Resep Dan Cara Membuat Kacang Bawang Tanpa Santan Cemilan Jadul Yang Gurih

Sedang mencari inspirasi tentang resep cara membuat kacang bawang tanpa santan yang enak, gurih dan lezat ? Cara membuatnya memanglah gampang. Tetapi Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Kacang bawang gurih tanpa santan yang enak seharusnya mempunyai aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Penasaran dengan resepnya ? Tetapi sebelum masuk ke resep saya akan mengulas sedikit tentang kacang bawang

Kacang Bawang

Cara Membuat Kacang Bawang Tanpa Santan
Cara Membuat Kacang Bawang Tanpa Santan

Kacang bawang merupakan salah satu dari kue bawang yang cukup banyak digemari di segala kalangan usia. Anda dapat membuat kacang bawang renyah untuk suguhan tamu saat Idulfitri nanti.  Bahan untuk membuat kacang bawang cukup sederhana dan mudah untuk didapatkan. Bahannya hanya kacang tanah kupas dan bawang putih.

Kacang ini dimasak dengan cara digoreng dan dicampur dengan bawang goreng serta irisan daun jeruk yang sudah digoreng. Rasanya sangat gurih dan renyah. Aroma khas bawang putih goreng dan daun jeruk membuat aromanya semakin harum dan enak.

Tak hanya rasanya yang enak dan gurih saja, kacang bawang ternyata juga bisa menjadi sumber protein nabati untuk menjaga kesehatan tubuh. Kacang tanah juga mengandung serat dan magnesium yang dapat mencegah berbagai macam penyakit, seperti jantung dan stroke.

Dari kandungan gizi tersebut, apakah kalian penasaran dengan cara membuat kacang bawang untuk hidangan lebaran? Cara membuat kacang bawang bisa kalian tempuh sendiri dirumah dengan mudah.

Berikut ini terdapat resep membuat kacang bawang tanpa santan yang bisa kalian ikuti dirumah. Simak baik – baik resep dan cara membuatnya ya

Cara Membuat Kacang Bawang Tanpa Santan

Bahan – Bahan :

  • 1 kg kacang tanah
  • Bawang putih goreng
  • Daun jeruk goreng
  • 200gr margarin
  • 3 sendok teh kaldu jamur / royco

Cara Memasak Kacang Bawang : 

  1. Cuci bersih kacang tanah kupas lalu tiriskan minimal 1 jam, hingga kacang benar – benar kesat
  2. Siapkan wajan
  3. Masukkan kacang yang sudah ditiriskan tersebut
  4. Tambahkan 200gr margarin
  5. Nyalakan api kecil dan goreng kacang seperti disangrai sambil terus diaduk agar matang merata
  6. Jika sudah berwarna kuning kecoklatan, matikan api kompor lalau angkat dan pindahkan ke wadah lain
  7. Segi panas tambahkan 3 sendok teh kaldu jamur / royco
  8. Aduk hingga merata
  9. Selanjutnya bawang putih goreng yang sudah disiapkan, lalu aduk
  10. Kemudian tambahkan daun jeruk kering, lalu aduk hingga tercampur rata
  11. Pindahkan ke wadah yang lebih ceper, biarkan hingga dingin minimal selama 1 1/2 jam
  12. Jika kacang sudah dingin dengan sendirinya maka minyak dan margarin akan diserap oleh kacang dengan sendirinnya sehingga kacang akan kering dan tampilan akan bebas minyak dan kesat.

Nah itulah resep kacang bawang tanpa santan yang bisa anda ikuti  di rumah. Mudah sekali kan. Bahan – bahanya pun mudah sekali di jangkau dan tentunya harganya sangat ekonomis dong.

Simpan kacang bawang ke dalam toples kedap udara agar bisa tahan lama. Masukkan kacang bawang ke dalam toples ketika sudah dingin. Jangan masukkan kacang bawang ke dalam toples saat masih panas. Karena akan membuat kacang bawang mudah mlempem ( tidak gurih ) sehingga mudah berjamur atau basi.

Cemilan tersebut tentunya sangat aman sekali di konsumsi anak – anak. Karena tidak mengandung pengawet ataupun zat kimia berbahaya lainya. Cemilan ini murni 100% dibuat dari bahan – bahan yang alami. Pastinya mengandung manfaat serta sangat aman untuk di konsumsi.

Hanya saja bagi kalian yang alergi makan kacang yang berlebih. Sebaiknya batasi saat mengemil  kacang, jangan terlalu banyak.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi anda untuk menyiapkan cemilan yang sehat dirumah. Jangan lupa untuk segera memprakteka resep dan cara membuat kacang bawang tanpa santan tersebut dirumah. Selamat mencobanya dan pastikan anda mengikuti langkah – langkah tersebut dengan benar semoga berhasil.