Perbedaan SEM dan SEO, mana yang harus dipilih?

Optimaise.id – Untuk mengukur metrik yang terkait dengan penentuan posisi SEO, kita dapat menggunakan alat untuk Webmaster yang ditawarkan oleh mesin pencari, dalam kasus Google, Search Console. Alat ini memberi kita informasi tertentu tentang posisi dan kata kunci yang menghasilkan klik, tetapi informasinya tidak lengkap, membuat pekerjaan SEO menjadi sulit.

Di SEM, berkat alat yang disediakan oleh platform periklanan seperti Google AdWords, kami dapat memiliki semua data dan statistik kata kunci dan metrik yang terkait dengan kampanye. Dengan mudah mengidentifikasi kata kunci yang membuat kami mendapatkan kunjungan, konversi, … Selain itu, di Google Analytics kami juga dapat memperoleh informasi ini secara lengkap.

Investasi awal di AdWords bisa sangat menarik untuk mengetahui kata-kata apa yang dicari, yang membawa kita lalu lintas ke situs web kita dan mana yang mengonversi yang terbaik.

Visibilitas

SEO: tidak ada jaminan untuk muncul di hasil pertama.

SEM: dari saat kampanye dimulai, adalah mungkin untuk muncul di hasil pertama.

Strategi apa yang harus dipilih, SEO atau SEM?

Jika Anda ingin visibilitas langsung, SEM adalah yang paling direkomendasikan. Anda akan dapat muncul di area TOP hasil pencarian, melebihi hasil SEO. Padahal, kampanye SEO organik bisa memakan waktu berminggu-minggu atau berbulan-bulan untuk mencapai halaman pertama Google.

Di Idento, sebagai Agen SEO dan SEM, kami menyarankan Anda menganalisis bisnis Anda (hubungi kami tanpa kewajiban) untuk melihat mana di antara mereka yang akan lebih efektif, meskipun dalam kebanyakan situasi kombinasi keduanya adalah yang akan memberi Anda informasi singkat, menengah dan hasil pendek. jangka panjang.

SEO atau SEM mana yang harus dipilih?

Dalam strategi campuran ini, untuk SEO Anda dapat memilih untuk mulai mencoba memposisikan kata kunci yang, misalnya, memiliki BPK (Biaya per Klik) lebih tinggi pada platform seperti Google AdWords, serta yang memiliki cakupan lokal. Jadi, Anda dapat menganalisis hasil secara berkala dan memeriksa apakah kata kunci tersebut telah diposisikan oleh SEO untuk menghentikan penawarannya di AdWords. Dengan cara ini, Anda akan memiliki visibilitas di mesin pencari dan selain itu Anda dapat secara bertahap mengurangi biaya langsung.