Yuk Ketahui Bagaimana Proses Pembuatan Kertas Secara Singkat

Tahukah kamu bagaimana proses pembuatan kertas secara singkat? Salah satu benda yang memiliki peranan penting dalam kehidupan bahkan perkembangan peradaban manusia adalah kertas. Banyak sekali manfaat yang bisa dirasakan manusia sejak ditemukannya kertas. Tidak hanya untuk pendidikan, tetapi juga untuk berbagai aspek kehidupan lainnya.

Hampir setiap produk atau barang yang digunakan mengandung sedikit kertas. Pakaian biasanya berlabel terbuat dari kertas, tas belanjaan dari supermarket juga terbuat dari kertas, dan masih banyak lagi. Sayangnya saat ini banyak sekali jenis kertas yang membutuhkan waktu lama untuk di daur ulang.

Apa Saja Manfaat Kertas? Yuk Simak

Kehadiran kertas ternyata memberikan pengaruh yang luar biasa bagi peradaban manusia. Seiring waktu penggunaan kertas telah berubah dan lebih inovatif. Meskipun pada awalnya kertas hanya sebatas media untuk menulis, kini berbagai bidang kehidupan telah menggunakan kertas lebih dari itu.

Berikut ini adalah beberapa bentuk penggunaan kertas oleh manusia saat ini.

  1. Media tulis. Manfaat ini paling banyak ditemukan saat ini terbukti dengan adanya buku catatan dan catatan.
  2. Media Cetak. Kertas juga digunakan untuk memproduksi bahan bacaan bagi manusia, seperti percetakan koran, majalah, tabloid, tesis, novel, komik, dan buku bacaan.
  3. Media Pendidikan. Penggunaan kertas juga paling banyak digunakan sebagai media pendidikan di pusat-pusat pendidikan seperti sekolah dan universitas. Contohnya adalah buku teks dan bahan seminar.
  4. Bahan Mainan. Lahirnya bidang-bidang baru seperti origami juga menambah manfaat kertas, yaitu dijadikan sebagai bahan pembuatan perahu kertas, pesawat terbang, dan bunga.
  5. Surat. Dewasa ini, alat bukti yang dikenal dengan istilah hitam putih sangat dibutuhkan untuk kegiatan surat menyurat seperti surat menyurat, nota pembayaran, kwitansi belanja, piagam, dan sertifikat.
  6. Alat Pembungkus. Kertas juga digunakan sebagai bahan pembungkus mulai dari pembungkus buku, makanan, kado, hingga kebutuhan lainnya.
  7. Bahan Jerami. Inovasi menghadirkan cara baru mencintai alam yaitu mengganti sedotan plastik dengan kertas, karena lebih ramah lingkungan.
  8. Hiasan Dinding. Ada banyak dinding yang terbuat dari kertas seperti wallpaper, kalender, dan foto.
  9. Bahan Pelindung. Saat ini kertas juga sudah dicetak dalam bentuk yang tebal sehingga memungkinkan untuk digunakan sebagai bahan pelindung seperti karton yang digunakan untuk mengirim barang.
  10. Pemasaran Media. Teksturnya yang ringan dan mudah dibawa membuat kertas cocok untuk media pemasaran seperti pembuatan brosur, pamflet, dan booklet.

Baca Juga : Jual Mesin Penghancur Kertas Terbaru 2021

Yuk Simak Beberapa Bahan Baku Kertas !

Sejak zaman dahulu, kertas telah diproduksi sebagai hasil olahan bahan yang diperoleh dari alam. Hal tersebut masih mempengaruhi produksi kertas hingga saat ini. Meski begitu, sudah banyak inovasi untuk menghasilkan kertas.

Berikut ini adalah daftar bahan baku pembuatan kertas, antara lain:

1. Kayu

Jenis kayu yang digunakan sebagai bahan baku pembuatan kertas umumnya kayu akasia dan kayu sengon. Kedua jenis kayu tersebut memiliki kandungan serat yang tinggi dan minim air, sehingga cocok untuk diolah menjadi kertas. Oleh karena itu, dibuatlah Hutan Tanaman Industri untuk menanam pohon ini untuk kebutuhan industri.

Kayu sengon dan kayu akasia kemudian diolah menjadi bubur kertas atau yang dikenal dengan pulp. Produk olahan tersebut kemudian diolah kembali menjadi kertas. Biasanya pulp juga ditambahkan dengan beberapa jenis komposisi lain jika ingin menghasilkan jenis kertas yang berbeda.

2. Bambu

Penggunaan bambu sebagai bahan baku kertas banyak dilakukan oleh penduduk di kawasan Asia, terutama China, Jepang, dan Korea. Karena ketiga negara ini memiliki produksi bambu yang sangat tinggi. Belum lagi fakta bahwa kertas dari bambu harganya relatif lebih murah dibandingkan bahan lainnya.

3. Papirus

Pohon papirus tumbuh subur, sehingga sering ditemukan di Mesir. Karena itu, kebanyakan kertas Mesir terbuat dari papirus. Hanya saja untuk menghasilkan kertas yang berkualitas, diperlukan juga papirus yang berkualitas. Sayangnya jenis ini cukup sulit ditemukan, sehingga harganya cenderung lebih mahal.

4. Kulit Hewan

Bukan hanya tumbuhan saja yang bisa dijadikan bahan baku pembuatan kertas. Hewan juga bisa menjadi alternatif lain yang cukup bagus. Dalam hal ini, kulit domba yang digunakan, karena memiliki tekstur yang kering. Kertas dari bahan baku ini banyak digunakan di kalangan kerajaan.

Proses Pembuatan Kertas Secara Singkat

proses pembuatan kertas secara singkat

Pada awal sejarah perkembangan kertas, proses pembuatan media tulis tidak disebarluaskan secara luas, karena statusnya sebagai barang mewah.

Namun saat ini sudah banyak ditemukan industri kertas. Proses pembuatannya sudah bukan rahasia lagi, bahkan sudah banyak diajarkan khususnya kepada mahasiswa untuk membuat kertas daur ulang.

Proses pembuatan kertas pada umumnya harus melalui tiga tahap sebelum akhirnya terlihat banyak beredar di pasaran. Tahap pertama adalah pembuatan pulp atau bubur kertas, kemudian dilanjutkan proses pembuatan kertas, dan terakhir tahap finishing. Tahapannya adalah sebagai berikut.

1. Pembuatan Pulp | Proses Pembuatan Kertas

Proses ini merupakan tahap awal pembuatan kertas, dimulai dari pemilihan bahan baku hingga akhirnya menghasilkan bubur kertas atau lebih dikenal dengan pulp.

Berikut ini adalah langkah-langkah pembuatan pulp.

  1. Pohon di Hutan Tanaman Industri yang kayunya digunakan sebagai bahan baku kertas ditebang.
  2. Kayu pohon tersebut kemudian dipotong kecil-kecil yang disebut batang kayu. Log ini harus disimpan di tempat penampungan khusus terlebih dahulu sampai teksturnya agak lunak. Biasanya memakan waktu sekitar tiga bulan.
  3. Log lunak memasuki tahap penghilangan kulit atau dikenal sebagai de-barker dengan bantuan mesin.
  4. Log dipotong lagi menjadi potongan yang jauh lebih kecil menggunakan mesin chipping. Kurang lebih ukurannya sama dengan chip.
  5. Chip dibagi menjadi dua bagian. Keripik yang ukurannya memenuhi standar dapat dilanjutkan ke tahap selanjutnya dan keripik dengan ukuran yang tidak memenuhi standar akan diproses ulang.
  6. Keripik dimasak dalam digester hingga menjadi bubur dengan menggunakan metode Chemical Process atau Mechanical Pulping Process. Selama proses ini serat kayu akan terpisah dari adonan pulp.

2. Pembuatan Kertas| Proses Pembuatan Kertas

Pulp yang dihasilkan pada tahap sebelumnya masih harus melalui serangkaian proses lagi untuk benar-benar menjadi kertas. Tahap ini menggunakan banyak tenaga mesin.

Berikut langkah-langkahnya, antara lain:

  1. Pulp masuk ke tahap pengolahan menggunakan mesin cetak di bagian persiapan stok. Pada tahap ini, pulp ditambahkan dengan berbagai komposisi seperti air, bahan kimia, bahan retensi, pewarna atau pewarna kertas, serta filter yang mengisi pori-pori pada serat kayu. Hasil akhir dari tahap ini disebut stok.
  2. Stok dibersihkan menggunakan pembersih mesin.
  3. Setelah dibersihkan stock dimasukkan ke dalam Headbox yang merupakan tempat dibentuknya lembaran-lembaran kertas.
  4. Tahap pembentukan lembaran kertas juga merupakan proses dewatering atau penghilangan air dari stock. Oleh karena itu, mesin Headbox diletakkan di atas Fourdinier Table yang berfungsi untuk membuang air. Hasil akhir dari kedua proses ini adalah kertas basah yang disebut web dengan densitas 20%.
  5. Jaring diumpankan ke mesin Press Part tepat di antara dua gulungan yang berputar untuk mengembalikan air jika ada yang tersisa hingga kerapatan kertas 50%. Agar proses pelepasan berjalan lancar di bagian atas gulungan, tekanan diterapkan.
  6. Jaring masuk ke tahap pengeringan menggunakan pengering. Saat memasuki tahap ini, kadar air dalam kertas paling banyak 6%.

3. Penyelesaian

Pada tahap finishing kertas dibungkus dengan gulungan besar atau disebut gulungan kertas. Selanjutnya hasil gulungan tersebut dipadatkan kembali menggunakan Metal Rollers atau Calendar. Hasil akhir kertas kemudian disesuaikan dengan kebutuhan seperti GSM, kertas buram, atau kotak.

Macam Macam Kertas

Ada banyak macam macam kertas yang bisa ditemukan di pasaran. Mulai dari variasi warna, ketebalan, kegunaan, dan lain sebagainya. Berikut ini adalah beberapa macam macam kertas dan fungsinya yang sering digunakan dalam kehidupan manusia.

1. HVS | Proses Pembuatan Kertas Secara Singkat

Biasanya kertas ini digunakan untuk pekerjaan kantoran, seperti surat, fotokopi, dan media cetak printer. Ciri khas kertas HVS adalah permukaannya agak kasar dan berwarna putih. Selain bagus untuk mencetak, media ini juga cocok untuk menulis menggunakan pulpen atau pulpen dengan gramasi yang paling umum digunakan 80 gsm dan 100 gsm.

2. Kalkir

Jenis kertas ini umumnya digunakan untuk media sablon. Warnanya tidak terlalu putih dan cenderung gelap serta terlihat transparan seperti kertas tumpah minyak.

3. Dupleks

Kertas dupleks memiliki dua sisi kosong, yaitu sisi depan berwarna putih dan sisi belakang berwarna abu-abu atau agak gelap. Umumnya digunakan untuk kotak makanan dengan gramasi 250 gr, 270 gr, 310 gr, 350 gr, dan 400 gr.

4. Kertas Art atau Kertas Matt

Permukaan kertas ini halus dan mengkilap, biasanya putih dan warna terang lainnya untuk keperluan pencetakan foto. Kertas ini tidak cocok untuk media tulis tetapi cocok untuk tinta printer. Umumnya digunakan untuk sampul buku, majalah, dan undangan atau kalender. Gram kertas seni umumnya 5 gram, 100 gram, 115 gram, 120 gram, dan 150 gram.

5. Art Karton

Jenisnya masih mirip art paper, hanya saja gramaturnya lebih besar. Biasanya kertas ini digunakan untuk katalog, kartu nama, brosur dan produk percetakan lainnya yang membutuhkan kertas tebal. Gramnya adalah 190 gr, 230 gr, 260 gr, 310 gr, dan 360 gr.

6. Ivory

Tekstur kertas jenis ini hampir seperti art carton, namun hanya satu sisi yang licin dan bagian lainnya tidak dilapisi. Produk yang menggunakan jenis kertas ini adalah paper bag, kotak kosmetik, poster, buku agenda, dan paper tray. Gram kertas gading yang sering digunakan adalah 10 gr, 230 gr, 250 gr, 310 gr, dan 400 gr.

7. Gelombang atau Bergelombang

Ciri khas tulisan ini adalah adanya gelombang di tengahnya. Ketebalannya cukup tinggi dengan warna coklat dan terlihat redup.

8. Linen Jepang | Proses Pembuatan Kertas Secara Singkat

Jenis kertas ini memiliki tekstur yang cukup tebal dan memiliki banyak variasi warna. Tata bahasanya cukup tinggi yaitu 220 gram dan 250 gram sehingga cocok untuk sampul buku, agenda dan catatan.

9. Jasmine

Biasanya jenis ini digunakan untuk kartu undangan. Tulisan ini menampilkan kesan yang cukup mewah dengan butiran glitter.

10. Kertas Fancy

Jenis ini memiliki banyak pilihan warna dan karakteristik, seperti kertas fancy plain, kertas fancy bertekstur, dan kertas fancy vanguard.

11. Stiker Vinil

Vinyl merupakan produk sintetis dengan karakteristik licin, halus, mengkilat, fleksibel dan memiliki lem pada bagian belakangnya. Kekuatannya juga cukup baik dan tidak mudah sobek atau terkikis oleh hujan, sehingga sering digunakan untuk stiker di motor, mobil, helm dan lain sebagainya.

12. Asturo

Kertas ini memiliki warna pada setiap sisinya, biasanya satu sisi berwarna putih dan sisi lainnya berwarna berbeda. Warna bisa solid atau gradasi yang biasanya digunakan untuk penjilidan buku, kerajinan tangan, majalah dinding dan lain-lain.