Cara Membuat Botok Tahu

Botok merupakan cara lain untuk mengolah suatu jenis makanan yang kalian miliki. Tekhnik membuat botok biasanya di kukus dan leboh sehat, salah satu jenis paling mudah di buat adalah resep cara membuat botok tahu

Karena tekhnik memasak botok dengan cara di kukus, tentunya makanan ini jauh lebih sehat karena mengandung seikit minyak. Sehingga botok cocok untuk bunda yang sedang menjalani diet.

Tahu memang makanan sehat tinggi akan protein dan bagus untuk kesehatan. Selain itu, ada beberapa olahan tahu yang lezat seperti pepes tahu, botok tahu, tahu udang, tahu kecap, dan campuran bahan tahu lainnya.

Karena botok tahu terbilang resep yang cukup sederhana. Kalian bisa membuat sendiri di rumah, untuk rasa jika suka pedas boleh di tambah cabai atau di sesuaikan saja dengan selera kalian agar bisa di nikmati.

Resep Cara Membuat Botok Tahu

Ada banyak jenis botok, mulai dari yang sederhana sampai yang cukup ekstrim seperti botok tawon. Namun, kali ini kita akan membahas resep membuat botok tahu di camput dengan udang, berikut resep lengkapnya.

Bahan-Bahan:

  • 2 buah telur asin matang
  • 8 buah tahu atau sesuai selera
  • Daun pisang
  • Daun kemangi
  • Cabe rawit
  • Daun bawang

Bahan Bumbu Ulek:

  • 3 buah bawang putih
  • 3 buah bawang merah
  • 1 cm kencur
  • 3 cabe merah
  • 3 kemiri
  • Gula pasir secukupnya
  • Merica secukupnya
  • Garam secukupnya

Baca Juga: Mesin Parut Kelapa

Cara Membuat Botok Tahu:

  1. Pertama siapkan bahan
  2. Kemudian haluskan tahu menggunakan garpu
  3. Haluskan bumbu ulek, atau bisa juga di iris
  4. Campurkan dengan irisan daun bawang dan bumbu halus, aduk sampai rata
  5. Beri potongan daun kemangi disetiap pada adonan
  6. Selanjutnya siapkan daun pisang yang sudah siap pakai dan bungkus telur asin ditambah rawit dengan balutan adonan tahu
  7. Tutup rapat bungkusan botok sampil memanaskan kukusan
  8. Kukus botok di api sedang sekitar 15 menit saja, atau bisa sesuaikan dengan kompor masing-masing
  9. Jika sudah matang, matikan kompor lalu angkat
  10. Botok tahu isi telur asin siap disajikan bersama nasi hangat

Nah mudah bukan? Ada sedikit tips dari saya yang harus kalian ketahui.

Tips Membuat Botok Tahu Enak dan Awet

Gunakan Bahan – bahan yang masih segar, kukus botok tahu sampai tanak atau matang sempurna

Selanjutnya ada manfaat dari mengkonsumsi tahu, berikut penjelasannya.

Manfaat Mengonsumsi Tahu

Cara membuat botok tahu

1.Mencegah Osteoporosis

Namun, dengan mengonsumsi tahu yang banyak protein dan kalisum-nya, sumber ini bisa mengurangi resiko osteoporosis.

Jadi, masih enggak mau makan tahu, nih?

2. Menurunkan Berat Badan

Bagi kamu yang sedang menjalankan program diet, mengonsumsi tahu bisa ditambahkan dalam menu makanan kamu, lho. Manfaat tahu berguna untuk diet karena bisa menurunkan berat badan bila dikonsumsi secara rutin.

3. Menurunkan Kolesterol Tinggi

Olahan kedelai yang merupakan bahan utama pembuatan tahu dapat mengurangi asupan kolestrol dan lemak jenuh.Selain itu, mengkonsumsi tahu juga dapat mengurangi resiko penyakit jantung coroner.

4. Diabetes Tipe 2

Penderita diabetes tipe 2 sering mengalami penyakit ginjal, menyebabkan tubuh mengeluarkan protein yang berlebihan dalam urine.

Bukti dari satu penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang hanya mengonsumsi protein kedelai dapat mengeluarkan lebih sedikit protein daripada mereka yang hanya mengonsumsi protein hewani. Para peneliti mencanangkan bahwa manfaat makan tahu baik bagi penderita diabetes tipe 2.

5.Mencegah Anemia

Tahu sebagai sumber zat besi yang sangat baik dan dapat membantu mencegah anemia. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan penurunan jumlah sel darah merah sehat yang menyebabkan anemia.

Sebuah penelitian yang dilakukan di China juga menunjukkan bahwa manfaat makan tahu dapat membantu menurunkan risiko anemia pada orang dewasa.

6. Mencegah Penuaan

Selain berguna untuk tubuh, ternyat tahu dapat mencegah penuaan juga, lho!Makan tahu secara teratur bisa memperlambat proses penuaan. Tahu dapat mempertahankan elastisitas kulit dan mengencangkan otot-otot wajah yang pada gilirannya mencegah penuaan.

7. Mengantisipasi Rambut Rontok

Selain mencegah penuaan, manfaat tahu untuk kecantikan berguna sebagai pencegah rambut rontok. Salah satunya, mencegah kerontokan pada rambut. Kandungan keratin, dan protein pada tahu sangat berguna untuk pertumbuhan rambut. Jadi, kamu juga bisa lho menggunakan perawatan rambut dengan bahan yang murah dan alami ini.

8. Meregenerasi Kulit

Kandungan protein pada tahu mampu meregenerasi kulit.Selain itu, nutrisinya juga mampu mengurangi garis-garis halus di kulit dan sebagai anti aging juga.

Zat saponin pada tahu bermanfaat untuk mengeluarkan kotoran yang menyumbat pori-pori kulit serta membantu pengelupasan sel kulit mati. Di sisi lain, dalam tahu terdapat kandungan vitamin E dan isoflavon yang sangat baik untuk melembapkan kulit.

9. Dapat Memperbaiki Kerusakan Kulit

Manfaat tahun untuk kecantikan selanjutnya adalah bisa memperbaikin jaringan kulit yang rusak.

Kandungan kolagen yang tinggi terdapat dalam sebuah tahu yang baik untuk memperbaiki kerusakan kulit akibat sengatan matahari dan polusi.

Nah itu dia cara membuat botok tahu yang mudah dan lezat beserta manfaatnya. Selamat mencobanya di rumah!

Baca Juga:Mesin Parut Kelapa