3 Madu Asli Indonesia Yang Banyak Manfaatnya

Madurasa-Madu merupakan bahan makanan alami dari nektar tumbuhan yang dihasilkan oleh lebah madu. Mengingat tersedia banyak sekali tumbuhan yang sanggup jadi sumber nektar, jenis madu yang sanggup Anda temui di pasaran termasuk benar-benar beragam.

Karena tidak sama asal, keunikan dan manfaat madu termasuk berbeda-beda tergantung jenisnya. Apa saja perbedaan di didalam ciri khas, manfaat, dan keunggulan produk-produk madu ini?

Jenis-jenis madu yang kondang di Indonesia
Berikut macam-macam madu yang kebanyakan sanggup Anda temui di pasaran.

 

Madu Manuka
Madu Manuka merupakan jenis madu yang berasal dari Australia dan Selandia Baru. Warna madu ini gelap kecokelatan dan rasanya agak manis dan sedikit pahit.
Jenis madu ini dibikin oleh lebah yang menyerbuki tumbuhan Leptospermum scoparium.

Sejak dulu, madu Manuka sudah jadi obat herbal untuk mengatasi infeksi dan luka berkat pembawaan antibakterinya yang benar-benar kuat.

Pada sebuah belajar di didalam jurnal Frontiers in Microbiology, jenis madu ini terbukti ampuh melawan puluhan jenis bakteri.

Berikut sebagian misal bakteri yang lemah pada madu Manuka.

Streptococcus aureus penyebab infeksi kulit, jerawat, dan bisul.
Helicobacter pylori penyebab infeksi lambung dan tukak lambung.
Enterococcus penyebab infeksi saluran kemih dan infeksi pada luka.
Escherichia coli penyebab infeksi lazim pada tubuh.

Anda bisa mengkonsumsi segera madu Manuka atau mengoleskan madu pada kulit bermasalah.

Produk ini aman bagi kebanyakan orang, tapi pasien diabetes sebaiknya berkonsultasi dahulu kepada dokter sebelum saat dapat mengonsumsinya.

 

Madu hutan
Madu hutan (madu mentah) merupakan jenis madu yang berasal dari habitat alami lebah di hutan, bukan peternakan.

Lebah penghasil madu ini kebanyakan berasal dari spesies Apis dorsata, yaitu lebah liar yang hidup di didalam sarang-sarang alami di hutan.

Berbeda bersama madu Manuka, madu hutan asli mempunyai mutu baik mempunyai warna yang cerah dan tidak keruh.

Rasanya pun tidak semanis madu peternakan, tapi lebih kaya rasa dan cenderung asam tergantung tumbuhan yang jadi asal nektar.

Manfaat madu hutan pun beragam, menjadi dari menangkal infeksi bakteri dan jamur, menolong penyembuhan luka, hingga meredakan sakit tenggorokan.

Sebagai prebiotik, jenis madu ini termasuk menolong perkembangan bakteri baik dan memelihara kekebalan tubuh.

 

Madu akasia
Madu akasia, atau madu belalang, berasal dari nektar bunga Robinia pseudoacacia.
Warna madu akasia cerah atau nyaris transparan, bersama rasa manis yang mengingatkan pada vanila. Dibandingkan jenis madu lainnya, madu akasia cenderung lebih tahan lama. Produk ini mempunyai kandungan glukosa, fruktosa, sukrosa, dan termasuk zat gizi mikro berupa vitamin C dan magnesium. Ada pula kandungan antioksidan berupa flavonoid dan beta karoten, dan termasuk zat antibakteri yang sanggup menolong tubuh melawan infeksi. Anda sanggup memakai madu akasia sebagai pemanis alami atau mengonsumsinya secara langsung. Jenis madu ini aman bagi sebagian besar orang, jikalau bayi di bawah satu th. dan mereka yang alergi pada madu.

Madu dibikin oleh lebah bersama produksi nektar dari tanaman berbunga memakai enzim yang terkandung di didalam liurnya. Karena sifatnya yang manis alami, madu kerap dijadikan sebagai pengganti gula yang lebih sehat. fungsi menyehatkan dari madu termasuk kerap membawa dampak cairan kental kuning ini dijadikan obat penyembuh beragam masalah kesegaran hingga perawatan kecantikan.