Resep Lemet Singkong Loyang Bikinan Sendiri

Hallo teman-teman, pada artikel kali ini saya akan membagikan dan memberi informasi tentang resep lemet singkong loyang yang jauh lebih mudah dan juga snagat simpel. Dengan resep ini kamu akan jauh lebih mudah untuk membuatnya dirumah.

Kalian pasti sudah tidak asing dengan cemilan lezat satu ini bukan, cemilan yang sering ditemukan diberbagai tempat dan juga sudah tersebar luas diseluruh indonesia. Sehingga banyak sekali yang menyukai makanan penutup yang enak satu ini.

Oleh karena itu jangan ragu-ragu untuk membuat dan mencoba masakan satu ini, saya jamin rasanya akan sangat enak dan jauh lebih mudah dibandingkan dengan resep-resep yang tersebar diinternet.

 

Sejarah Lemet Singkong

Lemet singkong adalah jajanan penutup atau cemilan penutup tradisional yang berasal dari daerah Jawa tengah, makanan ini sering disebut sebagai makanan legendaris karena berasal dari tahun 1810-an sehingga jarang diketahui oleh anak-anak.

Cemilan ini berbahan dasar dari singkong dan juga kelapa yang dicampur menjadi satu, sehingga rasa yang dihasilkan jauh lebih enak dibandingkan dengan makanan-makanan penutup yang lainnya. Jadi rasanya sudah terjamin enak dan nikmat.

Akan tetapi makanan ini sudah jarang ditemukan diera tahun 2022 ini karena sudah jarang orang yang tahu dengan makanan kebanggaan Indonesia ini, jadi alangkah baiknya jika kita melestarikan dan menjaga makanan tradisional kita yang sangat nikmat dan lezat.

Oleh karena itu, saya akan membagikan resep lemet singkong yang bisa kalian buat sendiri dirumah dan jauh lebih simpel dibandingkan dengan resep-resep yang lainnya, soal rasa sudah tidak perlu diragukan pasti sangat mantap dan bikin ketagihan.

 

Resep Lemet Singkong Loyang Manis Banget

Resep Lemet Singkong Loyang Manis Banget  n  l,

Bahan-Bahan :

  • Singkong (500 gram)
  • Garam (1 sendok teh)
  • Kelapa sedang, (350 gram) parut
  • Gula aren (250 gram), sisir halus
  • Gula pasir (4 sdm gram)
  • Daun pandan (3 lembar), potong-potong
  • daun pisang

Cara Membuat Lemet Singkong Loyang Manis Banget :

  1. Ambil singkong yang akan digunakan, kupas kulit singkong hingga bersih lalu cucui singkong sampai bersih.
  2. Jika sudah dicuci jangan lupa untuk diparut sehalus mungkin, parut dengan perlahan-lahan.
  3. Taruh singkong yang sudah diparut ke dalam wadah yang sudah bersih.
  4. Masukkan gula pasir, gula aren dan garam. Aduk-aduk hingga semuanya tercampur rata dengan singkong.
  5. Siapkan daun pisang yang akan dipakai, bersihkan daun pisang dengan lap yang sudah bersih.
  6. Ambil satu lembar daun pisang, letakan sepotong daun pandan, tambahkan 2-3 sendok makan adonan singkong yang akan dicetak.
  7. Cetak dengan bentuk lonjong, semat kedua ujung daun menggunakan tusukan gigi atau apapun yang dapat mengonci adonan.
  8. Lakukan hingga semuanya sudah terbungkus dan siap dikukus.
  9. Jika sudah dikukus jangan lupa siapkan panci yang akan digunakan untuk mengukus, isi air panci sesuai kebutuhannya.
  10. Masukan adonan kedalam kukusan, kukus hingga 20-25 menit lalu tutup panci.
  11. Jika sudah matang angkat lalu dinginkan adonan, jika sudah dingin lemet singkong siap disajikan.

Nah jadi gitu ya guys cara membuat lemet singkong yang dapat dicoba dan dipraktikan dirumah, bagaimana mudah bukan. Jika kalian penasaran dan suka dengan makanan satu ini kalian dapat mencoba dan membaca cara membuat lemet singkong tanpa kelapa.

 

Manfaat Lemet Singkong

Kandungan kalori yang ada didalam singkong dapat membantu menambahkan energi yang ada pada dalam tubuh manusia, jika kalian ingin memiliki energi yang cukup dan badan yang fit kalian dapat mengkonsumsi makanan satu ini dengan teratur.

Manfaat yang lainnya adalah singkong dapt menjaga kesehatan jantung, kandungan yang ada pada singkong dapat membantu kamu untuk menyehatkan dan menjaga jantung, jadi jika kamu tidak ingin terken penyakit jantung maka konsumsilah singkong sesuai kebutuhan.

Nah jadi seperti itu guys resep dan cara membuat lemet singkong yang bisa kalian ikuti dan kalian praktikan dirumah, saya jamin rasanya akan sangat nikmat dan sangat lezat jadi jangan ragu-ragu untuk membuatnya ya, terimakasih.