Cara Membuat Vas Bunga Hiasan Dari Sabut Kelapa

Cara Membuat Vas Bunga Hiasan Dari Sabut Kelapa – Sabut kelapa memang terkenal sebagai bahan baku kerajinan. Pada artikel kali ini, kami akan membagikan cara membuat vas bunga dari sabut kelapa yang bisa Anda gunakan sebagai panduan membuatnya.
Kerajinan dari sabut kelapa sangat terkenal. Sabut kelapa digunakan karena bahannya sangat bagus dan mudah kualitasnya.
Berikut cara membuat salah satu karya dari sabut kelapa yaitu cara membuat vas bunga sabut kelapa.

Cara Membuat Vas Bunga Hiasan Dari Sabut Kelapa

Cara Membuat Vas Bunga Hiasan Dari Sabut Kelapa

Alat Cara Membuat Vas Bunga :

  • Pisau
  • Gunting
  • Pisau besar
  • Bor

Bahan Cara Membuat Vas Bunga :

  • Sabut kelapa kering
  • Tali serat

Langkah-langkah Cara Membuat Vas Bunga Hiasan Dari Sabut Kelapa :

  1. Ambil sabut kelapa dari tempurung kelapa kering, gunakan linggis untuk mengupas kelapa agar sabut tetap terjalin. Kalau di kampung-kampung, sabut kelapa sudah dikuliti sedemikian rupa sehingga sabut kelapa masih saling melilit.
  2. Tandai bagian bawah dan atas pada setiap belahan menggunakan tipe ex, bagian ini akan dibor untuk mengikat sabut kelapa sekaligus untuk mengikat tali panci.
  3. Bor dengan hati-hati pada bagian yang ditandai.
  4. Ikat ijuk pada setiap lubang sabut kelapa agar setiap bagian sabut dapat menyatu. Ikatan dimulai dari bagian luar dan menyilang ke arah dalam sehingga terjadi ikatan yang kuat antar belahan sabut kelapa.
  5. Setelah ikatan dalam terbentuk, lalu silangkan ikatan luar, lakukan hal yang sama untuk semua bagian sabut kelapa. Kemudian terbentuk ikatan yang kuat dan membentuk kulit kelapa yang dipenggal di bagian atas
  6.  Vas sabut kelapa siap digunakan untuk menanam anggrek atau paku-pakuan.

Manfaat Sabut Kelapa

memiliki banyak manfaat untuk kehidupan sehari-hari seperti halnya tongseng ayam yang memiliki banyak manfaat. Berikut beberapa manfaat sabut kelapa, simak dan pelajari!

1. Sebagai Penetral Bau Semen di Kolam Baru

Kolam ikan yang baru dibuat seringkali meninggalkan bau semen yang tidak sedap. Hal ini tentu saja membuat budidaya ikan terhambat.
Salah satu cara alami yang paling efektif untuk menghilangkan bau semen pada kolam yang baru dibuat adalah dengan menggunakan sabut kelapa.

Caranya sangat mudah, cukup taburkan sabut kelapa atau bisa juga dicampur dengan daun busuk dan biarkan selama kurang lebih 1 sampai 2 minggu.

Air akan berwarna kecoklatan hingga kehijauan, perubahan warna air menandakan kolam siap untuk media budidaya ikan.

2. Sebagai Pupuk Organik

Sabut kelapa memiliki nutrisi dan juga kandungan mineral yang cukup tinggi yang baik untuk pertumbuhan tanaman, sehingga sabut kelapa ini sangat cocok untuk dibuat menjadi pupuk organik.

Selain itu, pupuk organik berbahan dasar sabut kelapa menghemat air 60% lebih banyak dibandingkan pupuk biasa. Jadi pupuk organik dari sabut kelapa cocok di daerah yang curah hujannya rendah atau daerah yang sedang dilanda kekeringan.

Bahkan untuk area pantai berpasir sekaligus, penambahan cocopeat atau sabut kelapa pada pasir pantai, bisa dijadikan media tanam yang ditabur begitu saja.

3. Sebagai Bahan Dasar Pembuatan Briket

Anda pasti sering mendengar yang namanya briket berasal dari batu bara atau tempurung kelapa, bukan? dan itu benar. Namun ternyata sekarang, briket juga bisa dibuat dari sabut kelapa. Jadi Anda akan merasa asing jika briket tersebut berasal dari sabut kelapa.

Briket berbahan dasar sabut kelapa ini memiliki sifat yang lebih ramah lingkungan dan Anda akan menekan biaya produksi, karena biaya produksi briket sabut kelapa lebih murah dibandingkan briket batubara.

Itulah Cara Membuat Vas Bunga Hiasan Dari Sabut Kelapa yang bisa anda praktekkan dirumah masing-masing ya. Semoga bermanfaat, dan semoga sukses selalu, See you ^^.

Baca Juga :