18 Manfaat Beras Kencur untuk Kesehatan

Manfaat Beras Kencur untuk Kesehatan – Jamu beras kencur merupakan salah satu minuman sekaligus obat tradisional yang sudah turun-temurun diwariskan oleh nenek moyang. Obat tradisional ini cukup populer dan banyak digemarioleh masyarakat Indoensia dari berbagai kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Sesuai namanya, obat tradisional ini terbuat dari bahan dasar beras dan rimpang kencur. Jamu beras kencur memiliki aroma yang khas dan rasa yang manis dan segar. Tak hanya itu, jamu beras kencur juga diyakini mengandung sejumlah antioksidan yang baik bagi tubuh.

Manfaat Jamu Beras Kencur

Selain karena rasanya yang enak, jamu beras kencur populer karena memiliki segudang manfaat yang mampu membantu dalam mengatasi berbagai masalah kesehatan, diantaranya yaitu :

1. Meningkatkan Nafsu Makan

Salah satu manfaat jamu beras kencur yang sudah cukup populer di masyarakat yaitu dapat meningkatkan nafsu makan. Tentu minuman tradisional ini sangat cocok dikonsumsi bagi anak-anak yang memiliki masalah dengan nafsu makannya. Selain mampu meningkatkan nafsu makan, jamu beras kencur juga dapat meningkatkan stamina tubuh.

Tak hanya itu, jamu beras kencur juga berkhasiat untuk mempertebal dinding lambung sehingga cocok bagi Anda yang memiliki keluhan penyakit maag.

2. Menyembuhkan Sariawan

Manfaat jamu beras kencur yang pertama yaitu dapat menyembuhkan sariawan. Rimpang kencur sebagai salah satu bahan utama jamu beras kencur diyakini dapat mengatasi masalah sariawan. Hal ini dikarenakan rimpang kencur memiliki rasa yang sedikit pedas sekaligus sifat anti bakteri yang secara efektif mampu meringankan sariawan.

Selain itu, jamu beras kencur juga bermanfaat menjaga kesehatan mulut seperti meluruhkan dahak serta meredakan tenggorokan yang gatal. Manfaat jamu beras kencur ini didapatan berkat adanya minyak atsiri seperti borneol, kamfer, sineol, etilalkohol yang terkandung di dalamnya.

3. Menjaga Stamina Tubuh

Konsumsi jamu beras kencur diyakini dapat menjaga stamina tubuh terutama bagi Anda yang sering merasakan lelah dan lesu akibat aktivitas yang menumpuk. Jika dikonsumsi secara teratur, jamu beras kencur dapat membuat tubuh Anda menjadi lebih segar dan bugar. Hal ini berkat kandungan nutrisi dalam rimpang kencur yang mampu meningkatkan energi dan stamina tubuh serta mengatasi lelah dan pegal-pegal.

4. Manfaat Jamu Beras Kencur untuk Mengatasi Flu

Jamu beras kencur juga bermanfaat untuk mengatasi flu. Manfaat yang satu ini berkat adanya efek hangat yang diberikan oleh jamu beras kencur. Selain itu, efek hangat beras kencur ini mampu menghilangkan rasa mual yang diakibatkan oleh flu. Tak hanya itu, jamu beras kencur juga dapat meredakan batuk, pusing dan rasa pegal.

5. Menyembuhkan Batuk

Jamu beras kencur merupakan salah satu ramuan tradisional yang dapat mengatasi batuk berdahak. Obat tradisional ini dapat membuat pernapasan lebih lega serta membantu meredakan batuk berdahak lebih cepat.

6. Menurunkan Berat Badan

Jamu beras kencur juga dapat dimanfaatkan untuk menurunkan berat badan. Dengan mengonsumsi jamu beras kencur sesudah makan, diyakini dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Oleh karena itu, porsi makan Anda pun menjadi berkurang. Hal ini berkat khasiat kencur yang dapat mempertebal dinding lambung yang secara efektif dapat membantu Anda dalam menurunkan berat badan.

Untuk mendapatkan manfaat yang satu ini, sebaiknya jamu beras kencur dikonsumsi secara teratur. Selain itu, Anda juga harus mengimbanginya dengan mengatur pola makan dan gaya hidup sehat dengan rajin berolahraga.

Baca Juga : 11 Manfaat Tomat bagi Kesehatan

7. Mengontrol Gula Darah

Jamu beras kencur dipercaya bermanfaat untuk mengatasi penyakit diabetes. Obat tradisional satu ini dikenal dengan kandungan antioksidannya yang kaya. Oleh karena itu, tak heran jika jamu beras kencur memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, salah satunya yaitu mampu mengontrol kadar gula darah.

Sebuah penelitian berhasil menunjukkan bahwa dengan mengonsumsi jamu beras kencur secara efektif mampu menurunkan kadar gula darah, mengontrol berat badan, serta mampu mencegah kerusakan pada pankreas.

8. Mengontrol Kadar Kolesterol

Manfaat jamu beras kencur yang selanjutnya yaitu dapat mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh. Mengonsumsi jamu beras kencur secara teratur dipercaya dapat melancarkan aliran empedu. Dengan begitu proses penyerapan makanan yang masuk dalam tubuh pun bisa lebih lancar.

Proses pencernaan yang baik tentu berperan penting untuk menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh. Jamu beras kencur juga mampu mengeluarkan kolesterol jahat dari dalam tubuh berkat sintase asam lemak dengan bantuan kandungan flavonoid seperti galanin, kaempferol, dan quercetin.

9. Manfaat Jamu Beras Kencur untuk Mengobati Infeksi

Jamu beras kencur juga mampu mengatasi beragam infeksi yang terjadi pada tubuh kita. Infeksi yang disebabkan oleh bakteri, bisa diatasi dengan mengonsumsi jamu beras kencur. Hal ini berkat kandungan jamu beras kencur yang bersifat anti bakteri dan mampu melawan infeksi dan berbagai penyakit yang disebabkan oleh bakteri.

10. Menjaga Lambung

Jamu beras kencur memiliki khasiat yang dapat membantu dalam menebalkan dinding lambung. Oleh sebab itu, obat tradisional ini sangat bermanfaat untuk pada penderita gastritis. Penyakit gastritis pada umumnya ditandai dengan adanya kerusakan pada dinding lambung yang terdiri dari mukosa luar dan dalam, muscularis externa, dan serosa.

11. Menyembuhkan Diare

Manfaat jamu beras kencur yang selanjutnya yaitu dapat menyembuhkan masalah diare. Rimpang kencur dikenal mengandung zat sitotoksik dan senyawa anti bakteri yang mampu meringankan diare. Pada umumnya, diare disebabkan karena adanya infeksi pada saluran pencernaan, yang disebabkan oleh bakteri, virus atau parasit.

Selain itu, jamu beras kencur juga bersifat sebagai anti inflamasi dan anti bakteri yang mampu membunuh bakteri serta menyembuhkan diare. Mengonsumsi jamu beras kencur saat diare juga dapat mencegah dan mengatasi tubuh mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan.

12. Mencegah Karies Gigi

Jamu beras kencur juga sangat bermanfaat untuk mencegah karies gigi.  Seperti yang kita tahu, jamu beras kencur memiliki sifat sebgaai anti bakteri. Yang dapat menghambat pertumbuhan dan perkembangan bakteri penyebab karies gigi. Jika masalah ini tidak segera diatasi, maka bakteri penyebab karies gigi akan cepat berkembang dan lama kelamaan bisa merusak gigi. Dalam kondisi parah, dapat menyebabkan lubang, infeksi dan sakit gigi berkepanjangan.

13. Manfaat Jamu Beras Kencur untuk Meningkatkan Kesuburan Rahim

Jamu beras kencur memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan reproduksi wanita. Obat tradisional ini dipercaya dapat membantu menyuburkan rahim. Bagi Anda yang pernah mengalami keguguran, tak ada salahnya Anda mengonsumsi jamu beras kencur yang telah dicampur dengan daun sirih, bawang putih, dan madu.

Sebaiknya ramuan ini diminum saat pagi hari atau saat sedang datang bulan. Dengan begitu, ramuan jamu beras kencur ini bisa membantu Anda menyuburkan rahim. Tentu manfaat ini bisa Anda dapatkan jika mengonsumsinya dengan teratur.

14. Menyembuhkan Kram Perut

Jamu beras kencur berkhasiat untuk mengurangi rasa sakit pada perut atau mulas. Minuman sekaligus obat tradisional ini cocok Anda konsumsi saat mengalami sakit perut yang tidak tertahankan.

Selain itu, jamu beras kencur juga bermanfaat untuk mengatasi masalah diare. Pasalnya, jamu beras kencur mengandung serat yang dapat melancarkan sekaligus mengatasi masalah pada sistem pencernaan.

Tak hanya mampu meredakan rasa sakit perut, jamu beras kencur juga dapat meredakan nyeri atau kram perut yang diakibatkan oleh penyakit maag.

15. Manfaat Jamu Beras Kencur untuk Mengatasi Kencing Batu

Mengonsumsi jamu beras kencur bermanfaat untuk membantu menyembuhkan batu ginjal. Tentu manfaat ini sangat cocok bagi Anda memiliki penyakit kencing batu. Kandungan yang ada di dalam jamu beras kencur dapat menghancurkan kristal pada saluran kemih atau yang biasa disebut sebagai batu ginjal. Untuk mendapatkan manfaat yang satu ini, sebaiknya jamu beras kencur Anda konsumsi secara teratur.

16. Mengatasi Stres

Sebuah penelitian telah berhasil menunjukkan bahwa jamu beras memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan, karena bersifat sebagai anti depresan. Jamu beras kencur dapat memberikan efek sudatif yang mampu menenangkan sistem saraf pusat sehingga obat tradisional ini sangat cocok bagi Anda yang sedang mengalami stres, depresi, cemas, atau gelisah.

17. Mencegah Kanker

Jamu beras kencur juga diyakini mampu mencegah penyakit kanker. Etil p-metoksisinamat yang terkandung dalam rimpang kencur memiliki sifat sebagai anti kanker. Senyawa ini dipercaya mampu menghambat proliferasi sel karsinoma hati hepatoseluler. Dengan begitu, penyebaran sel-sel kanker pun bisa dicegah.

18. Manfaat Jamu Beras Kencur untuk Menyehatkan Kulit

Tak hanya dapat mengatasi masalah kesehatan, jamu beras kencur juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Mengkonsumsi jamu beras kencur secara rutin dapat membantu Anda dalam mengatasi jerawat, mencerahkan kulit, mengencangkan kulit, dan menghindarkan dari tanda-tanda penuaan dini.

Selain bisa dikonsumsi secara rutin sebagai obat herbal, jamu beras kencur juga dapat digunakan sebagai masker wajah untuk perawatan kulit. Jika Anda menginginkan hasil yang lebih cepat dan maksimal, maka cara perawatan dengan beras kencur ini sebaiknya dilakukan dari luar maupun dalam.

Bagi Anda yang mengalami beberapa kondisi di atas, tak ada salahnya Anda mencoba mengonsumsi jamu beras kencur. Agar dapat merasakan manfaat-manfaat tersebut, jamu beras kencur sebaiknya dikonsumsi secara teratur.

Tak hanya mudah dibuat, bahan-bahan yang dibutuhkan pun mudah ditemukan di sekitar kita. Bingung bagaimana caranya? yuk simak artikel Cara Membuat Jamu Beras Kencur. Selamat mencoba!