Cara Membuat Macchiato Yang Enak Bikin Lidah Meleleh

Sahabat coffelovers kalian sudah pernah mendengar minuman yang satu ini atau sudah tahu cara membuat nya?. Bagi yang belom tahu, tenang deh mimin akan kasih tips cara membuat nya. Tapi sebelum nya kalian sudah tahu kan apa itu macchiato? Kata dari macchiato juga berasal bahasa italia yang artinya penanda atau ditandai.

Sedangkan pengertian coffee macchiato adalah kopi yang ditandai. Istilah ini muncul berkaitan dengan asal usul terciptanya sajian coffee macchiato di beberapa kafe atau restoran di Italia Anda juga bisa mengolahnya dengan mesin kopi.

Pada mulanya, orang-orang di sana menginginkan espresso dengan tambahan sedikit susu di atasnya. Karena rupa macchiato dengan tambahan susu tersebut masih mirip seperti espresso murni, maka tidak sedikit pelayan yang bingung dalam membedakan keduanya.

Maka terciptalah kopi macchiato yang awal mulanya digunakan untuk mempermudah pelayan untuk menandai espresso yang telah ditambahi susu.

Sekilas kopi macchiato memiliki wujud yang sangat mirip dengan kopi latte. Memang benar, keduanya sama-sama terbuat dari campuran espresso dan susu. Bedanya macchiato menggunakan susu yang telah dikukus (steamed-milk). Urutan penuangan bahan-bahan pembuat macchiato juga berbeda yaitu dimulai dengan menuangkan susu ke dalam gelas, kemudian sirup perasa jika mau, dan diakhiri dengan espresso.

Macchiato biasanya disajikan dalam gelas tinggi yang berukuran cukup besar dan tidak sama sekali diaduk. Nah kalian sudah tahu kan apa itu macchiato. Sekarang! mimin akan kasih tips deh cara membuat macchiatto yang nikmat

Resep Membuat Macchiato

Cara Membuat Macchiato

Bahan-bahan Cara Membuat Macchiato :

  • 100 ml kopi espresso
  • 175 ml susu segar
  • 25 ml sirup vanili
  • 25 ml sirup karamel
  • Es batu secukupnya
  • Cokelat bubuk secukupnya
  • Whipped cream secukupnya

Langkah-langkah Cara membuat Macchiato :

  1. Siapkan gelas saji sebagai wadah dari coffee macchiato. Usahakan gelas tersebut memiliki diameter yang cukup lebar dan dindingnya pun berukuran cukup tinggi.
  2. Tuangkan sirup vanili ke dalam dasar gelas. Lalu tambahkan sirup karamel di atasnya.
  3. Kini saatnya memasukkan susu segar secara perlahan-lahan agar tidak bercampur dengan sirup vanili dan sirup karamel tadi.
  4. Masukkan bongkahan-bongkahan es batu di atas susu segar. Kami biasanya menggunakan es batu berbentuk kotak yang ukurannya relatif kecil.
  5. Tambahkan kopi espresso yang tadi dibuat dari mesin kopi otomatis secara perlahan-lahan ke dalam gelas. Usahakan menuangkan kopi ini dengan pelan saja agar terbentuk dua lapisan cairan di dalam gelas tersebut, di mana lapisan susu ada di bawah dan lapisan kopi espresso berada di atasnya.
  6. Semprotkan whipped cream secukupnya ke dalam gelas, lalu taburkan cokelat bubuk untuk mempercantik tampilannya. Perlu diketahui, Untuk penyajian coffee macchiato di Italia umumnya tidak menggunakan krim.

Perbedaan Macchiato Dan Latte

Tahukah Anda, Macchiato berbeda lo dengan latte. Perbedaan utamanya terletak pada perbandingan antara jumlah kopi espresso dan susu yang digunakan.macchiato lebih menonjolkan kopi espresso sedangkan Latte yang ditonjolkan ialah susu. Sedangkan Pada dasarnya, pembuatan latte dilakukan dengan menuangkan susu panas ke dalam cangkir yang telah berisi espresso. Kemudian bahan-bahan ini dapat diaduk sebelum disajikan. Sementara pada macchiato justru sebaliknya, kopi espresso dituangkan ke dalam gelas yang berisi susu. Penyajiannya pun tidak boleh diaduk terlebih dahulu.

Macchiato

Kata dari macchiato juga berasal bahasa italia yang artinya penanda atau ditandai. Jadi coffee macchiato dapat diterjemahkan sebagai kopi yang ditandai. Istilah ini muncul berkaitan dengan asal usul penemuan minuman tersebut, di mana barista kesulitan dalam membedakan espresso dan kopi yang ditambahi sedikit susu. Sehingga dibuatlah suatu teknik yang dapat memberikan penanda khusus pada macchiato.

Macchiato adalah minuman kopi yang dibuat dengan menambahkan espresso ke dalam gelas yang telah berisi susu. Perbandingan jumlah kopi dan susu yang dipakai dalam macchiato yaitu 4:1. Sehingga macchiato mempunyai rasa kopi yang begitu kuat. Kini banyak kafe yang mengadopsi gaya pembuatan macchiato ala Amerika dengan menambahkan busa di lapisan paling atas.

Latte

Kata latte berasal dari bahasa italia yang berarti susu dan alami. Di sini, caffe latte dipakai untuk menyebutkan minuman kopi yang ditambah dengan susu. Bahkan beberapa kafe di Italia menyajikan kopi dan susu dalam dua wadah yang terpisah sehingga pengunjung dapat mencampurkannya sendiri. Namun menu latte yang banyak ditawarkan di kedai kopi sekarang merupakan latte yang dibuat dengan racikan ala Amerika.

Latte merupakan kopi espresso yang dicampur dengan susu yang mempunyai lapisan busa tipis di atasnya. Biasanya perbandingan antara jumlah kopi dan susu yang dimasukkan ke dalam cangkir ialah 1:3. Itulah kenapa rasa latte begitu lembut. Biasanya penyajian latte pun dihiasi dengan latte art.

Perbedaan

  1. Latte dibuat dengan memasukkan susu di atas espresso. Sedangkan pembuatan macchiato dikerjakan dengan memasukan espresso di atas susu.
  2. Perbandingan jumlah kopi dan susu pada latte adalah 1:3, tetapi pada macchiato yaitu 4:1.
  3. Rasa latte begitu smooth dan macchiato terasa strong.
  4. Latte disajikan dalam cangkir, namun macchiato dimasukkan ke dalam gelas yang tinggi.
  5. Berbeda dengan macchiato, latte biasanya dihiasi dengan latte art.
  6. Bahan-bahan di dalam latte selalu diaduk, sebaliknya macchiato tidak boleh diaduk.
  7. Pada dasarnya, macchiato tidak menggunakan busa. Di sisi lain latte ditambah dengan busa untuk mengentalkan rasa.

Dengan melihat bahwa kopi macchiato ini sangat diminati, maka kamu juga bisa membuat peluang usaha baru dengan keuntungan yang cukup menjanjikan. Salah satunya dengan membuat usaha kafe kopi yang saat ini sangat marak diminati oleh kaum remaja bahkan dewasa sekalipun.

Maka dari itu jika kamu tertarik untuk membuka usaha ini maka, kamu harus mencari jasa pasang ac untuk membuat pengunjung yang datang lebih ramai dari biasanya dan membuat lebih nyaman.

Selain karena letaknya yang strategis, kamu juga harus memperhatikan kebersihan tempat, pelayanan yang ramah dan cepat, dan yang tak kalah penting adalah kenyamanan dari segi pengunjung itu sendiri.

 

Baca Juga :