Cara Membuat Kacang Bawang

Kacang menjadi salah satu makanan yang banyak di gemari oleh masyarakat. Salah satu olaham kacang yang banyak di gemari adalah cara membuat kacang bawang. Rasanya yang gurih membuat kacang bawang kerap kali di jadikan camilan untuk bersantai.

Selain rasanya yang gurih, kacang bawang juga dapat dengan mudah di temukan di mana saja. Tak sedikit yang menjual kacang bawang karena peminatnya yang tinggi. Tidak heran kalau kudapan ini tidak pernah terlupakan oleh penggemarnya.

Kalau anda termasuk pecinta makanan yang satu ini, anda tidak perlu lagi repot repot membelinya dari luar rumah. Saat ini, anda dapat dengan mudah membuat camilan yang lezat ini di rumah, lho. Penasarang dengan resepnya? Langsung saja simak resep cara membuat kacang bawang di bawah ini.

Resep Cara Membuat Kacang Bawang

cara membuat kacang bawang

Bahan-Bahan:

  • 1 kg kacang tanah kupas
  • 2 liter air mendidih
  • 2 sdm garam
  • 5 siung bawang putih, iris tipis. Goreng
  • 1 liter minyak goreng

Cara Membuat Kacang Bawang:

  1. Siapkan seluruh bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat kacang bawang. Kemudian, siapkan baskom dan taruh kacang tanah yang telah dikupas ke dalam baskom. Lalu, siram kacang tanah dengan air mendidih. Biarkan kacang tanah terendam hingga suhu air menjadi hangat kuku. Jika sudah, tiriskan.
  2. Setelah itu, siapkan wajan yang cukup besar dan masukkan minyak ke dalamnya. Panaskan minyak dengan api sedang. Jika minyak sudah panas, goreng kacang tanah sambil diaduk-aduk hingga warnanya berubah menjadi kuning kecokelatan. Kemudian, angkat dan tiriskan
  3. Lalu, selagi kacang masih panas, berikan taburan garam. Aduk kacang dan garam tersebut hingga keduanya tercampur dengan rata. Jika sudah, tambahkan bawang putih goreng lalu aduk hingga merata kembali.
  4. Setelah selesai, biarkan kacang dingin terlebih dahulu. Jangan masukkan kacang ke dalam wadah tertutup saat panas karena dapat merusak kualitas dari kacang itu sendiri. Jika sudah dingin, masukkan kacang ke dalam toples kedap udara. Kacang bawang telah siap untuk disajikan.

Tips

Untuk menggoreng kacang, pastikan Anda menggunakan minyak yang banyak dan benar-benar panas agar matang merata dan mendapatkan tekstur yang renyah serta garing.

Baca Juga:Mesin Pengupas Bawang

Nah itu dia langkah-langkahnya yang bisa anda lakukan di rumah anda masing masing, selanjutnya ada manfaat yang terkandung pada kacang bawang. Simak berikut ini!

Manfaat Kacang Bawang

1.Meredakan Stres

Baik almond, kacang, kenari, dan teman-temannya memiliki kandungan nutrisi yang tinggi. Misalnya vitamin E, B, dan magnesium yang mampu meredakan stres dengan cara mendukung sistem kekebalan tubuh.

2.Menyehatkan Jantung

Segala jenis camilan kacang juga berperan penting dalam menurunkan risiko penyakit jantung. Sebab kacang berkhasiat mengurangi kadar kolesterol jahat yang memengaruhi kesehatan kardiovaskular

3.Melindungi Paru Paru

Ngemil kacang pistachio adalah cara mudah melindungi penyakit paru-paru dari serangan kanker. Hal itu bahkan sudah dibuktikan dalam penelitian yang dilaporkan dalam pertemuan Cancer Prevention Research.

4.Menjaga Berat Badan

Selain membantu program diet berjalan lancar, ngemil kacang juga bisa menjaga berat badan tetap stabil. Sebab konsumsi kacang membuat seseorang merasa lebih kenyang dan puas sehingga enggan menikmati makanan lain lagi.

5.Menurunkan Kolestrol

Suka makan kacang kenari? Kabar baik bagi Anda. Pasalnya kenari punya keuntungan menakjubkan bagi tubuh, yaitu menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik.

6.Mencegah Kanker Prostat

Kacang Brazil yang kaya akan selenium ternyata juga memiliki khasiat mencegah kanker prostat. Sebuah penelitian tepatnya menyebutkan konsumsi kacang Brazil membuat risiko kanker prostat menurun sebanyak 60 persen selama 17 tahun.

7.Baik Bagi Otak

Kacang merupakan salah satu makanan super bagi otak. Karena kandungan vitamin B folat, ngemil kacang mampu melindungi otak dari penurunan kognitif dan menjaga kesehatan sistem saraf.

8.Mendukung Kesuburan Pria

Bagi pria yang ingin kualitas spermanya tetap terjaga, jangan malas makan kacang. Sebab konsumsi camilan ini bisa meningkatkan vitalitas, kualitas, dan kuantitas sperma. Pistachio bahkan berkhasiat menurunkan risiko disfungsi ereksi.

Nah itu dia cara membuat kacang bawang dan juga beberapa manfaat yang terkandung dalam kacang bawang. Selamat Mencoba di Rumah!

Baca Juga: Mesin Pengupas Bawang