Fitur Beserta Teknologi dari Mobil Toyota Raize

Fitur Beserta Teknologi dari Mobil Toyota Raize – Toyota Raize yang diluncurkan di Indonesia menggunakan konsep Daihatsu New Global Architecture (DNGA) Daihatsu DN Trec Concept, akan tetapi desain interior tetap menggunakan konsep Toyota.Toyota Rize resmi diluncurkan ke pasar Indonesia. Meningkatnya kebutuhan konsumen di segmen mobil Sport Utility Vehicle (SUV) menjadi salah satu alasan PT Toyota Astra Motor (TAM) memboyong kendaraan yang berkaasitas  5 penumpang ini ke Tanah Air.

Toyota Raize selalu menghadirkan produk yang tidak hanya sesuai dengan kebutuhan masyarakat tetapi juga inovatif. Dimana fitur unggulan terbaru dari Toyota Raize sendiri bernama Toyota Safety Sense.

Fitur dan Teknologi Toyota Raize

Fitur TTS pertama kali ada pada mobil toyota dimana harganya di bawah Rp. 300 juta. Fitur Toyota Safety Sense pada keluaran mobil-mobil sebelumnya hanya terdapat pada mobil Alphard, Corolla Altis, dan Camry. Fitur yang setara Toyota Safety Sense hanya akan ditemukan pada mobil Raize. Oleh karena itu, SUV pantas untuk disebut terbaik pada kelasnya.

Dengan diberikannnya fitur TSS pada mobil raize, Toyota memberikan keamanan pada pengemudi untuk memantau kondisi sekitar mobil sehingga dijauhkan dari potensi bahaya dengan cara sigap untuk memberikan peringatan kepada pengguna mobil..

Pre-Consillion System

Dari 4 sistem yang terpasang di TSS, semuanya mampu memberikan peringatan dini kepada pengemudi. Instruksi yang diberikan oleh sistem TSS dapat berupa notifikasi pada layar panel instrumen, atau berupa suara agar pengemudi mengetahui adanya bahaya.

Hal yang hebat adalah bahwa peringatan yang bekerja melalui sensor ini tidak hanya terjadi pada satu saat yang berbahaya. Fitur TSS juga dapat mengamankan pengemudi dari masalah orang yang sedang melakukan penyebrangan jalan atau pejalan kaki yang berasal dari arah yang berlawanan.

Lane Departure Alert

Fitur selanjutnya di TSS adalah Lane Departure Alert yang mengamati garis marka jalan. Pengemudi akan mendapatkan peringatan ketika sensor laser mendeteksi pengemudi yang tidak sengaja keluar dari jalur. Sampai mobil tetap di jalurnya dan saat pengemudi tertidur juga terjaga karena sensor ini. Kecuali jika memang ingin berpindah jalur, Anda harus menggunakan lampu sein terlebih dahulu.

Automatic High-beam

Ketika mengemud pada malah hari, maka potensi bahaya yang dihasilkaan lebih besar daripada mengemudi pada malam hari. Oleh karena itu, Toyota memberikan fitur Automatic High-beam pada TSS.

Ketika cahaya dalam keadaan rendah maka fitur daripada TSS akan bekerja, fitur akan bekerja pada malam hari. Sehingga sistem akan mengubah pencahayaan dari  lampu dekat menjadi high beam lampu jauh. Bantuan Tanda Jalan

Bertujuan untuk mengantisipasi kecelakaan akibat cahaya silau, sensor pada TSS akan otomatis beralih ke low beam. Mobil yang menggunakan lampu dengan fitur TSS tidak akan mengganggu kendaraan lain sehingga mobil lain tidak akan silau oleh lampu mobil.

Patuhi Rambu Lalu Lintas

TDD bekerja melalui sensor laser, dimana fitur ini dapat berfungsi untuk membaca lalu lintas. Dengan ditambahkan fitur Road Sign Assist, maka rambu lalu lintas dapat ditampilkan pada layar panel instrumen oleh sensor laser.

Sehingga jika pengemudi tidak melihat, fitur ini memperingatkan larangan atau batas kecepatan di jalan. Dengan adanya fitur ini, diharapkan pengguna  mobil akan patuh terhadap rambu lalu lintas ketika sedang melakukan perjalanan.

Pada keadaan darurat atau berbahaya yang dideteksi menurut sistem, maka sistem akan aktif dan melakukan pencegahan kecelakaan dengan melakukan pergerakan otomatis berdasarkan sistem seperti melakukan pengereman mendadak guna mencegah kecelakaan dan juga memutar setir. Toyota Safety Sense memiliki beberapa fitur yang berfungsi untuk memberikan perlindungan yang sangat tinggi untuk penumpang Raize maupun pengemudi Raize.

Fitur-fitur tersebut adalah Pre-Collision System, Adaptive Cruise Control, Lane Departure Alert dengan Steering Control, Rear Cross Traffic Alert & Blind Spot Monitor dan Pedal Missoperation Control.

Semuanya rata-rata bekerja menggunakan teknologi berbasis radar. Dibagian depan mobil terdapat sensor radar yang berguna untuk membaca kondisi jalan, kondisi marka jalan, dan juga untuk mengetahui jarak aman dari kendaraan yang berada didepan.

Ekstra Aman Berkat Dukungan 6 Airbag

Raize 1.0T GR Sport TSS merupakan tipe tertinggi pada keluaran Raize yang dilengkapi dengan tingkat keamanan yang terbilang cukup tinggi hal ini dikarenakan terdapat 6 airbag yang dipasang pada setiap sisi pengemudi, bagian penumpang depan dan juga bagian samping di bagian tirai. Raize tipe lain juga masih memiliki 2 airbag yang berada pada bagian depan yaitu bagian pengemudi dan penumpang depan.

Demikian ulasan tentang fitur beserta teknologi dari mobil toyota raize, semoga bermanfaat.