Cara Menanam Jagung Hibrida

Cara menanam jagung hibrida, Tanaman jagung (Zea may ssp. Mays) adalah jenis tanaman pangan penting dunia yang menghasilkan karbohidrat selain gandung dan padi.

Tanaman jagung merupakan tanaman pangan pokok di sebagian belah dunia dan bahan pangan olahan seperti minyak jagung dan bahan dasar tepung maizena, bionergy, bahan kosmetik, selain itu untuk buah jagung atau seluruhnya dari batang sampai buah sebagai sumber karbohidrat.

Tanaman jagung tumbuh di dataran rendah sampai tinggi hingga 1200 meter dpl, memerlukan media tanah lempung, lempung berpasir, tanah vulkanik, yang subur, gembur, kaya bahan organic, memerlukan sinar matahari minimal 8 jam  per hari suhu udara 20-33 derajat celcius, curah hujan sedang, ph tanah 5,5-7 dengan drainase yang baik.

Cara Menanam Jagung Hibrida

cara menanam jagung hibrida

1.Persiapan Benih Jagung

Seleksi jagung dengan teliti untuk mengoptimalkan hasil, pilih benih jagung hibrida dan sesuaikan dengan musimnya, lakukan perlakuan benih dengan insektida marshal dan fungisida dimertomorf (Renoom, acrobat, sirkus) untuk mencegah penyakit bulai dan hama ulat tanah, semut.

2.Persiapan Lahan

Tanah di gemburkan dengan cangkul atau di bajak sedalam 25-30 cm, kemudian di ratakan? di haluskan dengan garu. Buat bedengan jika tanam musim penghujan agar air hujan tidak menggenang. Untuk penanaman musim kemarau tidak perlu pembedengan.

3.Penanaman Jagung

Buat lubang sedalam 5 cm dengan jarak 25 cm untuk tanam 2 biji per lubang atau jarak 15 cm untuk 1 biji 1 lubang lalu masukkan benih jagung ke dalam lubang dan timun tipis dengan bokashi, kemudian lakukan pengairan bila tanam musim kemarau

4.Pemupukan Tanaman Jagung

Pemupukan pertama dilakukan ketika tanaman jagung berumur 15hst, komposisi pupuk : ZA 280kg/ha + SP 100kg/ha + furadan 12kg/ha. cara pemupukan dengan disebar lalu di timbun dengan tanah, kemudian di lakukan pengairan.

Pemupukan ke 2 dilakukan pada umur 35hst, komposisi pupuk : ZA 350kg/ha + Phonska 200kg/ha. Cara pemupukan seperti pada pemupukan 1.

Pemupukan ke 3 atau pemupukan penutup dilakukan pada umur 50 hst, komposisi pupuk: Urea 350kg/ha + Phonska 180kg/ha. Cara pemupukan seperti pada pemupukan 1.

5.Perawatan Tanaman Jagung

Pembubunan atau ipuk di lakukan bersamaan pada waktu pemupukan. Pembersihan gulma ada 2 cara yaitu dengan penyemprotan herbisida calaris untuk gulma umur 5-21hst, Gramoxon untuk gulma umur 40hst keatas, hesbisida yang cocok dan cara penggunaannya lihat di herbisida untuk tanaman jagung dan pendangiran pada tanaman jagung

Pencegahan bundle pada bunga yaitu pemberian insektisida furadan di kucup daun pada tanaman jagung umur 21hst dan 40hst .

Pengairan tanaman jagung dilakukan pada saat setelah pemupukan, dan 2 minggu sekali setelah pemupukan terakhir.

6.Hama Dan Penyakit Tanaman Jagung

Hama yang menyerang tanaman jagung antara lain: Ulat tanah, Ulat grayak, ulat penggerek polong,pengendaliannya semprot dengan insektisida: bulldog, spontan, Untuk ulat tanah, taburi dengan regent. penanggulangan hama lebih jelasnya lihat disini

Penyakit yang menyerang tanaman ini antara lain: bulai, bercak daun, hawar daun, busuk pelepah, busuk batang. Pengendalianya semprot dengan fungisida mankozeb, metalaksil, carbio.

7.Pemanenan jagung

Tanaman jagung dapat dipanen mulai umur 105 hari tergantung dari varietasnya. Cirinya antara lain:

  • Daun sudah kering 80%.
  • Kulit/klobot jagung sudah kering.
  • Buah jagung padat dan keras.
  • Warna buah jagung bening/mengkilat.

Selanjutnya ada manfaat dari jagung

Baca juga: Mesin Pemipil Jagung

Manfaat Jagung

1. Mengatasi konstipasi

Jagung kaya akan kandungan serat yang diketahui baik untuk melancarkan pencernaan dan mengatasi konstipasi. Namun, konstipasi tidak hanya dapat diatasi dengan mengonsumsi jagung saja, tetapi juga dengan memperbanyak minum air putih, berolahraga secara rutin, dan memperbaiki pola makan.

2. Mengontrol kadar gula darah

Jagung termasuk dalam kelompok makanan dengan indeks glikemik rendah, sehingga tidak memicu lonjakan kadar gula darah. Hal ini menjadikan jagung baik untuk dikonsumsi penderita diabetes atau orang yang berisiko tinggi mengalami diabetes tipe 2.

3. Menjaga kesehatan jantung

Kandungan vitamin E dan fitosterol dalam jagung diketahui dapat mengendalikan kadar kolesterol dalam tubuh, sehingga dapat mencegah penyakit jantung.

Selain itu, sebuah penelitian juga mengungkapkan bahwa mereka yang rutin mengonsumsi jagung dan kacang-kacangan sebagai pengganti nasi putih diketahui memiliki risiko lebih kecil terkena penyakit jantung.

4. Mengatasi depresi

Perlu diketahui bahwa makanan kaya nutrisi diketahui baik untuk menjaga kesehatan mental. Meski belum ada nutrisi atau pola makan tertentu yang bisa menyembuhkan depresi, tetapi beberapa penelitian menunjukkan bahwa asupan nutrisi yang baik dapat memengaruhi kesehatan mental seseorang.

Salah satu jenis makanan tersebut adalah jagung yang diketahui mengandung karbohidrat kompleks, vitamin B, vitamin C, dan vitamin D, serta asam lemak omega-3 sebagai nutrisi esensial yang dibutuhkan otak.

5. Menjaga kesehatan mata

Jagung mengandung antioksidan karotenoid, seperti zeaxanthin dan lutein. Kedua antioksidan ini berperan dalam menghambat kerusakan sel mata akibat proses penuaan dan kekurangan nutrisi.

Hal inilah yang menjadikan jagung baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan mata dan mencegah berbagai penyakit mata, seperti katarak dan degenerasi makula.

6. Mencegah penyakit divertikulitis

Kandungan serat yang tinggi di dalam jagung tak hanya baik untuk menjaga kesehatan saluran cerna, tetapi juga mencegah penyakit divertikulitis, salah satu bentuk peradangan di usus besar.

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa seseorang yang rutin mengonsumsi jagung dalam bentuk apa pun dapat menurunkan risiko terkena penyakit divertikulosis sebanyak 28%. Namun, manfaat jagung yang satu ini masih perlu dikaji lebih lanjut.

Untuk mendapatkan manfaat jagung secara maksimal, Anda disarankan untuk mengonsumsi jagung segar dan bukan dalam bentuk yang sudah diolah, seperti sirop jagung.

Meski berbagai manfaat jagung di atas masih membutuhkan penelitian lebih lanjut, tapi tidak ada salahnya bila Anda mulai menjadikannya sebagai bagian dari menu makan sehari-hari. Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui jumlah asupan jagung yang sesuai kondisi dan kebutuhan Anda.

Demikian cara menanam jagung hibrida semoga ada manfaatnya, Terimakasih

Baca Juga: Mesin Pemipil Jagung