Tutoial Cara Buat Kacang Bawang Tanpa Santan Bikin Ketagihan

Sedang mencari inspirasi tentang resep kacang bawang tanpa santan yang enak, gurih dan lezat ? Cara membuatnya memanglah gampang. Tetapi Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Berikut ini adalah cara buat kacang bawang tanpa santan bikin kegatihan

Penasaran dengan resepnya ? Tetapi sebelum masuk ke resep saya akan mengulas sedikit tentang kacang bawang

Kacang Bawang

Cara Buat Kacang Bawang Tanpa Santan
Cara Buat Kacang Bawang Tanpa Santan

Kacang bawang merupakan salah satu dari kue bawang yang cukup banyak digemari di segala kalangan usia. Anda dapat membuat kacang bawang renyah untuk suguhan tamu saat Idulfitri nanti.  Bahan untuk membuat kacang bawang cukup sederhana dan mudah untuk didapatkan. Bahannya hanya kacang tanah kupas dan bawang putih.

Kacang ini dimasak dengan cara digoreng dan dicampur dengan bawang goreng serta irisan daun jeruk yang sudah digoreng. Rasanya sangat gurih dan renyah. Aroma khas bawang putih goreng dan daun jeruk membuat aromanya semakin harum dan enak.

Tak hanya rasanya yang enak dan gurih saja, kacang bawang ternyata juga bisa menjadi sumber protein nabati untuk menjaga kesehatan tubuh. Kacang tanah juga mengandung serat dan magnesium yang dapat mencegah berbagai macam penyakit, seperti jantung dan stroke.

Dari kandungan gizi tersebut, apakah kalian penasaran dengan cara membuat kacang bawang untuk hidangan lebaran? Cara membuat kacang bawang bisa kalian tempuh sendiri dirumah dengan mudah.

Berikut ini terdapat cara buat kacang bawang tanpa santan spesial yang akan membuat anda terus ketagihan untuk mencemilnya

Cara Buat Kacang Bawang Tanpa Santan

Bahan – Bahan : 

  • 1 kg kacang tanah
  • Bawang putih goreng
  • Daun jeruk goreng
  • 200gr margarin
  • 3 sendok teh kaldu jamur / royco

Cara Memasak Kacang Bawang Tanpa Santan : 

  1. Cuci bersih kacang tanah kupas lalu tiriskan minimal 1 jam, hingga kacang benar – benar kesat
  2. Siapkan wajan
  3. Masukkan kacang yang sudah ditiriskan tersebut
  4. Tambahkan 200gr margarin
  5. Nyalakan api kecil dan goreng kacang seperti disangrai sambil terus diaduk agar matang merata
  6. Jika sudah berwarna kuning kecoklatan, matikan api kompor lalau angkat dan pindahkan ke wadah lain
  7. Segi panas tambahkan 3 sendok teh kaldu jamur / royco
  8. Aduk hingga merata
  9. Selanjutnya bawang putih goreng yang sudah disiapkan, lalu aduk
  10. Kemudian tambahkan daun jeruk kering, lalu aduk hingga tercampur rata
  11. Pindahkan ke wadah yang lebih ceper, biarkan hingga dingin minimal selama 1 1/2 jam
  12. Jika kacang sudah dingin dengan sendirinya maka minyak dan margarin akan diserap oleh kacang dengan sendirinnya sehingga kacang akan kering dan tampilan akan bebas minyak dan kesat.

Sedikit masukan bagi anda yang ingin menyimpan kacang bawang ke dalam toples. Usahakan kacang dalam kondisi dingin. Jangan masukkan kacang bawang ke dalam toples ketika kacang bawang masih panas karena akan membuat kerenyahan kacang tidak bertahan lama dan juga menjadi cepat basi.

Adapun cara membumbui kacang bawang supaya lebih lezat. Apasaja carannya ? Yuk simak !

9 Tips Membuat Kacang Bawang Yang Lezat Dan Anti Gagal

1. Bumbui Dengan Bumbu Halus 

Kunci dari kelezatan kacang bawang adalah rasanya yang gurih. Untuk mendapatkan rasa tersebut, cukup gunakan dua jenis bumbu saja yaitu bawang putih dan garam. Agar bumbu lebih mudah meresap dan tercampur rata ke dalam kacang, haluskan saja keduanya. Lumuri kacang dengan bawang putih halus dan garam, diamkan beberapa saat agar meresap sebelum digoreng ke dalam minyak.

2. Tambahkan Dedaunan Wangi 

Cara berikutnya untuk menambah kelezatan kacang bawang adalah dengan menambahkan dedaunan wangi ketika mengolahnya. Jenis-jenis daun yang bisa Anda pakai antara lain adalah daun jeruk, daun salam, dan daun seledri sesuai selera. Sangrai atau panggang terlebih dahulu dedaunan ini sebelum digunakan sebagai bumbu kacang bawang agar aromanya semakin keluar.

3. Gunakan Banyak Bumbu Pelengkap 

Bila suka, Anda juga bisa menambahkan bumbu-bumbu lain untuk menambah kelezatan kacang bawang. Beberapa jenis bumbu tambahan yang bisa ditambahkan antara lain adalah keju bubuk, ebi bubuk, hingga madu.

Anda bisa menambahkannya setelah kacang bawang selesai digoreng dan akan disantap. Namun jika Anda ingin menambahkan madu, panggang kembali kacang bawang setelah dilumuri madu agar rasanya tetap renyah dan tidak menjadi lembek.

4. Goreng Menggunakan Minyak Yang Baru 

Jangan gunakan minyak bekas saat menggoreng kacang bawang. Selalu gunakan minyak yang bersih dan baru agar rasa kacang tetap renyah dan gurih. Jika Anda menggoreng kacang bawang dengan minyak bekas, maka kacang tidak akan bertahan lama dan cita rasanya juga akan menjadi berbeda.

5. Goreng Dengan Minyak Panas Yang Banyak 

Ketika menggoreng kacang, anda wajib menggunakan minyak yang panas dan jumlah yang banyak. Supaya, kacang bawang matang dengan merata. Jangan sampai menggoreng kacang hingga berbuah warna, karena perubahan warna coklat pada proses pematangan setelah berada diluar minyak. Jadi goreng kacangnya cukup berwarna coklat keemasan saja, supaya tidak pahit. Oya, supaya kacang lebih harum bisa kamu tambahkan mentega maupun margarin sebelum masukan kacang dalam minyak panas.

Nah itulah resep, tips, dan cara buat kacang bawang tanpa santan yang bisa anda ikuti dirumah. Selain resep tersebut anda juga bisa belajar cara buat sambal bawang putih. Selamat mencobanya dan semoga berhasil !