Cara Membuat Kue Cincin Tanpa kelapa Yang Mudah Di Buat

Kue cincin memeang sangat cocok menemani saat sedang bersantai, apalagi di tambah dengan teh hangat hmmm tambah nikmat bukan? pada pembahsan kali ini kita akan membahas cara membuat kue cincin tanpa kelapa yang mudah di praktekan di rumah loh…

 

Sejarah Kue Cincin

Cara Membuat Kue Cincin Tanpa kelapa

Kue cincin ini juga disebut kue ali agrem. Mengapa dinamakan kue cincin mungkin karena dari bentuknya menyerupai cincin. Kue yang merupakan panganan khas Cianjur, Jawa Barat ini  yang biasa disajikan hanya hari tertentu, biasanya setiap kali hajatan seperti mantenan (kawin) dan hari Raya kue ini tersedia.

Tapi saat ini tidak begitu gampangnya kita mendapatkan kue ini. Mungkin karena prosesnya yang sedikit memakan waktu, tidak ringkas seperti halnya kue lain.

 

Rasa kue ini sendiri layaknya seperti kue Jaman dulu lainnya, terasa sekali rasa tradisional mungkin ini karena pemakaian bahannya yang sangat sederhana dan sangat mudah didapatkan. Sekarang, kue cincin susah untuk diperoleh mungkin kalah populer dengan jenis kue atau cake populer sekarang ini.

Di Jawa barat, kue ini di kenal dengan nama “ali agrem”. Dulunya kue ini hadir hampir setiap hari karena cocok sekali seperti jajanan pasar.

Mungkin zaman sekarang jarang ada yang jual karena proses pembuatannya yang memakan waktu, adonan harus disimpan semalaman baru bisa di goreng dan tidak langsung bisa dinikmati ketika setelah di goreng..butuh waktu setengah hari untuk mendapatkan taste yg diinginkan.

Kandungan Gizi kue cincin

Menurut informasi yang dilansir dari dharmawanitapersatuan.com/, salah satu keunggulan kue cincin ini adalah kandungan gizinya yang melimpah.

Dalam satu buah kue cincin memiliki kandungan energi sebesar 440 kilokalori, protein 3,8 gram, karbohidrat 64,5 gram, lemak 18,5 gram, kalsium 27 miligram, fosfor 47 miligram, dan zat besi 2,5 miligram.

Selain itu di dalam kue cincin juga mengandung vitamin A sebanyak 0 IU, vitamin B1 0,13 miligram dan vitamin C 0 miligram.

Baca Juga : Model Dan Spesifikasi Mesin Parut Kelapa Rumah Mesin

 

Cara Membuat Kue Cincin Tanpa kelapa

Cara Membuat Kue Cincin Tanpa kelapa

Lagi mencari inspirasi resep kue cincin tanpa kelapa yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal kue cincin tanpa kelapa yang enak selayaknya mempunyai aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari kue cincin tanpa kelapa, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan kue cincin tanpa kelapa yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian spesial.

Tepung beras, Gula merah, Gula pasir, Air, Minyak sayur. Karena bentuknya menyerupai cincin maka dinamai begitu kali ya? Kue tradisional di Belinyu Bangka ini mungkin kalau sekarang lebih dikenal dengan donat, bahan pun sama mungkin lagi kalau jaman dulu. Resep kue cincin tepung beras empuk untuk jualan dengan kelapa parut maupun tanpa mesin kelapa parut.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan kue cincin tanpa kelapa sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat membuat Kue cincin tanpa kelapa memakai 5 jenis bahan dan 6 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Cara Membuat Kue Cincin Tanpa kelapa Yang Mudah Di Buat

Bahan-bahan :

  1. Ambil Tepung beras
  2. Sediakan Gula merah
  3. Siapkan Gula pasir
  4. Gunakan Air
  5. Ambil Minyak sayur

Langkah-langkah membuat :

  1. Siapkan panci untuk rebus gula merah dan gula pasir
  2. Kemudian rebus gula merah dan gula pasir sampai meleleh gulanya habis iti ditiriskan
  3. Setelah itu sediakan tepung beras, campur tepung beras dengan air gula yang sudah direbus. Habis iti di ulenin sampai kalis, biar ngga sedikit lengket kasihkan minyak sayur sedikit saja
  4. Kemudian diamkan adonan selama 30 menit
  5. Setelah itu sediakan wajan untuk menggoreng kue cincin, jangan lupa menggorengnya pakai lidi biar lubang kuenya bagus
  6. Kue cincin telah selesai di buat, dan siap di sajikan

Bagaimana cukup mudah bukan cara membuat kue cincin tanpa kelapa?

selamat mencoba di rumah ya…Dan semoga berhasil…..