Cara Membuat Combro

Jajanan yang satu ini sangat tradisional banget karena keberadaannya tersedia sejak jaman dahulu. Dengan keenakan dan rasa gurih dari combro yang membuat makanan ini bisa tetap bertahan hingga sekarang. Berikut cara membuat combro.

Sajian combro ini bisa kapan saja di sajikan. Bisa sebagai makanan pesta atau juga bisa di jadikan sebagai camilan anda saat sedang bersantai. Untuk pembahasan kali ini, kamu tidak akan terlalu  panjang lebar untuk membahas sajian combro ini.

Karena mungkin sudah banyak yang tahu dengan kue combro ini. Namun walaupun banyak yang tahu dengan sajian combro ini, mungkin juga tidak banyak yang tahu dengan proses cara pembuatannya.

Maka dari itu, kali ini saya akan berbagi mengenai resep combro yang enak dan gurih untuk di sajikan. Silahkan simak ulasannya berikut.

Resep Cara Membuat Combro

cara membuat combro

Bahan-bahan:

  • 1 kg singkong
  • 3 sendok makan tepung kanji
  • 100 gram kelapa
  • 2 batang daun bawang
  • Garam dapur dan minyak goreng secukupnya

Bahan Yang Harus di Sediakan Untuk Isi:

  • 250 gram oncom (potong kecil atau sesuai selera)
  • 3 siung bawang putih
  • 2 siung bawang merah
  • 5 buah cabe rawit merah
  • 1 batang daun batang (iris-iris)
  • Merica bubuk dan garam dapur secukupnya
  • Gula pasir secukupnya

Cara Membuat Combro:

  1. Pertama-pertama bersihkan terlebih dahulu singkong dengan mengupas kulitnya kemudian cuci hingga bersih.
  2. Setelah itu siapkan singkong yang sudah bersih dan kelapa lalu parut hingga habis.
  3. Selanjutnya peras terlebih dahulu singkong yang telah di parut agar combro yang kita buat terasa renyah.
  4. Tambahkan tepung kanji, irisan daun bawang, dan garam dapur sambil diaduk hingga rata. Dan disisihkan dahulu.
  5. Kemudian buat terlebih dahulu isian combro-nya dengan cara ambil cobek kemudian masukan bawang merah, bawang putih, dan cabe rawit merah ulek hingga halus.
  6. Ambil wajan lalu tambahkan minyak goreng secukupnya dan panaskan diatas kompor.
  7. Masukan bumbu – bumbu yang telah di haluskan tadi tumis hingga tercium aroma wangi.
  8. Tambahkan irisan daun bawang dan oncom yang telah dipotong-potong aduk kembali hingga rata.
  9. Tambahkan pula garam dapur, merica bubuk, dan gula pasir aduk terus hingga rata dan bumbu larut.
  10. Tumis hingga semuanya matang kemudian angkat dan biarkan dingin terlebih dahulu.
  11. Ambil adonan singkong lalu bentuk adonan berbentuk pipih dan tambahkan isian secukupnya diatas adonan kemudian bentuk menjadi bulatan.
  12. Teruskan bentuk hingga adonan habis.
  13. Panaskan minyak goreng kemudian goreng adonan yang telah dibentuk hingga berwarna kuning keemasan. Angkat dan tiriskan.
  14. Sajikan combro selagi hangat.

Baca Juga:Mesin Parut Kelapa Mini

Bagaimana? Mudah bukan? Selanjutnya ada manfaat dari combro yang wajib kalian ketahui.

Manfaat Combro

cara membuat combro

1. Sumber Karbohidrat dan Kalori

Singkong ini mengandung dua kali lipat kalori jika dinandingkan dengan kentang. Bisa dikatakan salah satu yang tertinggi dari setiap umbi yang kaya pati. Untuk 100 gram singkong terkandung 160 kalori di dalamnya.
Selain itu, singkong ini juga dikenal sebagai sumber dari karbohidrat.

Karbohidrat yang terkandung pada singkong kurang lebihnya adalah 16-17%.

2. Makanan Rendah Lemak

Combro juga dikenal sebagai salah satu makanan yang rendah lemak. Sangat cocok dijadikan sebagai makanan untuk diet. Bahkan lemak yang terkandung pada singkong yang merupakan bahan utama dari kombinasi ini lebih jika dibandingkan dengan sereal dan kacang-kacangan.

Meskipun demikian, combro ini bisa dikatakan sebagai salah satu makanan sumber protein jika dibandingkan dengan sumber makanan tropis lainnya seperti halnya ubi, pisang, dan kentang.

3. Bebas dari Glutein

Seperti halnya di akar dan juga umbi-umbian lainnya, singkong ini juga bebas dari glutein. Makanan yang bebas pati seperti ini biasanya digunakan sebagai bahan utama makanan untuk para pasien penyakit celiac.

4. Sumber Vitamin B Kompleks

Singkong juga dikenal kaya akan kelompok vitamin B kompleks, seperti thianim, folat, riboflavin, piridoksin (vitamin B-6), dan asam pantotenat.

5. Sumber Mineral

Dan yang terakhir dikenal sebagai salah satu sumber utama dari beberapa mineral penting yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, seperti seng, tembaga, magnesium, mangan, dan besi.

Bahkan tidak hanya itu saja, singkong yang merupakan bahan utama dari combro ini juga dikenal memiliki jumlah kalium yang tinggi, yakni 271 mg per 100 g atau 6% dari RDA.

Kalium itu sendiri adalah komponen penting dari sel dan cairan tubuh yang dapat membantu mengatur jantung dan juga tekanan darah.

Jadi rasanya yang nikmat, combro juga menyimpan banyak khasiat di dalamnya, terutama bagi kesehatan, sangat tidak disangka-sangka kan? Hal ini karena pada bahan utama dari combro ini mengandung berbagai jenis gizi dan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh setiap hari.

Itu dia, cara membuat combro yang mudah dan juga beberapa manfaat yang terkandung pada combro. Selamat mencoba resep ini di rumah!

Baca Juga:Mesin parut kelapa mini