Macam Macam Jenis Kerupuk

Kerupuk adalah makanan yang berasal dari Indonesia yang di kenal oleh semua orang. Kita akan membahas Macam Macam Jenis Kerupuk  yang sering kita konsumsi.

Hampir semua orang indonesia menyukai kerupuk. Camilan yang gurih dan renyah sangat cocok untuk teman makan.Bahkan ada beberapa orang yang merasa kurang lengkap jika makan tanpa kerupuk. Hampir semua hidangan berat cocok dipadukan dengan kerupuk. Di Indonesia sendiri, kerupuk memiliki banyak jenis yang menurut saya enak untuk jadi cemilan atau teman makan harian mu.

Macam Macam Jenis Kerupuk

Keunikan yang lainnya ada pada makanan pendukung saat kita sedang makan makanan pokok. Saat kita sedang makan nasi, lebih nikmat memang kalau disertai dengan kerupuk dan sambal. Ngomongin soal kerupuk nih ya, ternyata memang banyak banget lho jenis kerupuk yang mungkin gak semua dari kita tau namanya.

Kita cuma mengkategorikan jenis-jenis kerupuk dengan menyebut kerupuk manapun dengan sebutan “kerupuk”. Mau kerupuk udang, kerupuk bawang, maupun kerupuk warung kita dengan gampangnya menyebut mereka dengan “kerupuk”. Padahal mereka masing-masing punya nama loh

 1.Kerupuk bawang

Seperti namanya, kerupuk ini terbuat dari tepung tapioka dan bawang putih. Aromanya khas, rasanya gurih, dan cocok sebagai teman nasi.

2. Kerupuk udang

Kerupuk udang punya beragam ukuran, ada yang kecil, ada pula lebar. Kerupuk ini biasanya tersaji sebagai tambahan dalam masakan, seperti rawon, soto, hingga nasi pecel.

3. Kerupuk putih

Ini dia jenis kerupuk yang paling umum di Indonesia. Mayoritas warung makan menyediakan kerupuk putih keriting ini di dalam kaleng besi yang khas. Dijamin, kamu gak akan menemukan tempat kerupuk serupa di belahan dunia manapun.

4. Kerupuk rambak

Kerupuk rambak terbuat dari kulit sapi. Meskipun terlihat tebal, sebenarnya kerupuk ini sangat renyah dan langsung lumer di lidah ketika digigit.

5. Kerupuk puli

Berbahan dasar beras ini punya tekstur kasar, renyah, dan ringan. Di Surabaya, kerupuk puli jadi teman makan semanggi, sedangkan di Madiun biasanya dijadikan pelengkap makan nasi pecel.

6. Emping

Kerupuk emping atau kerupuk melinjo dimakan dengan cara berbeda-beda di berbagai daerah. Ada yang dimakan langsung sebagai camilan, dijadikan topping rawon, hingga pelengkap coto Makassar.

7. Kerupuk mi

Disebut demikian karena bentuknya keriting mirip mie. Paling mantap kalau dimakan bareng asinan atau disiram bumbu rujak.

Baca juga: Macam macam kerupuk bawang

8. Kerupuk opak

Opak singkong asalnya dari Wonosobo, Jawa Barat, dan terbuat dari singkong. Namun, ada juga opak yang berbahan dasar beras ketan dan menjadi kerupuk khas Sunda.

9. Kerupuk kemplang

Kerupuk khas Palembang dan Bandar Lampung ini biasanya terbuat dari ikan belida. Ada yang digoreng, tapi ada juga yang dibakar, sehingga aromanya lebih sedap.

10. Kerupuk gendar

Mirip dengan kerupuk puli, karena berbahan dasar nasi. Namun bedanya, nasi kering ditumbuk kasar sehingga teksturnya masih terlihat.

11. Rengginang

Kerupuk dari nasi atau beras ketan yang dikeringkan ini biasanya laris manis saat Lebaran. Tapi rengginang juga jadi camilan favorit sehari-hari.

12. Kerupuk pasir

Karena digoreng dengan pasir, kerupuk ini jadi lebih sehat tanpa minyak. Warna-warni kerupuk yang mencolok jadi salah satu identitas khasnya. Di Jawa Timur, kerupuk pasir atau kerupuk upil biasanya dicocol saus petis.

13. Kuku macan

Terbuat dari bahan dasar tepung dan ikan, kerupuk ini rasanya gurih banget. Bentuk yang kecil dengan ujung runcing menyerupai kuku macan bikin kerupuk ini makin unik.

14. Kerupuk ikan

Ada bermacam jenis ikan yang bisa diolah menjadi kerupuk. Namun yang paling umum diolah adalah ikan tengiri.

Nah, itu tadi macam macam jenis kerupuk dengan nama aslinya yang mungkin kamu sering salah menyebutnya. Kerupuk-kerupuk di atas memang biasanya dimakan sebagai pendamping makan nasi hangat apalagi kalau ada sambelnya. Kalau kerupuk favoritmu yang mana?