Cara Mengembak Biakkan Tanaman Monstera!

Tanaman janda bolong atau monstera deliciosa sedang menjadi tren yang hits di Indonesia ditambah lagi dengan harga yang ditawarkan untuk tanaman ini yang bisa mencapai angka 100 juta dan setiap lembar daunnya mencapai angka 15 juta. Beruntungnya tanaman janda bolong ini termasuk tanaman yang gampang untuk dikembang biakkan.

Monstera ini merupakan tanaman yang berasal dari hutan tropis di Amerika Tengah sampai Amerika Utara dengan penyebaran dari Meksiko sampai Panama, wah jauh juga ya tempat asal tanaman ini dan wilayah penyebarannya.

Berdasarkan karakteristik janda bolong yang mudah merambat ini lah yang membuatnya gampang untuk dikembang biakkan, kamu bisa lho memperbanyak daun janda bolong ini dengan mudah, yaitu dengan 3 cara.

  1. Membuat tempat merambat untuk tanaman janda bolong
  2. Menaruh tanaman janda bolong berada pada tempat yang tidak terkena matahari langsung karena akan membuat tanaman menjadi terbakar
  3. Potong 20 cm bagian batang janda bolong lalu tanamkan batang tersebut pada media tanah yang baru.

Aplikasi Rekomendasi Saham

Tanaman janda bolong ini juga selain mudah dikembang biakkan, juga mudah untuk dirawat karena tanaman ini dapat tumbuh pada kondisi kurang cahaya bahkan pada ruangan yang ber AC. Monstera juga tahan terhadap hama dan penyakit serta pemupukannya bisa dilakukan selama sebulan sekali. 

Walaupun memiliki banyak kemudahan, tanaman janda bolong ini juga memiliki kekurangan yaitu pada bagian getah atau cairannya yang mengandung trichoschiereida ini ternyata dapat menyebabkan iritasi pada kulit, selain itu buah yang masih muda pada tanaman ini bersifat racun dan tidak dapat dimakan tetapi ketika buah monstera telah matang, buah tersebut dapat dikonsumsi dan terkenal sebagai sumber nutrisi yang mengandung vitamin C dan kalium yang baik untuk membantu menstabilkan darah, mencegah kerusakan pada ginjal, stroke sampai penyakit jantung.

Simak artikel terkait tanaman hias [4 Kesalahan Umum Merawat Tanaman Hias yang Wajib Kamu Ketahui!]