Cara agar Anak Mengenal Kemajuan Teknologi!

Kebanyakan orang tua dizaman yang sudah canggih ini, ingin membesarkan buah hati mereka agar tidak gaptek, cerdas dan inovatif, walaupun eksposur teknologi yang berlebihan juga sebenarnya tidak baik untuk mereka. Bahkan CEO teknologi yaitu Steve Jobs dan Bill Gates memberikan batasan kepada anak mereka untuk tidak menggunakan teknologi terlalu sering.

Sebagai orang tua diperlukan pemahaman bahwa mempercayai anak untuk bertanggung jawab itu tidak masalah, agar anak bisa belajar dan orang tua pun juga seperti itu. Berikut tips agar anak dapat mengikuti kemudahan teknologi yaitu.

1. Kritis dan curious

Teknologi-teknologi yang dikeluarkan dengan segmentasi yang membidik anak-anak sejatinya dirancang dengan teknologi yang bertujuan untuk membuat anak-anak tersebut terpikat dan akhirnya terbiasa memainkannya. Anak-anak juga perlu diajarkan mengenai tujuan perusahaan mengapa menciptakan permainan-permainan, apakah digunakan untuk bermain sambil belajar atau hanya akan memberikan pengaruh buruk.

Simak disini aplikasi platform saham terbaik

2. Berdiskusi dengan anak

Libatkan anak kamu dalam percakapan sehari-hari, jangan sesekali menganggap mereka ini tidak penting dan tidak bisa apa-apa. Ajak dan bantulah mereka untuk menerapkan dan disiplin terhadap aturan sendiri. Penggunaan teknologi ini harus dilakukan secara bijak dan menjadi tanggung jawab bagi masing-masing individu maka dari itu peran orang tua penting agar anak tidak melakukan hal yang negatif.

3. Mengajarkan anak pada usia belia

Pada tahap ini menjadi salah satu tahap yang cukup krusial dan wajib berhati-hati, karena tahap ini orang tua diminta untuk mengajarkan secara langsung konsep teknologi.

Orang tua sebaiknya bijak memilih kata-kata yang akan digunakan ketika berbicara kepada anak sembari menjelaskan fungsi teknologi dan dampaknya pada dunia. Interpretasi yang salah didengar oleh anak-anak bisa membawa pengaruh buruk ke depannya, anak-anak juga masih belum paham mengenai konsep teknologi serta penggunaan dan manfaatnya.

Sisi baiknya adalah kamu bisa menghabiskan waktu untuk bermain bersama anak sekaligus menikmati hidup dan juga mengatur waktu.


Itulah beberapa tips yang dapat disimak ketika kamu ingin menjelaskan mengenai pentingnya dan kegunaan dari teknologi. Simak juga artikel-artikel menarik disini.