Resep Kulit Ayam Crispy Sederhana

Resep kulit ayam crispy sederhana yang enak dan juga gurih ini di jamin bikin kalian ketagihan atau kecanduan.

Kulit ayam adalah salah satu bagian dari ayam yang rasanya paling lezat. Meskipun tinggi kandungan kolestrol, tetapi cara memasak kulit ayam masih di cari banyak orang dan menjadi primadona.

Cara memasak kulit ayam yang populer adalah di goreng dengan tepung menjadi crispy. Rasa khasnya gurih dan renyahnya memang bikin nagih. Cocok di gunakan untuk lauk teman makan dan camilan.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari kulit ayam crispy, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan kulit ayam goreng crispy enak dimanapun kamu berada, karena asal tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi sajian spesial.

Nah, kali ini kita bakalan mencoba resep kulit ayam crispy di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita.  Kamu bisa membuat kulit ayam crispy menggunakan 4 jenis bahan dan 5 tahapan pembuatan. Berikut resep kulit ayam crispy sederhana.

Resep Kulit Ayam Crispy Sederhana

Resep kulit ayam crispy sederhana

Bahan-Bahan

  1. 2 ons kulit ayam mentah
  2. 3 pax tepung bumbu instan size paling kecil
  3. 1 butir telur
  4. Minyak goreng

Cara Membuat Kulit Ayam Crispy Sederhana

  1. Cuci bersih kulit ayam. Potong-potong sesuai selera.
  2. Baluri dengan tepung kering. Sisihkan.
  3. Celupkan ke telur. Hingga merata.
  4. Celupkan lagi ke tepung kering
  5. Goreng dengan minyak yg agak banyak (deep fried)

Mudah Bukan? yuk langsung praktekan di rumah. Sebelumnya kalian udah pada tahub belum kalau kulit ayam punya banyak efek samping? kalau belum tahu yuk langsung saja simak di bawah ini.

Baca Juga: Cara Membuat Kulit Crispy

Efek Samping Mengkonsumsi Kulit Ayam Crispy Sederhana

1. Meningkatkan Kolesterol

Makan terlalu banyak kulit ayam sepertinya bukan kabar baik bagi para pecinta kulit ayam.Kulit ayam goreng mengandung kadar kolesterol yang tinggi.

Kolesterol adalah zat lilin yang ditemukan dalam lemak atau lipid dalam darah.Tubuh membutuhkan kolesterol untuk terus membangun sel-sel yang sehat.Namun, peningkatan kadar kolesterol yang besar merupakan salah satu faktor risiko penyakit jantung, stroke, dan penyakit arteri perifer.

Kolesterol tinggi menyebabkan penumpukan plak di arteri yang dapat mengurangi aliran darah sekaligus mempengaruhi fungsi sel dan organ yang disuplai oleh pembuluh darah tersebut.Normalnya, kadar kolesterol seseorang di bawah 200 mg/dL.

2. Mengandung Bakteri Berbahaya

Selain mengandung kolesterol dan lemak, ternyata kulit ayam sering mengandung bakteri. Bakteri ini termasuk Campylobacter jejuni.Bakteri ini dapat menyebabkan penyakit Campylobacteriosis yang merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh bakteri dari genus Campylobacter.

Kebanyakan orang yang terkena penyakit ini akan mengalami diare, kram atau sakit perut, dan demam dalam waktu 2 sampai 5 hari setelah terpapar bakteri tersebut.Kulit ayam yang kebersihannya tidak dijaga dengan baik juga bisa mengandung bakteri Salmonella.

3. Obesitas

Kulit ayam mengandung banyak kalori terutama jika digoreng krispi menggunakan tepung.Jadi, jangan kaget apabila Moms tiba-tiba naik berat badan secara signifikan tanpa sadar.Jika dibiarkan, terlalu banyak makan kulit ayam akan menyebabkan obesitas.Hal ini meningkatkan risiko penyakit jantung, hipertensi, dan stroke.

4. Risiko Penyakit Jantung

Risiko yang mengintai apabila Moms terlalu banyak mengonsumsi kulit ayam, yaitu meningkatkan risiko penyakit jantung.Kondisi ini dapat terjadi khususnya jika konsumsi kulit ayam ini dibarengi dengan makanan berkolesterol lainnya, seperti junk food atau goreng-gorengan.

Hal ini karena kelebihan kolesterol dalam darah dapat mengendap di dinding pembuluh darah dan membentuk plak.Nah, plak tersebut akan menyebabkan aterosklerosis, yaitu penyempitan pembuluh darah. Jika pembuluh darah jantung menyempit, bisa terjadi penyakit jantung koroner.

5. Stroke

Selain penyakit di atas, kelebihan makan kulit ayam juga meningkatkan risiko penyakit serius seperti stroke.

Prosesnya sama ketika risiko penyakit jantung menyerang.

Namun, saat terjadi serangan stroke, penyempitan terjadi pada pembuluh darah otak.

Kemudian kondisi tersebut menyebabkan suplai darah ke otak menurun, sehingga asupan darah dalam otak pun terhambat dan terjadilah stroke.

Gimana nih? Faham bukan? Itulah resep kulit ayam crispy yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!