Cara Membuat Kopi Mocca Yang Mudah Di Buat

Manfaat pada Kopi

  1. peningkatan stamina

Kopi memiliki kandungan zat kafein yang tinggi. Adenosin dalam tubuh bekerja sebagai sel yang menyebabkan rasa ingin tidur terhadap otak. Kafein dalam kopi mempengaruhi kinerja sel dan menjadikan pergerakannya lebih lambat.

  1. mencegah kanker

Antioksidan pada kopi membantu menekan gejala kanker pada tubuh. Penelitian di Jepang pada sejumlah wanita yang mengkonsumsi kopi 2 kali sehari, resiko terjadinya kanker usus besar menurun sebesar 25%.

Baca Juga : Model Dan Spesifikasi Mesin Kopi

  1. Kopi menjaga kesehatan mulut

Kopi memiliki sifat anti bakteri yang baik bagi kebersihan mulut. Hal ini dapat membantu penyembuhan gigi berlubang, plak dan infeksi gusi. Tentu saja besar untuk menekan resiko kanker mulut.

  1. Mengurangi resiko diabetes

Penghambatan penyerapan gula dapat dilakukan dengan mengkonsumsi kopi. Kandungan zat asam klorogenat mambantu kinerja pada peningkatan pembentukan insulin. Para ahli telah membuktikan penyakit diabetes yang terjadi pada seseorang, dapat diturunkan sebesar 50% berkat manfaat kopi.

  1. Mengurangi resiko penyakit Alzheimer dan Demensia

Alzheimer merupakan salah satu penyakit yang paling sering menyerang orang yang telah berusia 65 tahun ke atas. Kopi telah teruji dapat meningkatkan perlindungan terhadap penyakit yang berhubungan dengan degradasi fungsi saraf.

  1. Meghan parkinson

Selain alzheimer, parkinson merupakan salah satu penyakit yang paling populer yang menyebabkan degradasi fungsi saraf dalam tubuh manusia. Konsumsi kopi secara rutin dapat meningkatkan perlindungan terhadap penyakit parkinson.

  1. peningkatan suasana hati

Banyak orang yang secara tidak sadar lebih bersemangat dan ceria saat meminum kopi. Kopi memang merupakan salah satu minuman yang dapat meningkatkan mood seseorang, tidak hanya itu juga dapat memberikan efek korelasi pada kebahagiaan.

 

Pengertian Kopi Mocca

Cara Membuat Kopi Mocca

Kopi moka (dari bahasa Belanda, mokka) adalah salah satu varietas kopi arabika dengan cita rasa khas. Kopi ini populer di kawasan Timur Tengah dan biasanya disajikan dengan cara tertentu, yang juga disebut “moka”.

Nama “moka” sendiri berasal dari salah satu pelabuhan dagang kuno di Yaman, yang dulu merupakan pusat ekspor kopi utama di dunia, yaitu Mukha, Yaman

Menurut sejarah, kopi mocha berasal dari biji kopi bernama mocha yang dikirim dari pelabuhan Al Mokka di Yaman. Biji kopi tersebut terkenal dengan rasanya yang kecokelat-cokelatan. Dengan perkembangan zaman, sekarang nama “mocha” tidak terlalu berhubungan dengan biji kopinya, namun kehadiran rasa cokelat ke dalam minuman kopi.

 

Cara Membuat Kopi Mocca

Cara Membuat Kopi Mocca

  • 25 gram bubuk cokelat
  • 200 ml susu cair
  • 100 – 150 kopi hitam atau bisa juga double shots espresso/Biji kopi (di olah dengan mesin kopi)
  • topping cokelat
  • marshmallow secukupnya
  • cangkir saji

Cara Membuat :

  1. Siapkan cangkir saji
  2. Lalu tuang bubuk cokelat
  3. Tambahkan susu cair yang terlebih dahulu dipanaska. Kemudia aduk hingga merata
  4. Tambahkan kopi hitam dan aduk lagi hingga tercampur semuanya
  5. terkahir tambahkan marshmallow dan taburi dengan topping cokelat

 

Rasa Kopi Moka

Bisa dibilang, kopi moka tergolong varian minuman cokelat, tapi juga tergolong minuman kopi. Soal rasa, kopi mocha terasa manis seperti cokelat, tapi juga memiliki sentuhan rasa roasty seperti kopi.

Bagi sebagian orang, cita rasa kopi dalam secangkir kopi mocha hampir tidak terasa, tapi balik lagi, tergantung dengan kandungan kopi, kandungan cokelat, dan juga sensitivitas lidah setiap orang. Biasanya, kopi moka juga menjadi winter drink di negara barat sana.

Variasi Kopi Moka

Berbagai kedai kopi membuat kopi moka dengan cara yang berbeda, ada yang menggunakan bubuk cokelat, ada yang menggunakan sirup cokelat, bahkan ada yang lebih memilih untuk melelehkan cokelat dan menambahkannya ke dalam secangkir kopi.

Namun, menggunakan cokelat leleh tentunya membutuhkan waktu yang lebih banyak. Selain teknik dan perasa cokelat yang digunakan, tidak jarang juga lho berbagai kedai kopi menggunakan cokelat putih atau bahkan kombinasi cokelat putih dan dark chocolate seperti “zebra mocha”.

Selain pemilihan cokelatnya, ada juga nih yang menarik dari penyajian kopi moka, yaitu dengan menggunakan whipped cream atau krim kocok di atasnya. Biasanya, jenis kopi moka yang disajikan dengan krim kocok ini termasuk minuman dessert.