Tinjauan Konseptual Kolaborasi Perguruan Tinggi dan Perusahaan

Kolaborasi Perguruan Tinggi dan Perusahaan merupakan hal yang umum saat ini. Ada banyak tujuan dari konsep kolaborasi kerjasama perguruan tinggi dengan perusahaan. Tujuan tersebut tentunya memiliki sisi masing masing mulai dari sisi perguruan tinggi dan juga perusahaan. Nah, hal ini juga bisa menjadi pertimbangan untuk kamu turut bergabung di Politeknik Banyuwangi.

Kerjasama penelitian, termasuk penelitian dasar dan terapan

Tujuan yang pertama adalah adanya kerjasama di bidang penelitian. Hal ini penting karena dalam persaingan bisnis, perusahaan juga memerlukan adanya pengembangan dan perguruan tinggi bisa menjadi salah satu upaya untuk pengembangan tersbeut melalui penelitian dasar maupun juga penerapan yang juga umumnya didanai oleh perusahaan.

Pengembangan inisiatif bersama untuk memperkuat daya kerja lulusan

Adanya kerjasama perguruan tinggi dengan perusahaan nantinya juga akan meningkatkan kualitas lulusan. Oleh karena itulah, bidang kerjasama ini perlu dilirik sebelum kamu bergabung dengan Politeknik Banyuwangi.

Kerjasama kurikuler melalui program studi bersama

Selain dalam dua bidang di atas, kerjasama perguruan tinggi dengan perusahaan lain juga bisa dilakukan adalah kerjasama kurikuler melalui program studi bersama. Bahkan seringkali ada juga kuliah umum yang diberikan oleh perwakilan perusahaan. Hal ini penting untuk membangun pemahaman pasar yang mungkin masih terbatas bagi perguruan tinggi.

Magang di perusahaan dan program pelatihan selama dan setelah lulus

Hal inilah yang perku dilirik mengapa perlu bergabung dengan perguruan tinggi yang memiliki kerjasama dengan perusahaan. Karena hasil kolaborasi perusahaan dengan perguruan tinggi ini akan memberikan dampak positif untuk mahasiswa baik dalam meningkatkan pengalaman maupun menyusun CV mereka.

Selain 4 hal diatas, ada juga konsep kolaborasi perusahaan dan perguruan tinggi yang mungkin terjadi seperti:

1.       Pendanaan kursi/profesor oleh industri

2.       Perguruan tinggi swasta yang didanai oleh industri dan sektor publik

3.       Kegiatan umum untuk meningkatkan minat siswa pada lebih terapan dan/atau berorientasi teknologi

Itulah tinjauan konseptual kerjasama perguruan tinggi dengan perusahaan yang semoga bisa menjadi salah satu pertimbangan untuk bergabung dengan PBM Politeknik Banyuwangi sebagai Politeknik Negeri terbaik di tanah air dengan berbagai program kerjasama dengan perusahaannya.