat badan ideal, jadi konsumsilah minuman berkafein secukupnya.

3. Dapat Mengurangi Risiko Diabetes Tipe 2

Kandungan yang terdapat dalam kopi adalah kandungan kafein yang dapat membantu anda untuk mengurangi resiko penyakit diabetes yang sangat berbahaya bagi tubuh manusia.

Namun jangan mengkonsumsi minuman berkafein jika sudah mengidap penyakit diabetes karena dapat mengganggu kadar gula darah dalam tubuh manusia, bisa jadi lebih tinggi.

4. Dapat Mengurangi Risiko Kanker

Untuk selanjutnya kandungan yang terdapat pada kopi adalah kandungan yang terdapat pada kopi dapat membantu anda untuk mencegah terjadinya penyakit kanker yang sangat ditakuti oleh manusia.

Oleh karena itu konsumsilah kopi sesuai kebutuhan tubuh agar terhindar dari penyakit kanker yang sering menjangkiti remaja hingga orang tua, kanker tidak memandang usia.

 

Tips dan trik Jenis Kopi Di Indonesia

Jika Anda membuat minuman kopi, maka gunakan kopi dengan kualitas terbaik dan juga jangan menambahkan terlalu banyak gula di dalamnya.

Mengkonsumsi gula yang berlebihan dapat mengganggu kesehatan Anda, sehingga kadar gula darah dalam tubuh Anda bisa meningkat, jika meningkat bisa sangat berbahaya bagi kesehatan.

Nah itu saja guys beberapa jenis kopi yang bisa saya sampaikan dan juga saya bagikan untuk kalian semoga kalian bisa memilih jenis kopi yang tepat terima kasih banyak.