Cara Perawatan AC Agar Tetap Dingin dan Tidak Mudah Rusak

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Agar AC yang kita miliki dapat selalu berfungsi dengan baik, maka kita perlu mengetahui cara perawatan AC yang baik dan benar.

Perawatan yang rutin dapat memperpanjang umur AC. Selain itu kita  juga tidak perlu gonta ganti ataupun mengeluarkan biaya untuk servis. AC yang berfungsi dengan baik akan tetap membuat kita nyaman.

Cara Perawatan AC agar Tetap Dingin dan Awet

Selain mudah, perawatan AC sebenarnya juga dapat dilakukan secara mandiri. Berikut adalah tips merawat AC yang bisa Anda lakukan di rumah

Membersihkan Kumparan Kondensor AC

Bagian kumparan seringkali tertutup oleh debu. Minimal satu kali setahun Anda harus membersihkannya.

Bila kumparan tertutup oleh debu, maka kemampuan AC untuk menyerap panas juga akan berkurang. Hal ini menjadi penyebab AC kelebihan beban dan dapat menimbulkan hubungan pendek arus listrik.

Periksa Termostat

Bila hendak memastikan AC dapat berfungsi dengan baik dan menjaga suhu ruangan tetap stabil, maka Anda perlu memeriksa pada bagian pengaturan suhu. Jangan biarkan AC menyala lebih dari 5 jam. Saat sedang tidak digunakan lebih baik dimatikan saja.

Cek Kipas 

Kipas AC biasanya dipasang di atas unit kondensator bagian outdoor. Anda hanya perlu memastikan kipas dalam kondisi yang masih bagus. Bila ditemukan pisau kipas sudah rusak atau pecah barulah Anda perlu menggantinya.

Bersihkan Filter AC

Aliran udara dalam AC dapat terhalang karena debu yang menumpuk dan menyumbat permukaan evaporator. Hal ini dapat menyebabkan AC tidak berfungsi dengan baik dan cepat rusak.  Bersihkan filter udara minimal 2 minggu sekali agar AC tetap panjang umur dan dapat bekerja maksimal.

Hindari Pengaturan Suhu di Bawah 22˚C

Pengaturan suhu AC dibawah 22˚ akan membuat mesin cepat panas. Suhu di bawah 22˚ akan membuat kompresor bekerja maksimal.

Mengingat iklim panas di Indonesia sehingga tidak memungkinkan kompresor mencapai suhu pada titik di bawah 22˚C. Bila hal ini berlangsung terus menerus maka akan memperpendek umur AC.

Cara perawatan AC agar tetap dingin dan tidak mudah rusak memang dapat dilakukan secara mandiri. Namun alangkah baiknya bila kita membuat jadwal untuk menggunakan jasa service tukang AC rutin 3 bulan sekali. Hal ini untuk memastikan AC awet dan selalu berfungsi optimal. Tempat membeli AC dan juga merk yang dipilih juga bisa mempengaruhi awet atau tidaknya AC. Pastikan anda membeli AC yang tepat di tempat Jual AC murah terpercaya.