8 Cara Menghemat Listrik Token Sesuai Kebutuhan

Informasi cara menghemat listrik token banyak dicari oleh masyarakat terutama yang tagihan listriknya sangat boros. Karena berbeda dengan kebutuhan sandang dan papan yang bisa ditahan, penggunaan listrik sifatnya wajib. Terkecuali jika Anda ingin hidup tanpa listrik hanya mengandalkan lilin.

Inilah 8 cara menghemat listrik token

Sebelum Anda membeli token listrik di hotelmurah pulsa pln misalnya, ikuti tips ini agar biaya pemakaian tidak membengkak:

  1. Buat list peralatan elektronik yang digunakan

Kebutuhan listrik di rumah dan kantor Anda tentunya berbeda. Wujudkan keinginan penghematan listrik dengan membuat list peralatan elektronik yang digunakan di dua tempat tersebut.

Mulai dari informasi berapa ruangan yang menggunakan lampu? Berapa jumlah barang elektronik yang ada di setiap ruangan? Dan jumlahkan semuanya hingga memperoleh satu angka bulat. Setelah itu, tentukan mana saja barang elektronik yang memakan banyak energi listrik dan tidak.

  1. Gunakan alat penghemat listrik token

Cara hemat pulsa listrik yang belakangan ini sering dibicarakan masyarakat adalah alat penghemat listrik prabayar. Peralatan ini bermanfaat untuk menstabilkan arus listrik dari sejumlah perangkat elektronik.

Selain itu, alat ini juga mampu menambah efisiensi jaringan. Menariknya, produk ini dijual secara online di berbagai marketplace. Anda bisa pilih produk yang paling berkualitas untuk hasil optimal.

  1. Kurangi pemanfaatan magic com

Sebelum menggunakan magic com, masyarakat kita terbiasa memasak menggunakan kompor. Karena ingin hidup praktis, penggunaan magic com pun meroket. Banyak ibu rumah tangga yang beralih dari masak manual menjadi menggunakan magic com. Jika Anda ingin mengurangi tagihan listrik, silahkan kurangi penggunaan Magic Com. Kembalilah pada teknik memasak manual seperti yang diajarkan nenek moyang kita.

  1. Matikan elektronik yang tidak diperlukan

Cabut dan matikan peralatan elektronik yang sudah tidak digunakan lagi. Jangan biarkan berbagai peralatan elektronik tersebut tetap menyala apalagi dalam jangka waktu yang lama. Seperti AC atau lampur kamar. Jika Anda berencana untuk keluar rumah atau menutup kantor. Pastikan keduanya sudah dalam kondisi off tidak dibiarkan on terus menerus.

  1. Gunakan setrika otomatis

Di Indonesia menemukan setrika otomatis merupakan hal yang mudah. Setiap brand umumnya menawarkan beberapa setrika otomatis yang bisa Anda gunakan sehari-hari. Setrika otomatis memiliki pengaturan fungsi yang unik dan memungkinkan daya listrik menurun ketika suhu panas.

Pilih jenis setrika otomatis yang telah difasilitasi dengan fitur lengkap. Sehingga penggunaan daya token listrik tidak akan melonjak mengingat setrika digunakan maksimal sepekan sekali.

  1. Gunakan lampu LED

Sebelum mengunjungi situs atau membuka aplikasi tertentu untuk cek tagihan listrik. Ubah terlebih dahulu seluruh lampu yang digunakan di rumah atau kantor dengan lampu LED. Lampu ini jauh lebih ramah lingkungan dan lebih hemat daripada lambu biasa. Sama seperti membeli setrika atau alat penghemat token listrik, pilih pula lampu LED yang berkualitas terbaik. Tanyakan kelebihan dan kelemahan produknya sebelum membeli.

  1. Hindari penggunaan pengering  pakaian

Selesai mencuci pakaian menggunakan mesin cuci biasanya Anda tertarik memakai pengering pakaian. Padahal pengering pakaian hanya akan menambah nominal tagihan listrik Anda. Bila musim panas, kurangi atau hilangkan kebiasaan menggunakan pengering pakaian. Biarkan pakaian Anda kering sempurna secara manual.

  1. Pilih laptop daripada perangkat komputer

Tips ini cocok dilakukan untuk perkantoran. Alih-alih memberikan fasilitas komputer, Anda bisa menyediakan laptop. Daya yang dibutuhkan untuk charger laptop jauh lebih sedikit daripada sambungan listrik ke PC. Harga laptop juga tidak kalah terjangkau dari seperangkat komputer lengkap. Anda cukup pilih laptop yang berkualitas dengan instalasi software terlengkap.

Dari delapan cara menghemat listrik token yang disebutkan di atas, mana yang sudah Anda terapkan?