Cara membakar Cumi Agar Tidak Alot

Nah untuk kesempatan yang kali ini saya akan memberikan tips agar ketika kalian membakar cumi tidak alot, karna tidak semua orang membakar cumi bisa empuk. Memang tak mudah untuk membakar cumi karna cumi mempunyai tekstur yang kenyal jadi tidak sembarangan membakarnya, jika kalian ingin tahu simak penjelasanya di bawah ini.

Cara membakar Cumi Agar Tidak Alot

cara membakar cumi agar tidal alot

Cara agar kalian membakar cumi agar tidak alot salah satunya dengan merendem cumi yang sudah di marinasi bumbu olesan dengan waktu kurang lebih sekitar 30-40 menitan. Sebelum membakar lebih baik panaskan panggangan terlebih dahulu agar nanti pas di bakar waktunya tidak terlalu lama.

Lalu olesi bagian atas panggangan dengan minyak goreng secukupnya saja. Sembari menunggu tempat panggangaan panas angkat cumi dari rendaman lalu tiriskan sebenta. Lalu letakkan cumi-cumi di atas tempat panggangan. Bakar dalam waktu kurang lebih 15 menit. Selama 15 menit itu, bolak balik cumi-cumi agar matangnya merata dan juga tidak menjadi alot. Kalau sudah 15 menit, angkat dan siap untuk sajikan dengan bumbu yang sudah dibuat.

Tehnik Memotong Cumi

Cuma dengan merendam ke dalam air melainkan dari segi potongan juga untuk memotongnya juga harus pas sesuai dengan ukuranya. Untuk cara memotongnya potong pada bagian tantekel di bawah mata cumi-cumi kemudian lalu potong pada sayap di sisi tubuh.

Gunakan pada bagian pisau yang tumpul untuk mengelupas kulit cumi-cumi. Jika kalian mau membakar cumi agar tidak alot dari segi pemotonganya kalian buat seperti bentuk cincin atau bisa juga dengan potongan panjang seperti strip.

Cara Memilih Cumi Untuk Di Bakar

Jika kalian mau membakar cumi pastinya memilih cumi yang fresh di sini saya juga akan memberikan tips memilihnya. Untuk memilihnya pastikan cumi masih mempunyai aroma laut dan daging yang masih berwarna putih agak kemerahan.

Untuk bagian badan pilihlah badan cumi yang tidak kempes karna yang kempes itu sudah di pastikan cumi yang tidak fresh atau cumi kemarin yang di jual lagi. Pada bagian tubuhnya biasanya masih ditutupi dengan selaput berwarna abu-abu keunguan. Selaput ini sebenarnya masihsangat bisa untuk dimakan, tapi sering kali dibuang karena rasanya yang pahit.

kalian belum mengetahui memilih cumi yang fresh dan cara bakar cumi agar tidak alot kalian bisa mencobanya cara-caranya. Kalau sudah mengerti dengan tehniknya kalian pasti bingung mau mengolahnya cumi dengan resep yang bagaimana, jika kalian bingung simak aja resep-resep di bawah ini.

Resep Cumi Bakar Pedas Manis

cara membakar cumi agar tidak alot

 

Bahan-Bahan :

  • Cumi 300 gram
  • Kecap manis
  • Saus tiram
  • Saus sambal
  • Margarin
  • Air asam jawa

Bumbu Halus :

  • 5 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • Kemiri
  • Ketumbar
  • Kunyit bubuk
  • 4 buah cabe merah
  • Garam dan gula secukupnya

Cara Membuat :

  1. Siapkan cumi lalu bersihkan cumi-cumi menggunakan air mengalir yang bersih.
  2. Jika sudah bersih potong cumi-cumi membentuk seperti cincin atau strip.
  3. lalu rendam cumi ke dalam air dengan bumbu olesan selama kurang lebih 40 menit.
  4. Sembari menunggu merendam cumi tumislah bumbu-bumbunya tunggu hingga bau mengharum dan matang.
  5. Jika cumi dan tumisan bumbu sudah matang angkat lalu tiriskan sebentar.
  6. Campur cumi dengan tumisan bumbu.
  7. Panaskan panggangan menggunakan api besar agar matangnya cepat.
  8. Kalau sudah panas letakan cumi di atas panggangan lalu olesin dengan kecap manis dan saus sambal, bolak balik agar matangnya merata.
  9. Cumi matang dan siap untuk di sajikan.

Itu di atas sedikit resep tentang cara membakar cumi agar tidak alot, teruntuk kalian yang belum bisa membuat cumi agar empuk bisa gunakan tips dan resep-resepnya. Untuk kalian pecinta cumi-cumi wajib banget mecoba resep ini selamat mencoba dan selamat menikmati.