Beberapa Manfaat Minyak Lemon Beserta Efek Samping Penggunaannya

Hai sobat ku semua! Pada kali ini saya akan membagikan informasi mengenai manfaat minyak lemon. Kamu dah tau belum si apa itu minyak esensial atau minyak atsiri? Minyak esensial atau minyak atsiri adalah kelompok minyak nabati yang berbentuk cairan kental mudah menguap pada suhu ruangan

Minyak Lemon

manfaat minyak lemon

Lemon merupakan sejenis buah yang biasa digunakan dalam penyegar dan penyedap alami dalam masakan. Lemon sendiri memiliki beragam manfaat yang sangat luar biasa. Tak heran, jika lemon sering ditemukan dalam produk kecantikan dan minuman. Kandungan utama pada lemon yaitu vitamin C yang merupakan antioksidan kuat. Vitamin C sangat penting dalam pembentukkan collagen sehingga sangat baik untuk kulit.

Selain itu, vitamin C juga dapat mengurangi gejala asma dan memungkinkan mampu memerangi kanker. Minyak lemon sendiri dibuat dari hasil ekstraksi lemon. Pada umumnya, minyak atsiri dibuat menggunakan metode penyulingan yang menggunakan mesin yang dinamakan mesin destilasi minyak atsiri. Kamu dapat membelinya di sini. Minyak atsiri ini memiliki beragam kegunaan untuk Kesehatan maupun yang lainnya. Salah satu kegunaan minyak atsiri lemon yaitu dapat mengobati berbagai masalah kulit dan beberapa penyakit yang lainnya.

Manfaat Minyak Lemon Untuk Kesehatan

manfaat minyak lemon

Melegakan pernapasan

Efek menenangkan dari aroma khas minyak atsiri lemon membantu melegakan pernapasan saat kamu sedang mengalami gejala demam, pilek, hidung tersumbat, atau sakit tenggorokan.

Minyak lemon mmeiliki aroma asam dan manis yang tajam sehingga mampu menenangkan pikiran dan otot otot tenggorokan. Belum ada penelitian klinis terkat manfaat minyak lemon, namun vitamin C di percaya bekerja sebagai antioksidan untuk melancarkan pernapasan

Melancarkan pencernaan

Menurut sebuah studi pada tikus yang di terbitkan di Chemical and Biological Interactions pada tahun 2019 menyatakan bahwa minyak atsiri lemon mengandung zat pelindung gastro terhadap perut lambung yang dapat mengurangi gejala gastritis pada tikus.

Sedangkan menurut studi lainnya menyatakan bahwa minyak atsiri lemon bekerja lebih baik dalam mengatasi sembelit pada orang tua daripada minyak rosemary dan peppermint oil.

Membantu menurunkan berat badan

Minyak atsiri lemon mengandung d-limonene yang merupakan agen untuk melancarkan metabolism dan membersihkan kelenjar limfatik yang berpengaruh untuk menurunkan berat badan.

Menurut Sebuah penelitian dari Journal of Clinical Biochemistry and Nutrition meneliti bahwa tikus yang diberi lemon polifenol dengan ekstrak kulit lemon selama 12 minggu mengalami penurunan hiperlipidemia, hiperglikemia dan resistensi insulin yang kemudian berpengaruh pada penurunan berat badan. Namun, masih dibutuhkan studi pada manusia untuk membuktikannya.

Meredakan nyeri

Minyak lemon memiliki efek analgesic alami untuk membantu meredakan nyeri. Hal ini di kaitkan dengan efek anti stress dan anti depresan yang memberikan respon  untuk lebih tenang saat merasakan sakit atau nyeri.

Percobaan yang dilakukan pada tikus di tahun 2014 memnunjukkan bahwa manfaat minyak lemon adalah untuk mengubah respon otak dan tubuh dalam menerima rangsangan yang menyakitkan. Namun, masih di perlukan penelitian yang lebih lanjut pada manusia untuk membuktikan studi ini

Mengatasi gejala stress dan depresi

Lemon memiliki aroma khas yang merupakan zat penenang alami yang dapat membuat kamu menjadi merasa lebih rileks saat menghirupnya dan secara otomatis juga akan meredakan perasaan cemas, stress, dan Lelah.

Berdasarkan studi pada tahun 2006, minyak lemon terbukti dapat meningkatkan suasana hati pada 3 percobaan uji stress dan mengurangi kecemasan pada pasien setelah menjalani operasi ortopedi.

Menurut studi lain juga menyimpulkan bahwa minyak lemon memiliki indicator positif untuk mengurangi gejala depresi dan penghilang stress yang lebih efektif daripada aroma terapi, mawar, lavender, atau minyak atsiri lainnya. Kamu Cukup mengirup aroma minyak lemon sebagai agen anti stress dan anti depresan.

Meningkatkan konsentrasi

Menurut sebuah studi pada tahun 2014 menunjukkan bahwa siswa yang sedang belajar di kelas dengan aroma terapi minyak lemon mendapatkan nilai yang lebih baik dalam ujiannya. Sedangkan menurut studi kecil lainnya pada tahun 2008 menyimpulkan bahwa manfaat minyak lemon adalah dapat meningkatkan fungsi kognitif pasien Alzheimer.

Hal ini dikaitkan karena minyak lemon memiliki efek anti stress sehingga siapapun yang menghirup minyak lemon akan merasa lebih tenang, kalem, dan lebih focus dalam segala aktivitas yang sedang dikerjakannya.

Meredakan morning sickness pada ibu hamil

Morning sickness merupakan sebutan untuk gejala, muntah, mual pada ibu hamil di pagi hari. Gejala ini merupakan ciri hamil yang paling umum pada masa kehamilan. Salah satu cara mengatasi morning sickness dengan minyak atsiri lemon.

Menurut sebuah studi pada tahun 2014 meneliti tentang pengaruh minyak lemon pada 100 wanita hamil dan hasilnya adalah ibu hamil yang menggunakan aroma terapi minyak lemon di pagi hari mengalami penurunan gejala mual, muntah secara signifikan.

Membantu melindungi tubuh

Minyak lemon memiliki efek yang dapat melindungi tubuh dengan cara melawan dan memurnikan zat zat berbahaya di dalam tubuh. Minyak lemon juga memiliki efek detoksifikasi untuk membersihkan tubuh dari pathogen berbahaya yang mungkin menyerang organ tubuh.

Selain itu, manfaat atau kegunaan minyak atsiri lemon lainnya adalah untuk merangsang drainase limfatik yaitu agen untuk membersihkan tubuh dari limbah, bakteri, dan racun.

Menjaga Kesehatan oral

Anti bakteri dan anti jamur dalam minyak lemon berfungsi sebagai obat alami untuk mengatasi berbagai penyakit di mulut seperti bau mulut, sariawan, mencegah kerusakan gigi, serta memutihkan gigi secara alami. Sifat asam pada minyak lemon tidak menyebabkan korosi asam pada gigi seperti kandungan sitrus pada jus lemon jika di konsumsi dalam jangka Panjang.

Meningkatkan system kekebalan tubuh

Minyak lemon memiliki agen anti bakteri, antioksidan, dan anti inflamasi yang berperan dalam memperkuat system kekebalan tubuh, menjaga Kesehatan yang berkaitan dengan pernapasan, serta melawan bakteri dan kuman penyebab penyakit. Minyak lemon juga dapat melindungi dari pathogen berbahaya lebih baik dari pada minyak atsiri yang lain.

Pemutih gigi

Campur essential oil lemon dengan baking soda dan minyak kelapa. Kemudian gosokkan pada gigi selama 2 menit untuk membantu memutihkan gigi secara alami.

Membersihkan noda permen karet

Ternyata, minyak esensial lemon dapat digunakan untuk membersihkan noda permen karet lho!

Manfaat Minyak Lemon Untuk Kulit

manfaat minyak lemon

Selain bermanfaat untuk Kesehatan, minyak lemon juga sudah lama digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi berbagai masalah kulit seperti kulit kusam, jerawat, bekas luka, dll. Berikut beberapa manfaat minyak lemon untuk kulit:

Merawat kulit

Menurut sebuah penelitian pada tahun 2017 menunjukkan bahwa minyak lemon memiliki efek anti peradangan kulit dan efektif dalam membunuh bakteri penyebab infeksi kulit.

Kandungan atioksidan dalam minyak lemon dapat membantu mencerahkan warna kulit, melindungi kulit dari radikal bebas, serta menjaga warna kulit. Beberapa orang juga menggunakan minyak lemon sebagai pembersih wajah.

Menyembuhkan luka

Kandungan vitamin C, efek anti mikroba, dan antioksidan pada minyak lemon berperan untuk menyembuhkan jaringan luka lebih cepat, mencegah infeksi, dan membersihkan kulit. Sebagian orang menyimpan minyak lemon dalam kotak P3K untuk membersihkan luka

Mengatasi jerawat

Kandungan astringen dan antimikroba pada minyak lemon di percaya dapat mengatasi jerawat secara efektif. Sedangkan kandungan astringen dalam minyak lemon berperan untuk membersihkan sel sel kulit mati, membuka pori pori yang tersumbat dan mencegah hiperpigmentasi dari jerawat.

Pembersih wajah

Beberapa produk kecantikan memasukkan ekstrak lemon dalam produk pembersih wajah. Kamu juga bisa menambahkan 1 tetes minyak lemon dalam air bersih yang kamu pakai.

Walaupun minyak lemon memiliki berbagai manfaat untuk kulit, kamu juga perlu memperhatikan efek samping minyak lemon untuk kulit kering, merah, dan mengelupas apabila digunakan setiap hari.

Efek Samping Penggunaan Minyak Atsiri Lemon

manfaat minyak lemon

Selain bermanfaat untuk Kesehatan, penggunaan minyak atsiri lemon juga dapat menimbulkan efek samping salah satunya yaitu dapat menyebabkan reaksi pada kulit Ketika digunakan dalam keadaan murni.

Maka dari itu, gunakan minyak lemon dalam jumlah kecil dan larutkan terlebih dahulu menggunakan minyak carrier, serta pastikan kalau kamu tidak mengalami reaksi kemerahan, bengkak maupun gatal gatal.

Lakukan tes patch pada Sebagian area kecil kulit, misalnya pada lengan Sebelum menggunakannya pada bagian yang lebih besar seperti wajah. Jika kamu memiliki alergi terhadap jeruk, sebaiknya kamu hindari penggunaan minyak lemon yang dapat menyebabkan reaksi serius baik secara internal maupun eksternal.

Jika kamu menggunakan secara topical, gunakanlah secara hati hati pada anak anak maupun pada wanita hamil, menyusui, minum obat resep atau memiliki kondisi medis tertentu. Minyak atsiri lemon bersifat kuat dan mungkin akan berinteraksi dengan obat lain, sehingga konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum menggunakan.

Minyak lemon ini juga dapat meningkatkan efek sinar UV matahari pada kulit. Sehingga disarankan hindari dari paparan sinar matahari hingga 12 jam setelah mengoleskan minyak lemon ke kulit sehingga tidak mengalami luka bakar.

Cara Mencegah Efek Bahaya Penggunaan Minyak Esensial

  • Jauhkan minyak esensial dari jangkauan anak anak dan hewan peliharaan
  • Interval minyak esensial saat disemprotkan antara 30 – 60 menit tidak boleh lebih dari itu
  • Semprotkan pada ruangan yang memiliki ventilasi baik
  • Tidak menggunakan minyak dengan efek foto sensitivitas sebelum terpapat sinar matahari atau sinar UV
  • Cuci tangan sebelum menggunakan minyak esensial
  • Jauhkan essential oil dari api

Cara mengatasi efek samping penggunaan Minyak Esensial

  1. Jika essential oil masuk ke dalam ata, kamu dapat mengatasinya dengan merendam cotton bud dalam minyak lemak berkualitas seperti minyak wijen atau zaitun. Kemudian usap di atas kelopak mata dengan kondisi tertutup. Lalu basuh area mata dengan air bersih yang dingin
  2. Jika terjadi iritasi kulit, kamu dapat menggunakan minyak lemak atau krim untuk menyerap dan menghapus essential oil dari kulit
  3. Jika tidak sengaja tertelan, segeralah kamu minum susu, lalu segera hubungi dokter atau rumah sakit terdekat

Itulah beberapa manfaat minyak lemon dan efek samping penggunaannya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk sobatku semua dan dapat menambah wawasan atau pengetahuan.

Untuk artikel lainnya sobat bisa kunjungi Cara Membuat Minyak Esensial, Cara Membuat Minyak Atsiri dan Kegunaan Minyak Atsiri.

Sekian, mohon maaf apabila ada kesalahan dalam penulisan artikel ini. Jika ada kritik dan saran yang membangun, silahkan tulis di kolom komentar di bawah.

Terima kasih dan sampai jumpa sobat!