Inilah Kandungan Air Putih, Dan Perbedaanya Dengan Air Mineral !

Mengkonsumsi air putih delapan gelas sehari (setara dengan 2 liter) dapat menghindarkan kita dari risiko dehidrasi dan penyakit lainnya. Sayangnya, masih banyak orang yang melupakan atau meremehkan kebutuhan esensial tersebut.

Kesadaran akan air minum yang cukup harus terus ditingkatkan seiring dengan perkembangan zaman yang semakin pesat. Banyak dari kita memiliki gaya hidup yang dinamis dan aktif, yang membutuhkan lebih banyak energi. Di situlah peran air sangat dibutuhkan.

Perlu diingat juga, minum air putih yang cukup tidak hanya dilakukan saat kita sedang melakukan aktivitas berat dan berkeringat. Saat tidur, tubuh kita tidak mendapatkan asupan cairan sama sekali selama kurang lebih enam jam.

Jadi sangat penting bagi kita untuk minum satu atau dua gelas air putih sebelum tidur dan setelah bangun tidur agar tubuh tetap fit.

Selain itu, pastikan juga Anda memilih air berkualitas yang pasti mengalirkan kebaikan kehidupan alam dari mata air pegunungan pilihan.

Air yang menerapkan standar nasional mulai dari proses pengemasan hingga pengisian akan menjauhkan Anda dari bakteri jahat di luar sana.

Lantas, apa sebenarnya kandungan air putih yang bermanfaat bagi tubuh kita? Artikel ini akan membedah satu per satu, agar Anda lebih mengetahui manfaat air minum. Lihat daftarnya di bawah ini:

Apa Saja Kandungan Air Putih? Yuk Kita Bedah Satu Persatu !

kandungan air putih

1. Silika

Kandungan air putih sebenarnya sudah terkandung dalam jaringan pembuluh darah, kulit, dan rambut. Fungsinya untuk menjaga integritas dan kinerja jaringan pembuluh darah sehingga mengurangi risiko aterosklerosis.

Dengan mengonsumsi lebih banyak Silica, kita juga menjaga kesehatan tulang dan jaringan, serta menjaga keremajaan kulit. Dengan kata lain, minum air putih dapat menjaga kebugaran tubuh hingga usia lanjut.

2. Magnesium dan Kalsium

Kedua kandungan air putih ini berperan penting dalam struktur tulang, kontraksi otot, transmisi impuls saraf, pembekuan darah, dan pengiriman sinyal ke sel.

Jika kita kekurangan zat ini, maka akan berdampak langsung pada fungsi saraf, yang dapat menyebabkan anoreksia, kelemahan otot, kelelahan, dan ketidakseimbangan dalam berjalan.

3. Natrium dan Kalium

Bagi Anda yang belum tahu, cairan dalam tubuh dibagi menjadi dua kompartemen utama, yaitu cairan ekstraseluler (CES) dan cairan intraseluler (CIS).

Pada keduanya, terdapat zat berupa elektrolit, antara lain natrium dan kalium. Kedua kandungan air putih ini penting dalam mengatur keseimbangan cairan dan fungsi sel, serta menjaga fungsi saraf yang mengontrol jantung.

4. Seng dan Selenium

Seng merupakan kandungan air yang berperan penting dalam pembentukan inti sel (DNA) dan protein, dan juga bekerja pada sekitar 300 enzim dalam tubuh manusia.

Bersama dengan selenium, seng menjaga kesehatan saraf otak, dan juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Itulah beberapa zat yang terkandung dalam air dan manfaatnya. Selain kandungan zat tersebut, air putih juga memiliki kandungan yang dapat membantu menjaga kesehatan kulit, mencegah tubuh dari pegal-pegal, dan memperlancar sistem pencernaan.

Inilah Perbedaan Air Mineral dan Air Putih

Meski memiliki bentuk, warna, dan rasa yang mirip, air mineral dan air biasa tidaklah sama. Keduanya memiliki perbedaan dalam hal sumber, pengolahan, dan konten.

Air mineral diambil dari mata air gunung berapi yang kaya akan mineral alami. Setelah itu, air tersebut diolah tanpa penambahan zat lain. Jadi, kemurnian air tetap terjaga. PH atau derajat keasaman air mineral biasanya antara 6-8,5.

Air biasa memiliki pH antara 5-7,5. Air dapat diperoleh dari sungai dan danau atau dari sumur. Sebelum diminum, biasanya air ini melewati banyak proses penyaringan sehingga kandungan mineralnya berkurang.

Dilihat dari sumbernya, air juga dapat mengandung bakteri dan parasit dari kotoran manusia atau hewan. Hal ini dapat menyebabkan penyakit jika air tidak dimasak dengan benar sebelum dikonsumsi. Selain itu, air dari sumber ini mungkin juga mengandung bahan kimia dari limbah industri yang tidak disaring.

Air mineral bukan satu-satunya sumber mineral bagi tubuh. Anda juga bisa mendapatkan berbagai macam mineral dari makanan sehari-hari, seperti sayuran dan buah-buahan. Meski begitu, kandungan mineral tambahan dalam air minum bisa membawa manfaat lebih bagi kesehatan Anda.

Selain itu, orang yang rentan terhadap infeksi karena penyakit atau kondisi tertentu juga disarankan untuk mengonsumsi air mineral daripada air matang atau air ledeng. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter untuk memastikan jenis air minum yang baik untuk dikonsumsi sesuai dengan kondisi kesehatan Anda.

Bagaimana dengan Kandungan Air Vitamin?

Memang, air murni tidak mengandung vitamin apa pun. Meski begitu, kini sudah banyak air minum dalam kemasan yang diklaim mengandung vitamin di dalamnya.

Artinya, air murni tersebut telah ditambahkan beberapa vitamin dan mineral untuk meningkatkan nilai gizinya. Biasanya proses ini menyebabkan air yang semula jernih berubah menjadi berwarna-warni, meski ada juga yang masih jernih.

Meski kandungan vitaminnya lebih tinggi, vitamin air tidak selalu baik untuk kesehatan. Pasalnya, air dengan vitamin umumnya mengandung gula dan lemak tinggi yang bisa memicu obesitas.

Itu sebabnya, air putih tetap menjadi minuman terbaik untuk kesehatan. Jadi, pastikan untuk selalu memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih minimal 8 gelas setiap hari, ya!

Manfaat Air Putih Dengan Mengonsumsinya Secara Rutin

Ternyata banyak sekali manfaat yang kita dapat dari mengonsumsi air putih secara rutin. Berikut ini beberapa manfaat banyak minum air putih untuk kesehatan. Yuk simak penjelasan dibawah ini ya !

1. Meningkatkan kesehatan tulang

Air mineral merupakan sumber kalsium yang baik. Padahal, air mineral terbukti menjadi sumber kalsium yang setara dengan susu. Selain itu, kandungan magnesium dan bikarbonat dalam mineral juga dapat membantu menjaga kesehatan tulang.

2. Menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah

Jantung memiliki fungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh untuk menunjang kelangsungan hidup. Karena perannya yang sangat penting, kesehatan jantung harus selalu dijaga dengan baik. Salah satu cara menjaga kesehatan jantung adalah dengan rutin mengonsumsi air mineral.

Khasiat air mineral ini diduga berasal dari kandungan magnesium di dalamnya. Kand’s height Kandungan magnesium dalam air minum diduga dapat menurunkan tekanan darah pada pasien hipertensi dan telah terbukti menurunkan risiko kematian akibat penyakit jantung koroner.

Selain itu, konsumsi air mineral yang tinggi bikarbonat juga baik untuk menjaga kadar kolesterol darah. Konsumsi air mineral telah terbukti mengurangi kadar lemak jahat (LDL) dan meningkatkan kadar asam urat lemak dalam darah (HDL). Hal ini tentunya akan mengurangi risiko penyakit jantung koroner.

3. Sistem pencernaan yang sehat

Magnesium dan natrium yang terkandung dalam air mineral telah terbukti mencegah dan mengobati sembelit. Kedua mineral ini dapat menarik air ke dalam rongga usus sehingga melunakkan tinja. Selain itu, magnesium juga dipercaya dapat meningkatkan buang air besar.

4. Meningkatkan sistem imun tubuh

Kandungan selenium dalam air mineral dapat meningkatkan kerja sistem imun tubuh. Selenium merupakan komponen penting dari enzim dan protein yang bertanggung jawab untuk menjaga keseimbangan dan integritas sel imun agar dapat bekerja secara optimal.

Nah demikianlah penjelasan mengenai kandungan air putih dan beberapa manfaat yang kita dapat jika rutin mengonsumsi air putih. Semoga dapat bemanfaat untuk kita semua ya. See you and keep healthy ^^

Baca Juga :

18 Manfaat Beras Kencur untuk Kesehatan