Cara Membuat Geplak Betawi Yang Empuk dan Gurih

Ingin membuat geplak khas betawi unik yang lembut? Cara membuatnya tidaklah susah, tapi harus di perhatikan ketika mengolah geplak karena jika kita keliru dalam pengolahannya maka hasilnya akan kurang memuaskan dan tidak enak.

Geplak Asli Betawi ‘Mpok Aliyah’ Jakarta. Kue khas Betawi ini sekarang sudah langka. Kehadiran kue geplak betawi biasanya ada di saat pesta Karena dipukul maka lahirlah nama geplak betawi.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari geplak betawi, pertama dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika ingin menyiapkan geplak betawi enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi sajian istimewa.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah geplak betawi yang siap dikreasikan.

 

Cara Membuat Geplak

1. Geplak Betawi

Kue Geplak Khas Betawi dengan Pukulan Rasa Nostalgia

Bahan-Bahan :

  • 750 gr tepung beras
  • 250 gr gula merah
  • 50 gr gula pasir
  • 1 butir kelapa parut
  • 300 ml air
  • 200 ml santan kental
  • Gunakan Secukupnya garam

Cara Membuat Geplak Betawi :

  1. Rebus gula merah dan gula pasir,gunakan air yang 200 ml,rebus sampai mendidih dan saring,sisihkan dan biarkan suhu hangat kuku
  2. Sangrai kelapa sampai kering dan berwarna kecoklatan,sisihkan
  3. Sangrai tepung beras sampai matang (kira kira ja, agak kering tapi jangan sampai gosong),lalu ayak agar tidak menggumpal, lalu sisihkan
  4. Di wadah lain,campur tepung, kelapa dan gula (masukkan gula perlahan secara bertahap,sambil adonan di aduk rata)
  5. Tambahkan garam dan santan. Lalu aduk terus dengan tangan, dan berikan air yg 100 ml tadi sedikit sedikit sambil adonan diaduk seperti menguleni roti
  6. Setelah adonan tercampur rata dan bisa di bentuk,taruh adonan kedalam loyang agak tekan sedikit biar padat
  7. Lalu masukkan kulkas sebentar saja (kalau suka,kalau tidak tidak apa apa) asal adonan menjadi padat dan tidak buyar tepung nya
  8. Keluarkan geplak dari kulkas dan potong potong sesuai selera
  9. Sajikan geplak dengan baluran tepung beras yg sudah disangrai sebentar (balur sedikit saja, seperti berbedak)
  10. Sajikan bersama teh hangat.

Geplak betawi merupakan makanan khas Betawi dengan tekstur lembut, seperti tape. Geplak betawi memiliki rasa manis, cemilan khas betawi ini sekarang sudah langka, kue geplak betawi.

Kue Geplak bercita rasa manis dan bertekstur lembut ini menjadi salah satu kue hantaran pengantin dalam tradisi adat pernikahan masyarakat Betawi. Kue yang memiliki warna dominan putih. Kue geplak merupakan camilan khas Betawi yang kini mulai jarang ditemui.

 

Sejarah Geplak Betawi

Kue Geplak namanya, kue khas Betawi yang satu ini mungkin sudah jarang ditemukan di tempat-tempat penjual kue khas Betawi yang ada di Jakarta. Kue bercita rasa manis dan bertekstur lembut ini menjadi salah satu kue hantaran pengantin dalam tradisi adat pernikahan masyarakat Betawi.

Kue yang memiliki warna dominan putih kecoklatan ini terbuat dari beras yang agak pera. Beras tersebut kemudian digiling hingga menjadi tepung kemudian disangrai. Setelah itu baru dicampurkan kelapa parut yang juga sudah disangrai.

Adonan ini kemudian dicampur dengan gula pasir yang sudah dicairkan hingga mengental dan selagi panas diaduk-aduk hingga adonan padat.

Menurut salah satu pembuat geplak yang berada di kawasan Bintaro, pembuatan kue geplak memang sedikit repot apalagi ketika dalam kondisi panas harus diaduk dengan tangan.

“Setelah diaduk dengan tangan, kemudian dicetak di tenong atau wadah lalu diratakan dengan tangan dengan setengah dipukul. Itulah mengapa kue ini disebut dengan sebutan geplak” Ungkap Nafsiah, salah satu pembuat geplak di Bintaro.

Kue geplak memiliki ketahanan hingga 3 sampai 7 hari. Bila di letakan di lemari pendingin ketahanan kue geplak bisa semakin lama dan membuat rasanya akan semakin renyah.

Nah itulah tadi sejarah geplak khas betawi dan juga cara membuatnya, gampang bukan?. Terimakasih telah membaca artikel ini semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Baca Juga :