Sudah Tahu Proses Pembuatan Kertas? Inilah Proses Tahapannya!

Apakah kalian sudah tahu proses pembuatan kertas? Kertas merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan manusia setiap hari. Penggunaan kertas dapat kita temui di berbagai lingkup lingkungan yaitu mulai dari sekolah, rumah tangga, sampai di perkantoran.

Kertas biasanya digunakan untuk media komunikasi, membuat kesepakatan, presentasi, dan masih banyak lagi. Tapi tahukah Anda bagaimana proses pembuatan kertas itu? Atau bagaimana mengubah sebatang kayu menjadi selembar kertas yang kita gunakan setiap hari? Yuk simak berikut ini prosesnya!

Apa itu Kertas ?

Kertas adalah tumpukan serat tanaman yang dipadatkan. Pada prinsipnya, kertas dan pakaian adalah hal yang sama. Pakaian dibuat dengan memutar benang seperti wol dan kapas yang berasal dari serat alam.

Sedangkan kertas dibuat dengan cara mengompresi serat selulosa dari pohon dan tumbuhan sehingga menjadi satu kesatuan yang kuat namun dapat tetap fleksibel tanpa melibatkan proses pemintalan.

Bahan Baku Utama Pembuatan Kertas Adalah..

Kayu merupakan bahan baku utama pembuatan kertas. Pada umumnya, produsen kertas menggunakan kayu dari perkebunan mereka sendiri. Hal ini tidak dilakukan tanpa alasan.

Pembangunan perkebunan dimaksudkan agar bahan baku yang dibutuhkan selalu tersedia tanpa harus menggunakan bahan baku dari hutan. Di sisi lain, ini akan membantu melestarikan alam dan hutan untuk generasi mendatang.

Dalam proses pembuatan kertas, bahan baku yang digunakan umumnya berasal dari pohon seperti pohon cemara yang dapat tumbuh menjadi dewasa dalam waktu yang relatif singkat.

Tapi tahukah Anda? Sebenarnya tidak hanya pohon, beberapa jenis tanaman lain juga bisa dijadikan bahan baku kertas mulai dari bambu, jerami, hingga tebu.

Semakin canggihnya teknologi pengolahan pulp kayu memungkinkan penggunaan berbagai jenis pohon dan tumbuhan sebagai bahan baku pembuatan kertas.

Proses Pembuatan Kertas

Sudah Tahu Proses Pembuatan Kertas? Inilah Proses Tahapannya!

Cara pembuatan kertas dapat dilakukan dengan 2 cara yaitu dengan tangan dan menggunakan mesin. Proses pembuatan kertas dengan tangan merupakan cara manual yang saat ini umumnya dilakukan untuk membuat kertas eksklusif dalam jumlah terbatas.

Namun pada umumnya pembuatan kertas saat ini banyak dilakukan dengan menggunakan mesin dan melalui beberapa tahapan sebagai berikut :

1. Pembersihan dan Pemotongan

Tahap pertama dalam proses pembuatan kertas yaitu pembersihan dan pemotongan. Bahan kayu yang digunakan harus dibersihkan terlebih dahulu dari kulit kayunya.

Kulit kayu tidak dapat digunakan sebagai bahan baku pembuatan kertas, oleh karena itu perlu dibersihkan terlebih dahulu agar tidak menurunkan kualitas kertas itu sendiri. Setelah itu, kayu dipotong kecil-kecil untuk memudahkan proses selanjutnya.

2. Proses Kimia (Bubur kayu/Pulp)

Pada tahap ini, serpihan kayu akan diproses secara kimia untuk dijadikan bubur kayu. Serpihan kayu dimasukkan ke dalam digester dan direbus dalam natrium hidroksida dan natrium sulfida.

Pada tahap ini, beberapa bahan tambahan dapat ditambahkan ke dalam larutan untuk mengubah sifat produk kertas nantinya, misalnya pewarna untuk membuat kertas berwarna atau tanah liat untuk melapisi permukaan kertas agar lebih mengkilap.

3. Pengubahan Pulp Menjadi Gulugan Kertas

Metode pembuatan kertas selanjutnya, pulp akan masuk ke dalam mesin besar yang akan mengubah pulp menjadi gulungan kertas. Mesin yang umum digunakan pada tahap ini adalah mesin Fourdrinier yang dibuat pada tahun 1807.

Cara kerjanya yaitu dimulai dari memasukkan pulp ke dalam head box. Pulp kemudian disebarkan melalui jaringan kawat halus dalam lapisan tipis seperti kertas.

Kemudian, lapisan yang ada ditekan menggunakan roller untuk menghilangkan kandungan air di dalamnya. Untuk memaksimalkan proses pengeringan, lapisan kertas akan dikeringkan melalui mesin pemanas berbentuk silinder.

4. Penghalusan dan Pemadatan

Langkah pembuatan kertas selanjutnya adalah memasukkan kertas ke dalam mesin bubut besar. Salah satu komponen mesin ini disebut calender yang berfungsi untuk menghaluskan dan memadatkan permukaan kertas sehingga memiliki ketebalan dan tampilan yang sama.

Pada tahap inilah penerapan bahan atau larutan kimia khusus untuk mengubah tampilan akhir kertas (finishing) dilakukan.

5. Pemotongan Gulungan

Tahap ini merupakan tahap yang terakhir proses pembuatan kertas. Produk kertas yang dihasilkan masih berupa gulungan super besar dengan lebar hingga 8,5 meter. Gulungan kertas akan dipotong menjadi ukuran yang lebih kecil. Setelah itu, kertas akan dikemas dan dikirim ke konsumen