Menagelolah Sabut Kelapa Untuk Media Tanam Bunga Anggrek

Pada kesempataan kali ini saya akan menjelaskan Bagaimana cara Menanan dengan mengunakan  Media Tanam Sabut kelapa untuk tanaman!.dan juga beberapa darir manfaat untuk sabut kelapa itu sendiri.atau bisa disebut dengan media cococoir maupun cocofiber merupakan sebuah media tanam sangat alternatif yang bisa digunakan untuk budidaya tumbuhan  berbagai jenis tanaman lainya, khususnya dari tanaman hidroponik. Bahan utama dari media tanam ini terbuat dari berbagai sekam atau tempurung dari buah sabut kelapa yang diolah atau dihaluskan terlebih dahulu, sehingga menjadi butiran-butiran serbuk seperti dari kayu. Cocopeat sangat benar benar baik untuk dijadikan media tanam untuk di jadika alternatif bagi kalian karena seimbang dalam mempertahankan kelembaban pada udara , artinya tanaman tidak mudah layu dan juga mati dikarenakan air yang tersimpan cukup lama pada media tanan cocopeat.

Selainitu juga, media tanam dari cocopeat juga bisa menetralkan kadar pH dari tanaman dan menyimpan unsur sumber hara yang diberikan olah pemilik dari media tanaman. Oleh karena itu kalian harus benar benar bisa untuk memanfaatkan media tanam ini dengan sangat baik, media tanam ini sangat bagus sekali untukkalian  yang baru saja mengoleksi tanaman di rumah atautanama hias lainya. Umumnya medi tanam dari cocopeat bisa kalian didapatkan atau dibeli di hampir setiap toko toko tanaman disekitar rumah kalian, namun kalian sebenarnya juga bisa membuatnya sendiri karena caranya benar benar sangat mudah mudah, sekaligus bisa lebih hemat pembiayanya.

Adapun Petani Bercocok Tanaman Menggunakan Media Tanam  Sabut Kelapa Untuk Tanaman Seperti:

Sabut Kelapa Untuk  Tanam Bunga

Media Tanam Sabut Kelapa merupakan bagian untuk luar dari sebuah  sabut kelapa.Sabut yang merupakan serat-serat yang bersifat kasar dari tumbuhan  buah kelapa tua . sabut kelap yaitu kulit dari tumbuhan buah kelapa yang hanya kalian  tumpuk dibawah tegakan tanaman pohon kelapa lalu kalian dibiarkan untuk membusuk atau kering. Pemanfaatannya paling banyak hanyalah untuk digunakan sebagai  kayu bakar.

Secara sederhana sabut kelapa banyak manfaat bagi  masyarakat pada umumnya telah mengolah banyak sekali  sabut untuk dijadikan sebagai kerajinan ataupun untuk pupuk pertanian dipedesaan . Padahal sabut kelapa masih sanyak  memiliki nilai devinisi yang sangat baik . Buah dari sabut kelapa jika kalian  urai akan berubah dan menghasilkan banyak pupuk atau serat dari sabut  (cocofibre) dan serbuk dari sabut kelpap (cococoir). Namun produk inti dari sabut kelapa  yaitu seratdari  sabut kelapa. Dari produk cocomes jaring sabut kelapa akan menghasilan sebuah berbagai aneka beberapa jenis macam produk yang  banyak manfaatnya yang sangat luar biasa. Di beberapa belahan di seluruh dunia termasuk daerah daerah di Indonesia sabut kelapa dapat diolah  menjadi bermacam macam  pupuk tanaman dan lainya.

Adapun Manfaat Sabut Kelapa untuk Tanaman Bunga Anggrek Bagi Kehidupan

1. Sebagai Penghilang Stress

kebanyakan dari pendapat para tenaga medis kedokteran di indonesia, membudidayakan tanaman berjenis seperti bunga anggrek maupun bunga lain sebagai tanaman hias bunga anggrek yang dapat membantu untuk mengurangi penderita  stress pada pemikiran seseorang yang memliki gejala tersebut. bunga yang indah dan aroma yang terpancar dari bunga anggrek ini dapat meningkatkan reflek relaksasi pada tubuh manusia  serta memberikan ketenangan dan kedamaian bagi siapapun yang melihat bunga anggrek.

2. Dapat Digunakan Sebagai Tonik Panjang Umur

Warga negara  idaerah  jepang dan juga di negara cina, banyak yang memanfaatkan tanaman  bunga anggrek yang  jenis Dendrobium biasa di manfaatkan sebagai ramuan tonik dan juga untuk  teh herbal dan produk kecantikan yang mereka campurkan dengan berbagai jenis akar licorice. inilah beberapa tujuan dari mengkomsumsi ramuan herbal yang sangat bermanfaat bagi kebugaran tubuh manusia.

Sebagai penyalur energi penyembuhan ke dalam  seluruh bagian tubuh pada manusia, membantu melembabkan, mencerahkan ,dan juga dapat menyehatkan kulit dan mencegah kekeringan pada kulit yang memiliki penyakit bersisik, pelepas oksigen pada saat terjadi polusi karena asap yang menyebabkan paru-paru pada manusia maupun menyerang  saluran udara dalam tubuh kalian  terasa kering serta meningkatnya rasa haus pada tengorokan. Hal ini akan membantu mengatasi dehidrasi pada tubuh.

Dapat mengobati berbagai dan macam macam jenis penyakit seperti perut kembung,demam, dan anoreksia,sakit perut, kram, serta juga penyakit muntah-muntah, mengobati gangguan seksual seperti yang satu ini yaitu impotensi, meningkatkan daya tahan tubuh manusia sehingga dapat membantu tubuh dalam melawan terjadinya infeksi dan membantu mengatasi gangguan pada penglihatan mata, retina mata kalian yang terinfeksi

3. Mengatasi Gangguan Saraf dan Fungsi Otak

Anggrek dari berbagai  jenis seperti Cypripedium, merupakan salah satu spesies bunga anggrek di mana bagian di dalam  akarnya mengandung minyak atsiri, resin,dan juga tanin, gula, pati, serta komponen lainnya yang berguna dalam penyembuhan berbagai macam jenis jenis gangguan penyakit. Penyakit itu seperti iritabilitas pada bagian saraf, histeria, hingga penyakit kejang, gangguan fungsi pada otak seperti gangguan jiwa dan delirium.

4. Dapat Membantu Mengobati Sakit Gigi dan Telinga

Bunga anggrek yang berwarna  ungu merupakan salah satu spesies bunga anggrek yang memiliki akar dengan kandungan senyawa kimia yang mampu menyembuhkan penyakit sakit gigi serta penyakit pada telinga.

5. Menyembuhkan Demam dan Nyeri Sendi

Inilah berbagai manfaat dari  bunga anggrek bagi kehidupan manusia itu sendiri terutama jenis anggrek ungu, biasa di gunakan sebagai obat untuk mengatasi gangguan penyakit pada tubuh yaitu bisul. Pasta dari daun hootieriana vanda dapat juga  digunakan sebagai macam macam obat herbal untuk kalian  dapat menyembuhkan nyeri pada sendi..

Mencangkok Buah Menggunakan Sabut Kelapa Untuk Tanaman

Sabut kelapa untuk tanaman

Media Tanam Sabut kelapa untuk tanaman juga dapat kalian jadikan sebagai media pencangkokan pada setiap tumbuhan dan  tanaman.Cangkok merupakan salah satu bagian dari  cara tumbuhan berkembang biak secara vegetatif buatan dari  manusia. Mencangkok merupakan salah satu kegiatan memperbanyak jenis tumbuhan  tumbuhan dengan cara memotong bagian batang dahan tumbuhan pada induknya sendiri. Lalu bagian itu dibungkus dengan menggunakan sebuah cocopeat jaringan sabut kelapa dan diikat menggunakan plastik dan dilubangi dengan ukuran  kecil-kecil sebagai sirklus udara.

Manfaat mencangkok dengan Media Tanam sabut kelapa untuk tanaman

1.Tumbuhan yang dihasil dari pada metode cangkokan akan lebih cepat tumbuh di bandingkan tumbuhan yang di tanam dari mengunakan biji atau bibit.
2. Tumbuhan yang kalian cangkok akan memiliki kesamaan seperti induknya.
3. Tingkat keberhasilannya sebesar kuarang dari 78%, karena pada proses ini kalian mencangkok akar akan tumbuh ketika masih berada di pohon dari induk.

Sabut Kelapa Untuk Tanaman Hidroponik

Sabut kelapa untuk media tanam dari jenis tanaman yang memerlukan  hidroponik merupakan bentuk tanaman yang menggunakan sistem bertanam menggunakan sistem penyiraman megunakan air sebagai cara bertahan.bercocok tanaman hidroponik ini sangatlah populer di kalangan masyaraka di perkotaan sehingga banyak masyarakat di pedesaaan juga banyak mencontohnya yang meminatinya karena praktis dan juga sangat  cepat .bertanam tanaman hidroponik ini bisa jugakalianmenggunakan cocopeatsebagai pengganti tanah.

 

Kelebihan dan Kekuranggan Menggunakan  Media Tanam Sabut Kelapa Untuk Tanamaan
Kelebihan Cocopeat

Sebagai media tanam kalian bercocok dengan mengunakan tanam hias dan pupuk pertanian pertanian, cocopeat memiliki kelebihan yang sangat luarbiasa banyak  bermanfaat bagi  pekebun, yang pada dasarnya merupakan sifat dari bagian  alami dari salah satu  sebuah bahan pembuatnya, yaitu sabut kelapa media tanam. Kelebihan tersebut adalah:

1. Sangat Mudah Menyerap dan Menyimpan air

Sehingga cocopeat sangat cocock untuk dipilih menjadi media berocok tanaman. sabut kelapa memiliki daya serap terhadap air yang benar benar sanggat tinggi dan dapat menyimpan air memiliki  jumlah yang cukup banyak, yaitu 20  kali lipat dari pada jumlah air yang mampu disimpan olehtanaman lainya

2. Memiliki Pori-Pori

Adanya pori-pori pada media tanam sangat penting bagi tumbuhan  agar proses pertukaran udara berjalan dengan sangat  baik. dari pada itu, pori-pori juga sangat perlu jika  banyak memudahkan cahaya sinar sinar matahari untuk masuk memberobos menerpa dibagian dari akar tanaman dan kemudian masuk dan di serap dengan sangat mudah.

3. Mengandung Trichoderma molds

Trichoderma molds, yaitu memiliki jenis enzim yang berupa jamur,yang sanggat berfungsi untuk mengurangi bakteri di dalam tanaman hingga tumbuhan lainya yang menyerang akar tanaman sehingga tanaman bisa mati.Maka sebab itu , jika di gunakan dengan media tanam, cocopeat akan membantu menjaga tanah kalian agar tetap gembur dan sanagat subur.

4. Memiliki Tekstur yang Menyerupai Tanah

Bentuk dan tekstur dari media cocopeat menyerupai dengan sebuah tanah. Butiran serbuknya yang berukuran sangat halus membuat media tanaman dapat beradaptasi dengan sanggat cepat dan mudah berkembang seperti yang lain, karena tidak jauh berbeda dengan jika ditanam media tanah lainya.

5. Ramah Lingkungan

sabut elapa  berasal dari bahan yang bersifat  organik yang begitu ramah terhadap lingkungan. Jika sudah tidak memiliki sebuah fungsi lagi sebaiknya media dari  cocopeat dapat kalian dibuang dan akan terdegradasi dengan sanggat baik secara alami dalam tanah. Dengan melalui beberapa langkah pemprosesan dengan beberapa cara tertentu, cocopeat juga dapat untuk kalian di daur ulang menjadi media tanam yang baru .

6. Lebih Tahan Hama

Hama merupakan salah satu dari sebuah binatang yang sangat meruggikan  untuk media tanaman ini,sehingga menjadi salah satu musuh besar untuk media tanaman ini, terutama tanaman bunga hias. Hama tidak hanya tinggal di satu  batang ataupun daun pohon saja di bagian tanaman kalian  melainkan biasa tinggal didalam tanah tempat tanaman berkembang dan bertumbuh.

Mengganti media tanah dengan sabut kelapa atau bisa disebut dengan media tanam mengunakan  cocopeat mampu melindungai tanaman kalian  dari serangan hama dengan sanggat baik. media cocopeat bukanlah dengan  keadaan lingkkungan yang sangat baik bagi beberapa jenis dari serangga atau hama yang berasal dari sebuah media  tanah.

7. Mudah Digunakan

Karena memilik banyak karakter bentuk dan tekstur yang sangat mirip dengan media dari tanaman, media dari cocopeat sangat cocok oleh bagi para pemula seperti kalian yang baru akan mulai belajar menanam mengunakan media  tanaman secara hidroponik. Saat pertama kali menanam media tanam cocopeat, cocopeat sangat mudah digunakan bagikalia.

8. Memperbaiki Kualitas Bibit Tanaman

media taam cocopeat merupakan ide dari ssalah satu usaha untuk tanaman bunga hias,dan juga sayur, dan kultur jaringan yang sangat baik untuk dibudidayakan. Penggunaannya dari media tanam cocopeat sangat terbukti ampuh dalam menaikan jumlah produksi dan kualitas dari  bibit, yaitu bibit menjadi lebih kuat dan penakarannya lebih lebih lagi sangat  lebat.

9. Lebih Menguntungkan

Bagi para pengusaha tanaman hias dan juga untuk lahan pertanian, media  cocopeat sangatlah menghasilkan profit keuntungan yang sangat besar salah satu tujuannya sang sangat jelas. Penggunaan  media cocopeat sebagai media pengganti tanah untuk tanamkalian akan memberikan keuntungan yang berlipat lipat  ganda dari sebelumnya. Selain tanaman bisa tumbuh secara sanggat baik, maupun bagus dan sehat, proses pemeliharaan juga menjadi jauh sanggat efisien, karena media  cocopeat dapat menghemat pemakaian dari pengunaan air dan juga pupuk.

Barang-barang yang perlu disiapkan

  • 1 buah sabut kelapa
  • air bersih
  • pisau yang tajam
  • 1 buah blender
  • 1 saringan MOL
  • air cucian dari beras dan juga urine kelinci

1. Basahi dulu sabut kelapa Setelah mendapatkan satu buah sabut kelapa, hal pertama yang kalian perlu dilakukan adalah menyiram bagian sabut kelapa. Gunakan sabut kelapa dengan seperlunya saja. Basahi bagian dari sabut kelapa agar tidak terlalu keras saat dipotong-potong kecil kecil nanti. Setelah dibasahi maka sabut kelapa siap untuk dipotong kecil-kecil sesuai dengan ukurang yang kalian ingginkan.

2. Jemur potongan sabut kelapa tadi yang telah kalian dipotong kecil-kecil, jemur potonga sabut kelapa agar lebih mudah untuk dihaluskan selamakurang lebih 5  jam. Setelah dijemur dan sudah kering, maka sabut kelapa bisa dihaluskan terlebih dahulu.

3. Haluskan Untuk menghaluskan potongan potongan dari sabut kelapa, bisa dengan cara manual yakni dengan ditumbuk atau menggunakan blender sampai benar benar halus.

4. Saring bagian dari sabut kelapa Ayak atau saring sabut kelapa yang sudah kalian diblender agar lebih halus lagi digunakan menanam nanti. Setelah selesai masukkan ke dalam suatu wadah atau didalam toples bekas. Sisa ayakan atau sabut yang masih kasar bisa dihaluskan lagi dengan mengunakan  blender atau dibuat MOL dengan sabut kelapa itu sendiri.

5. Campurkan sabut kelapa yang sudah halus dengan MOL Sabut kelapa atau media cocopeat yang sudah kalian halus perlu kalian direndam dengan air bersih campuran MOL selama kurang lebih 2  hari. Mol yang digunakan adalah campuran kurang dari 1 liter air yang ditambahkan dengan 50 cc urine kelinci dan juga 100 cc air cucian dengan  beras.

6. Saring kembali sabut kelapa Setelah kurang lebih 24 jam, saring kembali  sabut kelapa atau cocopeat untuk mengurangi air yang sudah direndaman, tidak perlu terlalu ketat karena dari sabut kelapa ini digunakan sebagai media berjenis semai. Sabut kelapa atau media  cocopeat yang sudah ditiriskan bisa kaian gunakan untuk media tanam maupun  untuk penyemaian.

sekian penjelasan artikel tentang berbagai manfaat dari sabut kelapa untuk media  tanaman.dan juga cara cocopeat yang baik dan benar jika kalian inggin mengembakan bisnsi budidaya tanama hisa kalian dapat membacabeberapa artikel diatas jika kalian benar benar benrminat inggi menjalankan usaha tanaman hias ini, dan kami juga memiliki alternatif lain untuk membuka usaha UMKM bila kalian juga berminat bissa saja kalian untuk melihat di artikel sebelumya yaitu resep usus cerspy yang sanggat menguntukan bagi kalian.Bila ada kekuranggan dalam penulisan artikel ini dan bila kalian kurang  jelas mengenai artikel yang saya buat saya moon maaf, sekian dari saya wassalamuallaikum warohmatullahi wabarokatu