Alasam Kenapa Kamu Wajib Menguasai Bahasa Inggris di Era Digital Sekarang

“Mengutamakan bahasa Indonesia, melestarikan bahasa daerah, dan menguasai bahasa asing”

Kutipan di atas merupakan slogan yang digunakan oleh Badan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk tingkatkan minat penduduk mulai belajar bahasa Inggris. Selama ini pembelajaran bhs sering dipandang sebelah mata oleh masyarakat. Banyak orang beranggapan bahwa tidak mesti mempelajari bhs lebih lanjut, gara-gara bhs yang dikuasai sementara ini telah cukup untuk digunakan di dalam berkomunikasi.

Namun, ini ada yang salah, kawan!

Sesuai dengan slogan Kemendikbud di atas, tak hanya manfaatkan bhs Indonesia dan bahasa daerah yang biasa kita manfaatkan dalam kehidupan sehari-hari, kita harus menguasai bhs asing. Bahasa asing yang paling perlu untuk dikuasai pasti saja bhs Inggris yang terhitung merupakan bhs internasional. Lalu, mengapa kami mesti studi bhs Inggris? Sebenarnya ada 1001 alasan mengapa Anda mesti studi bhs Inggris di era globalisasi dan revolusi digital sementara ini.

Apa alasannya? Let’s see!

1. Mencari Pekerjaan

Alasan utama dan terutama adalah kemampuan berbahasa Inggris bisa menolong Anda sementara melacak pekerjaan. Tentu kami semua paham bahwa melacak pekerjaan semakin hari semakin sulit. Sebab, kuantitas lulusan SMA dan perguruan tinggi tidak sepadan bersama dengan lapangan pekerjaan yang tersedia.

Ketatnya kompetisi di pasar tenaga kerja menuntut Anda untuk konsisten tingkatkan mutu diri. Salah satunya adalah kemampuan berbahasa Inggris yang bisa jadi nilai jadi bagi Anda jikalau dibandingkan bersama dengan pencari kerja lainnya. Saat ini, sebagian perusahaan atau perekrut lebih-lebih menjadikan kemampuan bhs Inggris (baik lisan maupun tulisan) sebagai kriteria yang mesti dipenuhi oleh pelamar.

Penguasaan bhs Inggris terhitung mengakses peluang bagi Anda untuk melacak pekerjaan di LSM internasional layaknya Amnesty International atau organisasi internasional layaknya Sekretariat ASEAN dan PBB. Selain itu, bersama dengan menguasai bhs Inggris Anda bisa bekerja di perusahaan multinasional bersama dengan jenjang karir yang lebih paham dan fokus.

 

2. Mendaftar untuk Beasiswa

Poin ke dua ini sama pentingnya bersama dengan poin pertama, lebih-lebih bagi Anda rekan-rekan mahasiswa yang tetap berada di semester awal. Banyak beasiswa sarjana sementara ini mengharuskan pelamar miliki kemampuan bhs Inggris yang baik, layaknya XL Future Leaders dan YVDMI.

Sementara itu, untuk beasiswa pascasarjana, nyaris semua pemberi beasiswa mengimbuhkan standarisasi kemampuan bhs Inggris tertentu kepada pelamar. Untuk kepentingan beasiswa master ini, Anda lebih-lebih mesti mengesahkan kemampuan bhs Inggris Anda. Sertifikat ini bisa diperoleh bersama dengan menyelesaikan tes TOEFL, TOEIC, atau IELTS, di mana Anda mesti melebihi skor tertentu yang ditetapkan oleh penyedia beasiswa.

 

3. Liburan ke Luar Negeri

Bisakah Anda bayangkan jikalau suatu hari Anda berada di suatu area dan Anda sama sekali tidak paham bhs yang digunakan oleh penduduk setempat?

Pastinya Anda akan merasa cemas dan khawatir bukan?

Nah, di dalam perihal ini kemampuan berbahasa Inggris benar-benar berguna. Jika Anda berhasil menguasai bhs Inggris, Anda tidak mesti cemas dan khawatir ulang sementara pergi ke luar negeri. Era globalisasi layaknya saat ini ini terhitung mengakibatkan pergerakan manusia antar negara meningkat pesat. Bahkan cost traveling ke sebagian negara tetangga layaknya Singapura dan Malaysia jauh lebih tidak mahal dibandingkan traveling ke area lain di Indonesia.

Jika Anda telah miliki kemampuan bhs Inggris yang baik, Anda tidak mesti cemas untuk melaksanakan perjalanan ke luar negeri, baik untuk jalan-jalan maupun kepentingan lainnya. Hal ini gara-gara jikalau menemui kendala, Anda selamanya bisa berkomunikasi dan berharap bantuan warga atau petugas setempat.

 

4. Menggunakan Teknologi

Era digital menyatakan kemajuan teknologi yang benar-benar pesat. Banyak sekali kemajuan teknologi yang kami alami sebagian th. paling akhir ini, merasa berasal dari timbulnya komputer, internet, hingga teknologi kecerdasan buatan. Tentu Anda paham bahwa nyaris semua produk teknologi manfaatkan bhs Inggris sebagai bhs pengantar, bukan?

Meskipun ada sebagian produk teknologi yang terhitung manfaatkan bhs Indonesia, umumnya terjemahan yang dihasilkan kurang maksimal. Hal ini gara-gara banyak kata dan istilah bhs Inggris yang terdengar aneh dan sukar dimengerti jikalau diterjemahkan ke di dalam bhs Indonesia.

Sebut saja istilah layaknya ‘virtual reality’, ‘cloud’, ‘cookies’, ‘cache’, dan lain-lain. Oleh gara-gara itu, kemampuan bahasa Inggris bisa menolong Anda untuk manfaatkan dan menguasai berbagai teknologi tersebut.