Manfaat Serta Cara Buat Cold Brew yang Mudah dan Simpel

Ingin tau manfaat serta cara buat cold brew? simak artikel tentang manfaat dan cara buat cold brew yang mudah dan simpel yang satu ini yuk…

Cold Brew

cara buat cold brew

Cold brew merupakan salah satu teknik “menyeduh” bubuk kopi hitam dengan menggunakan air dingin atau air bersuhu ruangan selama kurang lebih 12-24 jam untuk mendapatkan rasa kopi yang optimal.

Anda dapat “menyeduh” bubuk kopi hitam kesukaan Anda dengan cara merendamnya di dalam gelas dan membiarkannya terendam selama 12-24 jam dan menyaringnya menggunakan alat saring, atau bisa juga dengan menggunakan alat pembuat kopi khusus, seperti french press atau cold drip.

Teknik menyeduh dingin ini dapat menghasilkan konsentrat kopi yang cukup kental. Konsentrat kopi ini dapat langsung diminum sebagai kopi hitam tanpa basa-basi.

Atau bisa juga dengan tambahan susu, krimer, gula, atau pemanis lainnya untuk menghasilkan kreasi kopi lainnya. Misalnya seperti cappuccino.

Konsentrat kopi seduh dingin ini tetap terasa segar sampai dua minggu jika disimpan di dalam lemari es.

Manfaat Cold Brew

cara buat cold brew

Menyeduh kopi menggunakan air dingin tak hanya akan memberikan sensasi nikmat. Rasa pahit kopi juga sedikit berkurang. Selain itu, kopi cold brew juga memiliki manfaat kesehatan yang cukup banyak seperti yang disajikan di bawah ini.

1. Meningkatkan Metabolisme

Kopi yang diolah dengan cold brew memiliki manfaat untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Dari beberapa penelitian yang dilakukan, metabolisme tubuh akan meningkat hingga 13 persen jika rutin mengonsumsi kopi baik yang diolah dengan air dingin maupun diolah dengan air panas.

Peningkatan metabolisme ini bisa terjadi karena kopi mengandung kafein dalam jumlah besar. Asalkan dikonsumsi dalam jumlah yang tepat, kafein akan membantu pembakaran kalori dalam tubuh setiap hari.

Saat minum kopi, pastikan tidak menggunakan gula atau gunakan sedikit agar tubuh tidak memiliki kalori berlebih dan penurunan berat badan terganggu.

2. Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

Dalam kopi cold brew terdapat cukup banyak komponen yang bermanfaat seperti kafein, magnesium, komponen fenolik, trigonelin, lignan, dan kuinida.

Komponen ini dapat meningkatkan sensitivitas insulin dalam tubuh. Sensitif insulin akan memudahkan tubuh dalam menggunakan glukosa sehingga gula darah selalu stabil dan tidak terjadi hipertensi.

Kopi juga mengandung antioksidan yang cukup besar dan mampu mencegah terjadinya peradangan pada tubuh, terutama pembuluh darah dan jantung.

Mengkonsumsi kopi cold brew secara teratur dapat menjaga kesehatan jantung dan masalah seperti serangan jantung dan stroke tidak akan terjadi.

3. Memperbaiki Mood Buruk

Beberapa orang memiliki kebiasaan mengonsumsi kopi setiap pagi sebelum bekerja atau melakukan aktivitas lain.

Hal tersebut dilakukan karena kopi sepertinya memberikan semangat yang sangat besar dan meningkatkan mood.

Beberapa orang yang awalnya tidak semangat bekerja, tidak akan malas setelah tubuh mendapat asupan kafein.

Dari beberapa penelitian yang dilakukan, mengonsumsi kopi dengan takaran yang tepat dapat menurunkan depresi seseorang hingga 8 persen.

Lebih lanjut, dari penelitian lain disebutkan bahwa mengonsumsi kopi jenis apa saja, baik yang cold brew maupun yang diolah dengan panas, dapat meningkatkan mood hingga 17 persen.

4. Mengurangi Risiko Terkena Diabetes Tipe 2

Mengkonsumsi kopi cold brew secara rutin akan menstabilkan gula darah seperti yang sudah dikatakan sebelumnya. Jika gula darah dalam tubuh cenderung stabil maka kemungkinan mengalami diabetes tipe 2 akan rendah.

Ini didapat jika Anda meminum sekitar 4-6 cangkir kecil kopi tanpa menggunakan gula. Pengurangan risiko ini bisa sampai 30 persen.

Dari beberapa penelitian yang dilakukan, mengolah kopi dengan cara cold brew juga akan menutrisi bakteri yang ada di saluran pencernaan.

Kondisi membuat pencernaan dan penyerapan makanan termasuk gula berjalan dengan mantap, tidak terlalu cepat atau terlalu lambat.

Jika pencernaan berjalan cepat, kemungkinan mengalami diare akan sangat besar. Sedangkan jika pencernaan sedikit terlambat, perut akan kembung akibat sembelit. Kedua hal tersebut sangat mengganggu kesehatan.

5. Peluang Terkena Parkinson Rendah

Salah satu kelainan yang paling sering terjadi pada lansia adalah penurunan fungsi otak. Kondisi ini bisa muncul karena seseorang mengidap penyakit Parkinson atau mungkin Alzheimer.

Kondisi ini membuat hidup seseorang semakin menurun dan kemungkinan untuk mempengaruhi dirinya secara fisik dan mental akan sangat besar.

Jika dari usia muda sudah rutin mengonsumsi berbagai jenis kopi, termasuk cold brew, besar kemungkinan fungsi otak akan terus berjalan dengan baik.

Sistem saraf akan bekerja dengan baik dan kemampuan fisik dan mental seseorang tidak akan memburuk. Kita juga tidak akan mengalami penyakit Parkinson atau Alzheimer nanti saat kita sudah tua.

6. Kemungkinan Meningkatkan Harapan Hidup

Salah satu kandungan kopi yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh dan mengurangi risiko berbagai jenis penyakit adalah antioksidan.

Dengan rutin mengonsumsi kopi biasa atau cold brew, tubuh akan mendapatkan antioksidan dalam jumlah besar serta terlindungi dari patogen dan radikal bebas.

Dari penelitian yang dilakukan terhadap 400.000 pria dan wanita, ditemukan bahwa mengkonsumsi kopi dapat menurunkan resiko penyakit jantung, pernafasan, penyakit metabolisme, kecelakaan, infeksi, dan kemungkinan terkena stroke yang sangat berbahaya.

7. Lebih Mudah Bagi Perut untuk Menerima

Kopi tidak bisa dinikmati semua orang. Ada yang bisa mengkonsumsi kopi dengan baik apapun jenisnya dan tidak mendapat efek samping.

Namun, tak sedikit yang mengalami gangguan perut setelah mengonsumsi kopi. Terakhir, kopi selalu dihindari karena menyebabkan diare hingga membuat seseorang pusing.

Kopi yang diseduh dingin sedikit berbeda dengan kopi yang diseduh dengan cara biasa. Beberapa orang mengatakan bahwa kopi tidak terlalu asam dan mendekati pH normal.

Dengan tingkat keasaman yang rendah, kecil kemungkinannya akan menyebabkan gangguan lambung sehingga kondisi mulas tidak terjadi.

Selain itu saluran pencernaan juga tidak akan mengalami gangguan. Inilah beberapa manfaat mengkonsumsi kopi yang diolah dengan cold brew.

Nah, dari beberapa olahan kopi, mana yang paling kamu suka? Apapun jenis kopinya, pastikan untuk memakannya dengan tepat dan tidak berlebihan.

Jika terlalu berlebihan bisa menyebabkan Anda mengalami gangguan tidur, sakit perut, dan pemicu hipertensi.

Cara Buat Cold Brew

cara buat cold brew

Cara untuk membuat kopi cold brew sebenarnya sangat mudah. Akan tetapi, sangat memerlukan waktu yang berjam-jam karena proses ekstraknya yang menggunakan air dingin.

Berikut adalah cara untuk membuatnya :

  1. Siapkan bubuk kopi dan air dingin.
  2. Siapkan wadah (botol) yang bisa ditutup rapat.
  3. Tuangkan bubuk kopi ke dalam wadah, kemudian disusul dengan air.
  4. Tutup rapat dan simpan di lemari es selama 12 jam.
  5. Setelah jadi, saring hasil ekstraksi ke wadah lain.
  6. Cold brew siap dinikmati.
  7. Selamat mencoba.

**********

Demikian artikel tentang manfaat dan cara buat cold brew yang mudah dan simpel yang bisa saya bagikan kepada Anda, semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

Jika Anda tertarik untuk mencoba resep cold brew lainnya, Anda bisa membaca artikel tentang resep cold brew paling lengkap yang satu ini.

Dan jika Anda tertarik untuk membeli atau mengoleksi mesin baik itu mesin pengolah kopi ataupun mesin pengiling kopi untuk memudahkan dalam membuat produk olahan dengan bahan kopi, Anda bisa mencarinya di link rumah mesin ini. Karena disana tersedia banyak jenis mesin-mesin yang sangat berguna.

 

_Terima Kasih & Selamat Mencoba_