Cara Membuat Keripik Sale Pisang Tanpa Tepung

Ingin buat camilan yang enak dan juga gurih? yuk simak artikel berikut cara membuat keripik sale pisang tanpa tepung

Di Indonesia ada segudang jenis produk keripik, mulai dari singkong, tempe, kentang, ubi, talas bogor, bawang, bayam, nangka, apel malang, dan tak lupa pula keripik yang satu ini yaitu keripik pisang yang tentu tidak asing di lidah orang Indonesia.

Berbagi resep enak dan sederhana di buat untuk mendapatkan rasa olahan yang crispy dan mantap, mulai dari original, asin, manis, pedas, balado, coklat, keju, green tea, hingga yang memiliki macam – macam aneka rasa tambahan.

Tentunya hal ini menyebabkan tidak semua jenis pisang bisa menghasilkan rasa yang sama.

Resep Cara Membuat Keripik Sale Pisang Tanpa Tepung

cara membuat keripik sale pisang tanpa tepung

Bahan-Bahan:

  • 1 sisir pisang Ambon yang matang

Cara Membuat Keripik Sale Pisang Tanpa Tepung

  1. Kupas pisang belah menjadi 4 bagiankemudian.
  2. Tata di atas tampah bambu kemudian tutup dengan kain.
  3. Jemur hingga benar-benar kering dan kecoklatan selama 3 hari.
  4. Jangan lupa dibolak-balik agar keringnya rata.

Selain rasanya yang gurih dan nikmat, terdapat kandungan gizi, manfaat dan juga efek samping yang terdapat pada keripik sale pisang.

Kandungan Gizi

  • Pektin: zat ini bermanfaat untuk membantu melancarkan sistem pencernaan dan membuang racun dari dalam tubuh.
  • Dopamin dan Catechin: berfungsi menurunkan risiko serangan jantung dan penyakit degeneratif lainnya.
  • Tryptophan: merupakan jenis asam amino yang berfungsi meningkatkan produksi serotonin, yaitu hormon yang mendatangkan rasa rileks, ketenangan dan rasa mengantuk.

Manfaat Mengkonsumsi Keripik Pisang

1. Mencegah Anemia

Semua orang bisa saja mengalami anemia yang disebabkan oleh kurangnya sel darah merah dalam tubuh. Anemia terutama rawan dialami oleh wanita setelah masa haidnya sehingga jumlah sel darah merah harus ditingkatkan. Dampak dari anemia bisa membuat orang merasa lemas bahkan pingsan.

Apakah Anda sudah tahu bahwa makan keripik buah pisang bisa mencegah terjadinya anemia? Ya, di dalam camilan tersebut Anda bisa mendapatkan asupan zat besi yang fungsinya untuk membentuk sel darah merah.

2. Meningkatkan Kinerja Otak

Kandungan tryptophan yang ada di dalam keripik buah pisang bermanfaat untuk menghasilkan serotonin, hormon pembentuk rasa senang dan rileks. Jika pikiran Anda lebih tenang dan rileks tentu selain akan terhindar dari stres juga berpengaruh pada kinerja otak. Anda bisa lebih fokus dalam berpikir sehingga kemampuan otak akan meningkat.

3. Menurunkan Risiko Kanker dan Jantung

Senyawa dopamin dan catechin yang terdapat di dalam pisang berfungsi untuk mencegah datangnya penyakit degeneratif berbahaya yang menyerang tubuh. Contoh dari penyakit degeneratif misalnya jantung dan juga kanker. Anda pastinya juga sudah mengetahui bahwa kedua jenis penyakit tersebut dikenal sebagai silent killer dimana angka kematiannya tinggi.

4. Melancarkan Pencernaan dan Menjadi Pilihan Camilan Sehat Saat Diet

Pisang merupakan jenis buah dengan kandungan serat cukup tinggi sehingga sangat membantu sistem pencernaan kita. Banyak manfaat kesehatan yang didapatkan jika sistem pencernaan lancar misalnya BAB menjadi lebih lancar. Jika sistem pencernaan lancar maka berat badan ideal akan terjaga.

Di samping itu lancarnya sistem pencernaan juga akan meningkatkan derajat kesehatan tubuh. Setidaknya Anda akan terhindar dari gangguan kesehatan pada organ pencernaan seperti sembelit, diare bahkan kanker usus. Selain untuk kesehatan pencernaan, keripik pisang juga bisa menjadi pilihan camilan sehat ketika sedang diet.

Ini disebabkan, jumlah serat yang ada dalam keripik pisang tergolong tinggi. Bahkan, keripik pisang memiliki kandungan serat yang jauh lebih tinggi dibandingkan keripik kentang. Dengan serat ini, akan membuat tubuh menjadi kenyang lebih lama. Hasilnya, proses diet akan menjadi jauh lebih terbantu dengan konsumsi keripik pisang.

5. Mencegah Asma

Ternyata di dalam keripik buah pisang terdapat kandungan zat yang bisa mencegah datangnya penyakit asma. Anda bisa mengkonsumsi keripik tersebut secara rutin sebagai pencegahan pada datangnya penyakit kronis yang menyerang saluran pernapasan tersebut.

Meski banyak manfaat yang terkandung dalam keripik pisang, anda perlu membatasi mengkonsumsi keripik pisang. Itu saja pembahasan cara membuat keripik sale pisang tanpa tepung.

Baca juga: Cara membuat keripik sale