Inilah Resep Dan Cara Memasak Kacang Kupas Supaya Renyah

Bagi kalian yang gemar sekali dengan yang namanya kacang – kacangan. Udah tau resep yang satu ini belom nih ? Yaitu kacang bawang kupas. Nggak hanya ciarasanya yang enak tetapi cemilan ini sangat renyah dan gurih. Berikut ini adalah tutorial cara memasak kacang bawang kupas supaya renyah

Sebelum saya menjelaskan rsesp dan cara memasak kacang bawang kupas. Saya akan menjelaskan mengenai kacang kupas terlebih dahulu, perhatikan baik – baik informasinya ya sob, supaya pengetahuan anda juga bertambah, hihi

Kacang Kupas

Cara Memasak Kacang Kupas Supaya Renyah
Cara Memasak Kacang Kupas Supaya Renyah

Kacang tanah kupas adalah kacang tanah mentah yang sudah dibuang cangkang luar beserta kulit arinya. Sehingga menjadikan jenis kacang kacangan ini lebih mudah dalam pengolahan dan penyajiannya.

Kacang goreng kupas menjadi salah satu camilan yang selalu disajikan ketika Lebaran. Jika Anda pencinta camilan gurih dan renyah yang satu ini tidak harus menunggu Lebaran untuk membuatnya.

Anda bisa membuat kacang goreng kupas di rumah dengan resep simpel dan praktis. Kacang goreng tetap renyah dan empuk. Apalagi jika Anda memasaknya menggunakan santan. Rasanya makin gurih. Kacang goreng kupas bisa menjadi camilan di rumah. Bisa juga dibawa untuk camilan selama perjalanan. Dan juga teman ngumpul bersama keluarga.

Untuk membuat kacang goreng kupas ini juga sangat mudah. Bahan – bahan yang dibutuhkan pun bisa dibilang sederhana, dan juga mudah untukm diidapkan. Anda hanya perlu menyiapkan bahan-bahan seperti bawang, gula, santan, dan lainnya.

Ingin tau paduan lengkap resep dan cara mememasak kacang kupas ? Simak  baik – baik caranya di bawah ini ya sob

Cara Memasak Kacang Kupas Supaya Renyah

Bahan – Bahan : 

  • 1 kilo kacang tanah yang telah di  kupas, cuci bersih
  • 65 ml santan instan (kara)
  • 500 ml air
  • 12 siung bawang putih dihaluskan
  • 12 siung bawang putih iris
  • 3 sendok teh garam (kalau suka asin 4 sendok teh)
  • 1 sendok teh gula pasir
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Kacang Kupas Renyah :

  1. Langkah pertama yaitu campur dalam panci, santan, air, bawang putih halus, garam, gula, aduk rata lalu didihkan, tuang ke dalam baskom berisi kacang, diamkan 30-40 menit.
  2. Kemudian masukkan bawang putih iris ke dalam baskom kacang, diamkan lagi sebentar.
  3. langkah yang terakhir panaskan minyak agak banyak, masukkan kacang, tutup wajan, goreng dengan api kecil sambil sesekali diaduk, goreng sampai berwarna coklat muda, segera matikan api, aduk-aduk sebentar, angkat, setelah dingin warna akan gelap sendiri.
  4. Kacang kupas siap disajikan

Dengan hanya menggunakan 3 step anda sudah bisa menikmati cemilan kacang kupas yang renyah dan gurih. Pastinya aman dong untuk kesehatan. Bahkan bila dikonsumsi anak – anak pun tak apa. Karena, cemilan ini murni 100% terbuat dari bahan alami tanpa campuran pengawet ataupun bahan makanan lainya yang berbahaya bagi tubuh.

Oh iya, sedikit mengingatkan jika anda ingin cemilan tersebut tahan lama simpan cemilan dalam toples yang kedap udara. Ketika memasasukanya ke dalam toples usahakan kacang kupas dalam kondisi yang dingn. Jangan memasukkan kacang kupas dalam kondisi yang masih panas karena akan membuat kacang kupas menjadi tidak renyah kalau orang jawa menyebutnya mlempem. Dan juga menjadi cepat basi dan berjamur.

Ngemil kacang tanah juga bermanfaat bagi tubuh lo. Kacang tanah memiliki kadungan gizi yang baik. Berikut adalah rangkumanya

Manfaat Kacang Tanah Bagi Kesehatan

Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa zat gizi dan senyawa fitokimia dalam kacang tanah dapat membantu menjaga kesehatan jantung serta mengendalikan gula darah dan berat badan.

Berikut 3 manfaat kacang tanah bagi kesehatan :

1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Meskipun padat akan kalori dan lemak, kacang tanah ternyata tidak menambah berat badan. Sebuah studi dalam jurnal Nutrition Research justru menyebutkan konsumsi kacang tanah dapat membantu menjaga berat badan dan mengurangi risiko obesitas.

Makanan ini membuat Anda kenyang lebih lama sehingga mengurangi keinginan untuk makan secara berlebihan. Selain itu, protein dan lemak menyehatkan pada kacang juga meningkatkan laju pembakaran energi di dalam tubuh Anda.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Kacang tanah memberikan manfaat bagi kesehatan jantung karena kandungan lemak tak jenuhnya lebih tinggi dibandingkan lemak jenuh. Lemak tak jenuh adalah lemak menyehatkan yang dapat menurunkan kolesterol serta mencegah penyakit jantung

3. Menurunkan Risiko Penyakit Store Dan Jantung

Orang yang makan kacang tanah setidaknya 2 kali dalam seminggu mengalami penurunan risiko penyakit jantung sebesar 13 persen. Selain itu, risiko penyakit jantung koroner pun menurun hingga sebesar 15 persen.

Nah itu dia khasiat apabila kita mengonsumsi kacang tanah. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Jangan lupa untuk mencoba resep dan cara memasak kacang kupas yang renyah. Selain resep tersebut anda juga bisa mempelajari cara memasak  kacang bawang.

Selamat mencobanya pastikan anda mengikuti langkah – langkah tersebut dengan benar dan semoga berhasil !