Cara Menanam Jeruk Nipis

Berikut ini cara menanam jeruk nipis yang bisa menambah wawasan dan ilmu pengetahuan anda, jika anda ingin menanam jeruk nipis atau bahkan ingin membudidayakan sekala besar

Cara Menanam Jeruk Nipis

1.siapkan bibit tanaman

Jeruk nipis dapat dibudidayakan secara vegetatif dan genetik. Vegetatif dilakukan dengan cara stek atau pindah tanam (transplantasi), sedangkan generatif dimulai dari biji. Ada hal-hal yang harus diperhatikan ketika memilih tumor dari kedua metode ini.

Pastikan pohon induk yang akan ditransplantasikan adalah pohon jeruk nipis yang menghasilkan buah yang baik, terdapat di tanah yang subur, bebas dari penyakit, memiliki akar yang kuat dan memiliki cabang yang halus dengan diameter 2-3 cm.Jika Anda ingin memulai dengan membeli bibit, pilih bibit jeruk nipis yang berumur satu tahun.

Rahasia buah jeruk nipis cepat ada pada biji jeruk nipis. Biji linden dikembangkan secara vegetatif (tanpa kawin), tanaman linden diproses dengan cara pindah tanam (transplanting), stek, stek rotan dan lain-lain. Jeruk nipis yang dibudidayakan secara vegetatif menghasilkan buah lebih cepat daripada yang ditanam secara umum (melalui perkawinan) dari biji.

2.penanaman

Cari tanah yang subur. Jika tanah kurang subur, tambahkan pupuk kandang/kompos. Untuk menetralkan pH/kesuburan tanah dapat juga digunakan kapur dolomit. Kemudian buat lubang tanam dengan jarak tanam tertentu. Jarak tanam antara jeruk nipis dilakukan agar tidak menghambat jeruk nipis tumbuh dan berbuah.

Saat disemai, posisi pot harus cukup terang tetapi tidak terkena hujan langsung. Selama 5 bulan, setelah tinggi tanaman 20-25 cm, pot dapat dipindahkan ke area terbuka.

Jarak tanam juga berfungsi agar pohon jeruk nipis menerima sinar matahari secara merata. Sinar matahari sangat bermanfaat dalam proses pembuatan buah jeruk nipis. Jarak antara pohon jeruk adalah 4 kaki kali 3 kaki dan lubang dibuat dua minggu sebelum menanam jeruk nipis.

3. Pemeliharaan

Perawatan tanaman jeruk nipis adalah pemangkasan, penyiraman, penjarangan buah, pembersihan gulma dan pemupukan. Pemangkasan dilakukan agar penyakit pada pohon/cabang tidak menyebar ke cabang/pohon lain. Saat memotong, gunakan alat seperti gunting dan pisau pemotong dalam kondisi bersih. Pohon disiram dua kali sehari. Saat musim hujan, penyiraman dihentikan agar tidak ada genangan air di sekitar pohon jeruk. Genangan air dapat menyebabkan akar pohon membusuk.

Tanaman jeruk dapat dipangkas jika pohon jeruk ditandai oleh penyakit atau hama. Pemangkasan dilakukan pada cabang yang kering atau tidak produktif. Jika bagian yang sakit tidak dihilangkan, dapat menyebar ke bagian lain dari tanaman. Bahkan menularkan penyakit ke jenis tanaman lain. Alat pemotong juga tidak harus asal-asalan, yaitu harus steril dan tidak terkontaminasi.

Hama yang biasa menyerang tanaman jeruk nipis adalah kutu daun kecil berwarna hitam yang hidup berkelompok. Mereka biasanya hidup di pucuk dan daun muda. Oleh karena itu perlu dilakukan pemeriksaan rutin saat menyiram tanaman. Untuk mengatasinya, Anda bisa menyemprotnya dengan insektisida alami

Penyiangan dilakukan untuk menjaga kesehatan pohon jeruk nipis. Karena gulma dapat menyerap unsur hara dari tanah yang dibutuhkan tanaman. Setelah gulma dibersihkan, barulah dilakukan pemupukan pada pohon jeruk nipis. Pemupukan dilakukan 2 kali yaitu pada saat awal penanaman, kemudian pada saat pohon jeruk mulai berbuah. Pemupukan efektif jika dilakukan setelah penyiangan. Biasa digunakan pada beberapa jenis pupuk yaitu pupuk kandang pada awal tanam serta pupuk N, P, K dan ZA saat pohon mulai berbuah.

3. Waktu Panen

Pada saat panen usahakan untuk memetik buah yang kuning terlebih dahulu, buah yang terlalu matang (kuning) akan jatuh dari pohon dengan sendirinya karena angin bertiup di dalamnya atau karena berat dan banyak mengandung air. Satu jeruk nipis dalam satu pohon bisa mencapai lebih dari 500 buah setahun tergantung varietas jeruk nipis. Pada tanaman jeruk nipis, hasil transplantasi sekitar 3-4 minggu setelah tanam jeruk nipis akan berbuah.

Jika anda ingin lebih mudah lagi dalam mengolah jeruk saya sarankan anda harus mempunyai alat peras jeruk yang bisa anda beli di cv rumah mesin, produk tersebut sudah sangat teruji kualitasnya dan sudah staandar nasional indonesia

Itulah beberapa informasi tentang bagaimana cara menanam atau membudidayakan tanaman jeruk nipis yang bisa menambah wawasan dan ilmu pengetahuan anda, semoga sukses selalu.