Cara Membuat Teh Tarik Panas

Siapa yang suka Teh? Sweet Couple yang suka Teh pasti sudah tidak asing lagi dengan Teh Tarik Aceh. Ya, minuman asal Aceh ini punya banyak penggemar di tanah air karena citarasanya yang lezat dan cara pembuatannya yang unik. Berikut Cara Membuat Teh Tarik Panas

Teh Tarik Aceh dipengaruhi oleh budaya India. Ya, Aceh dulunya merupakan tempat bertemunya berbagai suku bangsa mulai dari India, Persia, Timur Tengah, Melayu, Cina, dan Eropa sehingga wajar saja jika menghasilkan perpaduan budaya salah satunya kuliner.

Teh Tarik Aceh dikenal karena cara pembuatannya yang unik. Teh Tarik Aceh dibuat dari susu dan teh. Kemudian, yang uniknya adalah Teh ini disaring dengan posisi tangan pembuatnya yang cukup tinggi dari saringan/gelas. Teh seolah-olah ditarik oleh sang pembuat.

Oleh karena itu, minuman ini dikenal dengan sebutan Teh Tarik. Citarasa Teh Tarik Aceh ini cenderung manis sehingga cocok untuk kudapan. Selain bisa dibuat versi Es/dingin, Teh Tarik Aceh ini juga bisa disajikan secara hangat. Jadi, Teh Tarik Aceh ini bisa dinikmati saat musim hujan seperti sekarang ini.

Sweet Couple juga bisa loh membuat resep Teh Tarik Aceh ini di rumah masing-masing. Gak usah ribet-ribet pesen via online atau jauh-jauh ke warung makan Aceh demi menikmati Teh Tarik Aceh.

Cukup bikin di rumah aja, sudah bisa menikmati Teh Tarik Aceh. Penasaran seperti apa resep Teh Tarik Aceh? Yuk langsung saja kita simak resep Teh Tarik Aceh untuk musim hujan berikut ini.

Eits mari kita bahas sejarah teh tarik terlebi dahulu yuk

Sejarah Teh Tarik

 Asal-usul teh tarik ternyata sudah ada sejak lama yaitu setelah Perang Dunia II. Teh tarik tercipta saat banyak orang berada dalam kondisi miskin.

Teh tarik merupakan minuman manis yang terbuat dari seduhan teh dan campuran susu. Tak jauh berbeda dengan Milk Tea yang terkenal dari Taiwan, teh tarik memiliki rasa hampir sama. Namun cara pembuatan keduanya yang agak berbeda.

Teh tarik ternyata sudah ada setelah masa Perang Dunia II. Teh manis legit ini diciptakan saat banyak orang dalam masa kemiskinan.

Menurut National Librarty Board of Singapore, teh tarik awalnya disajikan orang India beragama Islam yang berimigrasi. Mereka melakukan imigrasi ke Semenanjung Melayu dan bekerja untuk perkebunan karet dan industri pertambangan.

Saat itu mereka mendirikan kios minuman dan menyajikan teh tarik. Masa itu adalah setelah terjadinya Perang Dunia II. Padahal saat masa Perang Dunia II, orang India menyajikan Chai Tea karena daun tehnya mudah ditemui.

Namun setelah Perang Dunia II, daun teh untuk membuat Chai Tea ini sulit didapatkan. Maka itu, para imigran India bereksperimen dengan bahan lain. Eksperimen yang mereka buat itu adalah teh tarik yang kini jadi salah satu minuman populer.

Teh tarik dulunya dibuat dari sisa pengolahan daun teh yang tidak cukup baik, karena saat itu harga daun teh sangat mahal. Karena kualitasnya yang rendah, daun teh tersebut direbus berulang-ulang hingga tiga jam sampai memiliki cita rasa seperti ekstrak.

Selain itu proses pembuatannya mirip seperti ‘ditarik’ karena teh dituangkan tinggi-tinggi dari satu gelas ke gelas lain.

Meski begitu, ekstraknya menghasilkan cita rasa yang agak pahit untuk dikonsumsi. Karena rasanya yang pahit itu mereka memutuskan membuat minuman baru dengan campuran susu kental manis atau susu evaporasi serta gula. Dari sinilah cikal bakal teh tarik hadir dan disukai banyak orang.

Baca Juga: Termos air panas

Cara Membuat Teh Tarik Hangat (Aceh)

cara membuat teh tarik panas

Pertama, tentu saja siapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat resep Teh Tarik Aceh untuk Musim Hujan. Apa saja bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat resep Teh Tarik Aceh untuk Musim Hujan? Berikut ini adalah bahan-bahan yang perlu disiapkan dalam membuat resep Teh Tarik Aceh untuk musim hujan:

Bahan-Bahan:

  • Teh celup 3 kantung
  • Susu kental manis 100 ml
  • Air panas 600 ml

Alat-Alat:

Jangan lupa juga untuk siapkan alat-alat yang diperlukan guna membuat resep Teh Tarik Aceh untuk musim hujan. Apa saja alat-alat yang diperlukan untuk membuat resep Teh Tarik Aceh untuk Musim Hujan? Inilah alat-alat yang diperlukan untuk membuat resep Teh Tarik Aceh untuk Musim Hujan:

  • Sendok
  • Panci
  • Gelas
  • Saringan

Cara Membuat Teh Tarik Panas:

Setelah alat-alat dan bahan-bahan untuk membuat resep Teh Tarik Aceh untuk Musim Hujan, maka kalian bisa mulai mengikuti langkah-langkah membuat resep Teh Tarik Aceh untuk Musim Hujan. Inilah cara untuk membuat resep Teh Tarik Aceh untuk Musim Hujan:

  1. Pertama, kita siapkan panci, isi dengan air, letakkan di atas kompor, nyalakan api, dan rebus air.
  2. Kedua, jika air sudah matang, maka matikan kompor dan sisihkan sejenak.
  3. Ketiga, siapkan teko/gelas besi bergagang, masukkan kantong teh celup ke dalamnya. Lalu tuangkan air panas dan seduh teh hingga berwarna pekat.
  4. Sekarang kita tuangkan susu kental manis ke dalam teh yang ada dalam teko/gelas besi bergagang
  5. Siapkan gelas, lalu tuangkan teh tarik ke dalam gelas. Aduk teh tarik hingga tercampur merata.
  6. Saatnya untuk tarik menarik teh. Siapkan gelas lainnya, lalu tuangkan teh dari teko/gelas besi bergagang ke gelas-gelas lainnya dengan cara ditarik ke atas/ditinggikan. Lakukan berulang kali hingga teh berbusa.
  7. Selanjutnya, siapkan gelas lalu sajikan teh tarik di dalam gelas tersebut.
  8. Selesai sudah membuat resep Teh Tarik Aceh dan Teh Tarik Aceh siap diminum selagi hangat

Berikutnya ada manfaat dari teh tarik panas

Manfaat Teh Tarik Panas

Teh susu bukan sekadar minuman ringan biasa. Minuman yang berasal dari kombinasi teh dan susu ini menawarkan sejumlah manfaat positif, lho. Berikut adalah manfaat yang bisa Anda peroleh dari mengonsumsi teh susu:

1.Sumber Energi

Kandungan susu di dalam minuman teh susu dapat menjadi sumber energi yang baik. Karbohidrat di dalam susu bisa menjadi sumber energi untuk menjalani aktivitas sehari-hari dan menjaga stamina tubuh. Sebelum memulai aktivitas, konsumsi teh susu untuk memperoleh asupan energi yang mencukupi.

2.Mengurangi Stres

Tahukah Anda mengonsumsi teh bisa meredakan stres? L-theanine yang terdapat dalam teh dapat menurunkan level kortisol, hormon stres di dalam tubuh.
Manfaat teh untuk mengurangi stres ini juga bisa Anda dapatkan dalam segelas teh susu. Tak hanya teh, susu juga memiliki manfaat untuk mengurangi ketegangan. Jadi, kalau Anda sedang mengalami stres, cobalah minum segelas teh susu segar agar tubuh dan pikiran menjadi segar.

3.Membuat Suasana Hati Jadi Lebih Baik

Pada umumnya, teh susu adalah kombinasi antara teh hitam dengan susu. Jadi, ketika Anda menikmati segelas teh susu, maka Anda pun bisa memperoleh manfaat teh hitam.

Teh hitam mengandung l-theanine, kandungan yang dapat meningkatkan suasana hati menjadi lebih baik. Berkat kandungan ini, teh susu dapat membuat suasana hati konsumennya jadi lebih baik.

Manfaat teh susu ini membuktikan milk tea atau teh susu bukan sekadar minuman ringan. Anda bisa memperoleh manfaat positif yang mungkin tidak bisa diperoleh dari minuman lain.

Nah itu dia cara membuat teh tarik panas dan juga sejarah beserta manfaatnya. Selamat mencoba di rumah

Baca juga: Termos air panas