Resep Membuat Bakso Beranak Mercon Yang Mudah Dan Praktis

Pada kali ini saya akan membahas cara dan resep membuat bakso beranak mercon yang mudah untuk anda praktekan di rumah. Bakso beranak mercon sangat banyak sekali penggemarnya dari mulai kalangan muda hingga tua. Berikut ini cara membuat dan resep bakso beranak mercon yang mudah.

Resep Dan Cara Membuat Bakso Beranak Mercon

resep bakso beranak

Cara membuat bakso Beranak sudah terkenal di masyarakat Indonesia. Apalagi untuk daerah Malang dan sekitarnya. Pasalnya, banyak sekali warung bakso yang menyajikan bakso berukuran kecil jumbo untuk bakso yang hampir 5x porsi mangkok.

Harga yang ditawarkan bervariasi mulai dari Rp. 25.000 hingga ratusan ribu rupiah tergantung ukuran bakso yang dipesan. Penyajiannya unik dan berbeda dengan kreasi bakso lainnya.

Karena itulah makanan ini dinamakan Bakso Beranak. Karena di bakso besar terdapat bakso anak kecil yang terkadang dipadukan dengan telur puyuh, tetes dan babat yang membuat bakso anak semakin terasa istimewa.

Sejarah Bakso

Bakso berakar pada seni kuliner Tionghoa-Indonesia. Bakso berasal dari kata Bak-So, dalam bahasa Hokkien yang secara harfiah berarti daging giling dalam bahasa Cina, kebanyakan bakso terbuat dari daging babi. Namun sebagian besar orang Indonesia beragama Islam, itulah sebabnya bakso lebih sering dibuat dari daging halal seperti daging sapi, ikan atau ayam.

Saat ini sebagian besar penjual bakso adalah orang Jawa dari Wonogiri dan Malang. Tempat yang menjadi sentra bakso tersebut adalah di Solo dan Malang yang disebut dengan Bakso Malang. Bakso Malang sekaligus Solo merupakan sajian bakso yang disajikan dengan makanan khas Jawa.

Bakso asal China beda dengan dari Malang dan Solo. Dari China biasanya dibuat dari daging babi atau seafood, warnanya agak kecokelatan, dan tidak terlalu bulat. Sedangkan bakso Malang dan Solo terbuat dari daging sapi yang berwarna abu-abu dan sangat bulat.

Resep Bakso Udang atau Bakso Udang juga banyak dijumpai di beberapa daerah di Indonesia umumnya di daerah pesisir. Mendapatkan jenis udang yang segar dan segar cukup mudah.

Bakso Cina biasanya tidak disajikan dengan kuah yang banyak, tidak seperti bakso malang dan solo yang disajikan dengan kuah yang banyak. Bakso Solo merupakan warisan dari Bakso Wonogiri karena banyak anak cucu mereka tinggal di dalam dan sekitar Solo dan membuka warung bakso terutama di daerah perkotaan yang letaknya strategis di pinggir jalan raya.

Manfaat Bakso Untuk Kesehatan

Bakso merupakan makanan yang terbuat dari daging. Kebanyakan bakso dibuat dari daging giling dan dibentuk menjadi bakso. Daging mengandung berbagai macam nutrisi penting yang berfungsi sebagai pertumbuhan bagi tubuh dan otak.

Beberapa dokter juga menganjurkan makan daging tiga sampai empat kali seminggu. Karena daging tinggi nutrisi, protein, vitamin dan zat besi. Oleh karena itu, pengganti daging yang cocok untuk kebutuhan sehari-hari Anda adalah bakso.

Dampak Dari Bakso

Saat membuat resep bakso udang goreng, bakso tersebut dicampur dengan boraks atau bleng agar terigu menjadi keras seperti daging dan lebih tahan lama. Hal tersebut membuat bakso yang dulunya dianggap sebagai makanan yang tidak aman untuk dikonsumsi oleh BPOM.

BPOM memperingatkan bahwa mengonsumsi makanan tinggi kadar boraks selama 5 hingga 10 tahun dapat meningkatkan risiko kanker hati. Bakso yang dijual di berbagai pasar tradisional dan supermarket karenanya harus bebas boraks.

Resep Bakso Beranak Dan Cara Pembuatanya

Bahan

  1. Siapkan Bahan bakso.
  2. Siapkan 800 g daging sapi giling.
  3. Sediakan 2 buah telor utuh.
  4. Bunda butuh 8 sdm tapioca.
  5. Sediakan 6 siung bawang merah goreng.
  6. 4 siung bawang putih goreng.
  7. 20 cube es batu.
  8. Siapkan 1 sdt lada.
  9. Sediakan 1 sdm garam atau secukupnya.
  10. Siapkan 1 sdt gula.
  11. 1/2 sdt baking powder.
  12. Bahan isian.
  13. Kamu butuh Secukupnya daging giling.
  14. Siapkan Cabe merah haluskan.
  15. Sediakan Bawang putih haluskan.
  16. Anda butuh Bawang merah haluskan.
  17. Sediakan secukupnya Merica bubuk.
  18. Siapkan Garam.
  19. Sediakan Masako.
  20. Siapkan Gula.
  21. Sediakan Minyak untuk menumis.
  22. Siapkan Bahan kuah :.
  23. Bunda butuh Tulang sumsum sapi.
  24. Siapkan 3 butir kemiri sangrai.
  25. Sediakan 10 siung bawang putih.
  26. Sediakan 7 siung bawang merah.
  27. Siapkan 3 sdm bawang putih goreng.
  28. Bunda butuh 3 sdm garam.
  29. Anda butuh 1/2 sdt ketumbar.
  30. Sediakan 2 cm jahe.
  31. Siapkan 1 bks merica bubuk.
  32. Anda butuh 5 sdm minyak goreng.
  33. Kamu butuh Gula.
  34. Bunda butuh Air.

Cara Membuatnya

  1. Masukkan daging ke dalam pencacah, es batu, dan bawang bombay cincang hingga halus, lalu lanjutkan dengan telur, garam, merica, soda kue, dan gula cincang hingga tercampur rata. Kemudian lanjutkan dengan tepung tapioka perajang hingga semuanya tercampur rata. Adonan siap dibentuk.
  2. Ratakan adonan bakso, lalu isi dengan isi kembang api, lalu bulatkan dan masukkan ke dalam air mendidih. Lalu matikan apinya. Lakukan semuanya hingga adonan habis, lalu nyalakan kembali api hingga mendidih dan bakso matang dengan sempurna. karena isiannya bisa sesuai selera, bisa diisi telur dll.
  3. Untuk isian, haluskan semua bumbu, lalu goreng hingga harum, lalu tambahkan daging giling, lalu tambahkan air secukupnya dan masak hingga kering. Sesuai dengan selera
  4. Untuk kaldu, haluskan dan goreng semua bumbu halus hingga harum. Kemudian rebus air hingga mendidih, kecilkan api, masukkan tulang sapi dan tunggu hingga kaldu keluar. Masukkan bumbu yang sudah ditumis harum, periksa rasanya.
  5. Kemudian sajikan bakso dengan bahan pelengkap seperti bihun, pasta kuning, sawi, dan sejumput bawang goreng.

Itulah cara dan resep membuat bakso beranak mercon yang mudah untuk di praktekan di rumah. Jika ingin lebih mudah anda bisa menggunakan mesin pencetak bakso. Dengan menggunakan mesin bisa mempermudah dan mempercepat proses pembuatan bakso.